10 Fakta Mengejutkan Buah Semangka

10 Fakta Mengejutkan Buah Semangka

10 Fakta Mengejutkan Buah Semangka – Halo sob,  Siapa yang tidak tahu dengan buah semangka? Di Indonesia sendiri, semangka di perdagangkan sebagai buah tropis di pasar tradisional dan modern karena memiliki cita rasa komersial. Tidak hanya rasanya yang segar, buah ini ternyata memiliki segudang manfaat.

Anda seringkali perlu mencari semangka sebagai hidangan penutup. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat semangka biasa di santap saat cuaca panas saat musim kemarau.

Semangka merupakan buah yang selalu ada sepanjang tahun dengan rasa yang enak, nikmat dan sangat bermanfaat bagi semua orang. Tak heran jika buah ini di gandrungi banyak orang dari berbagai latar belakang.

Ada banyak cara untuk menikmati buah ini. Semangka dapat di gunakan sebagai makanan penutup, jus, untuk camilan anak-anak.

Semangka dengan nama latin Citrullus lanatus merupakan buah yang berasal dari Afrika Selatan. Semangka memiliki kulit berwarna hijau dengan daging buah berwarna merah atau kuning.

Buah yang satu ini tergolong tanaman herba merambat yang di perkirakan telah dipanen 5.000 tahun yang lalu. Kemudian tanaman asli Afrika ini mulai di sebarkan oleh para pedagang di China, Amerika, India dan Indonesia.

Semangka memiliki kandungan nutrisi, vitamin, mineral dan senyawa lainnya. Kandungan gizi semangka adalah protein, lemak, serat, karbohidrat, fosfor, kalsium, natrium, kalium, seng, beta-karoten, vitamin B1, vitamin B2, niasin dan vitamin C.

Selain itu, semangka bayak mengandung antioksidan penting, seperti likopen, karotenoid, dan cucurbitacin E. Penasaran dengan manfaat semangka? Kali ini gurune akan berbagi infomasi tentang 10 Fakta Mengejutkan Buah Semangka.

10 Fakta Mengejutkan Buah Semangka

Semangka termasuk buah pelepas dahaga yang baik untuk kesehatan tubuh, kulit dan rambut. Simak ulasan berikut ini sampai habis, ya sob.

Baca Juga :  Khasiat Yogurt Untuk Tubuh

1. Membantu Tetap Terhidrasi

Semangka merupakan buah yang sering di nikmati saat musim kemarau. Kebanyakan orang di daerah tropis memilih semangka untuk mencegah dehidrasi.

Makan buah semangka akan membantu Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum air putih sangatlah penting.

Namun, mengonsumsi semangka sebagai makanan dengan kandungan air yang tinggi juga bisa membantu. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa semangka mengandung 92% air.

Kandungan air yang tinggi sering menjadi alasan kebanyakan orang makan semangka. Kandungan air yang tinggi dalam semangka membantu merangsang pengeluaran cairan berlebih berupa keringat.

Makan semangka dalam cuaca panas membantu menurunkan suhu tubuh Anda.Semangka juga dapat membantu seseorang merasa kenyang. Kombinasi serat dan air dalam semangka segar membuatnya tampak seperti orang makan makanan dalam jumlah besar tanpa banyak kalori.

2. Mengandung Senyawa dan Nutrisi yang Bermanfaat

Seperti yang kita ketahui, semangka merupakan buah tropis dengan berbagai kandungan nutrisi dan senyawa yang berguna untuk tubuh. Semangka merupakan salah satu buah pelepas dahaga yang rendah kalori di bandingkan buah lainnya.

Apakah Anda ingin tahu berapa banyak kalori yang di miliki semangka? Setelah di telusuri, ternyata semangka hanya memiliki 46 kalori per cangkir. Angka ini di nilai lebih rendah di bandingkan buah rendah gula seperti berry.

Kandungan antioksidan karotenoid, beta karoten dan likopen dalam semangka cukup tinggi. Semangka juga memiliki asam amino atau citrulline yang penting bagi tubuh. Jika di pecah, kandungan karotenoid dalam semangka dapat di ubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Selanjutnya, likopen sebagai antioksidan kuat adalah jenis karotenoid dalam makanan nabati. Semangka memiliki komposisi cucurbitacin E dengan efek anti inflamasi dan antioksidan.

3. Melancarkan Pencernaan

Kandungan nutrisi semangka bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Semangka sebagai buah yang banyak mengandung air dapat membantu Anda dalam melancarkan sistem pencernaan.

Oleh karena itu di yakini bahwa kandungan serat semangka meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit atau buang air besar. Kekuranagn serat pada tubuh dapat menimbullan sembelit. Semangka sebagai buah dengan kandungan air yang tinggi bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kondisi sembelit.

Baca Juga :  5 Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan dan Kecantikan

4. Baik untuk Ibu Hamil

Selain itu, semangka memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Secara umum, kondisi sakit maag sering terjadi selama kehamilan. Semangka di percaya dapat meredakan sakit maag yang biasa terjadi pada ibu hamil.

Tidak hanya itu, semangka sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena dapat membantu meredakan morning sickness atau mual pada pagi hari. Kandungan mineral semangka juga bisa membantu mencegah kram otot bagi ibu hamil trimester ketiga.

5. Membantu Mencegah Kanker

Salah satu penyebab kanker adalah radikal bebas. Semangka ternyata memiliki manfaat dalam membantu mencegah kanker. Kandungan likopen dan senyawa individu tumbuhan dalam semangka bermanfaat untuk efek antikankernya.

Kandungan likopen dari buah tropis ini sangat membantu dalam mengurangi risiko kanker dengan menurunkan faktor pertumbuhan seperti insulin yang terlibat dalam pembelahan sel. Selain itu, senyawa cucurbitacin E dalam semangka di duga mampu menghambat pertumbuhan tumor.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Semangka sebagai pelepas dahaga ternyata bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung. Penyakit jantung sering di katakan sebagai penyebab kematian nomor satu di dunia.

Pola dalam mengkonsumsi makanan merupakan salah satu faktor gaya hidup yang dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Semangka tampaknya memiliki beberapa nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung seseorang.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa ekstrak semangka berperan penting dalam menurunkan tekanan darah pada pasien obesitas dengan hipertensi. Mengapa? Karena pada semangka terdapat kandungan magnesium dan potasium yang dapat merangsang aliran darah dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

Senyawa likopen dalam semangka di percaya dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Senyawa likopen yang di temukan dalam semangka dapat mencegah kerusakan oksidatif.

Kandungan asam amino dalam semangka dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Apa itu oksida nitrat? Oksida nitrat juga membantu melebarkan pembuluh darah seseorang dan dengan demikian menurunkan tekanan darah. Semangka juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan jantung seseorang.

Baca Juga :  Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan

7. Mengurangi Peradangan dan Stres Oksidatif

Buah Afrika Selatan ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Faktor pendorong utama penyakit kronis adalah peradangan.

Semangka banayk mengandung antioksidan, anti-inflamasi, dan vitamin yang dapat membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Seseorang yang makan semangka akan mengalami penurunan peradangan dan peningkatan antioksidan.

8. Meredakan Nyeri Otot

Semangka di percaya dapat membantu meredakan nyeri otot. Semangka mengandung asam amino atau citrulline yang dapat mengurangi nyeri otot. Fakta menariknya, jus semangka di percaya dapat meningkatkan penyerapan citrulline atau asam amino.

Selain itu, kandungan citrulline dalam semangka juga dapat meningkatkan stamina dan performa olahraga. Senyawa citrulline atau asam amino dalam semangka dapat mengendurkan otot dan meredakan ketegangan.

9. Mencegah Asma

Semangka mengandung likopen yang dapat mencegah asma. Lycopene dapat menjadi antioksidan penting dalam membantu tubuh merespon pilek dan flu. Menariknya, antioksidan likopen dalam semangka di duga dapat mengurangi serangan asma pada anak.

Dengan mengkonsumsi semangka secara teratur, penderita asma dapat bernafas dengan baik tanpa panik. Oleh karena itu asupan vitamin A dan likopen dalam semangka di anggap bermanfaat bagi penderita asma.

10. Menjaga Tekanan Darah

Semangka, yang sering di makan saat cuaca panas, sangat membantu dalam menjaga tekanan darah. Kandungan citrulline atau asam amino esensial dalam semangka dapat membantu menjaga kesehatan tekanan darah.

Sumber potasium yang baik dalam semangka di percaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga kandungan potasium pada semangka bisa menjadi elektrolit yang mengatur tekanan darah saat berolahraga.

Ternyata buah semangka memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga ulasan tentang 10 Fakta Mengejutkan Buah Semangka dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.