10 Kota Kabupaten Pada peta Jawa Tengah

Siti mengamati gambar peta daerah tempat tinggal saudaranya di Jawa  Tengah. Dengan peta, Siti mengetahui banyak hal tentang daerah di Jawa Tengah. Letak  kota  atau  tempat  pada  peta  dinyatakan  dengan  garis  bujur  dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°). Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°).  Garis  bujur  terbagi  dua, yaitu  bujur  barat (BB) dan bujur  timur  (BT). Garis lintang  juga  terbagi  dua, yaitu  lintang  utara (LU) dan lintang  selatan  (LS).  

Perhatikan peta Provinsi Jawa Tengah berikut.

Peta Jawa Tengah HD
Peta Jawa Tengah

Ayo Berlatih

1. Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota  Semarang sekitar 110°  BT dan  7°LS. Tunjukkan letak  Semarang pada  gambar peta di atas. Kemudian, lingkarilah dengan pensil berwarna! 

( bisa dilakukan sendiri dengan melihat peta jawa tengah beresolusi tinggi yang ada di gurune.net )

2. Lihatlah peta di kelasmu atau buku atlasmu. Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas. Kemudian, tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur! Tuliskan dalam tabel berikut!

10 kota kabupaten pada peta di atas. Kemudian, tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur!

Pada latihan tersebut, kita telah ditunjukkan nama sepuluh kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Setiap provinsi mempunyai kabupaten. Setiap kabupaten memiliki kekhasannya masing-masing. Namun demikian, tentu saja antara kabupaten yang satu dengan lainnya tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Tidak hanya di dalam lingkup kabupaten, dengan orang terdekat pun kita harus menjunjung persatuan dan kesatuan.

Dari segi geografis, Negara Indonesia membentang antara 60LU-110LS dan 950BT dan 1410BT, yaitu dari  Sabang sampai Marauke. Oleh karena itu, perlu adanya rasa persatuan dan kesatuan. Apakah kamu mengetahui makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia? Bacalah tulisan berikut.

Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut: 

1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain. 

2. Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai. 

3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme. Dapat disimpulkan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu harus saling bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. 

Itulah sob pembahasan 10 Kota Kabupaten Pada peta Jawa Tengah

Materi Terkait


Tinggalkan komentar