10 Manfaat tak Terduga dari Susu Kedelai

10 Manfaat tak Terduga dari Susu Kedelai

10 Manfaat tak Terduga dari Susu Kedelai – Halo sob, saat mendengar tentang susu kedelai, apa yang terlintas di benak Anda? Tentu saja manfaat mengkonsumsi susu kedelai.

Ya, susu kedelai memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Susu kedelai mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki alergi dan tidak menyukai susu sapi. Selanjutnya, Anda juga bisa mengonsumsi susu kedelai setiap hari.

Beberapa orang mungkin belum mengetahui manfaat dari penggunaan susu kedelai, misalnya untuk ibu hamil dan menyusui. Tidak hanya itu, bagi Anda yang memiliki gaya hidup dengan pola makan yang hanya bersumber dari hewani atau yang biasa disebut vegetarian, bisa di jadikan sebagai sumber makanan alternatif.

Susu kedelai merupakan salah satu jenis minuman yang kaya nutrisi dan dapat di konsumsi setiap hari. Tidak hanya itu, susu kedelai merupakan sumber karbohidrat, gula, serat, protein dan lemak yang baik untuk tubuh serta kaya akan vitamin dan mineral. Kali ini kita akan mengulas tentang 10 Manfaat tak Terduga dari Susu Kedelai.

10 Manfaat tak Terduga dari Susu Kedelai

1. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat pertama dari mengkonsumsi susu kedelai adalah dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat dalam susu kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Selanjutnya, protein yang di peroleh dari adanya asam amino pada susu kedelai memiliki keunggulan dalam mencegah berbagai penyakit. Karena itu, asam amino yang ada dalam susu kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Poin penting yang bisa di jadikan solusi terbaik adalah mengontrol asupan makanan rendah kolesterol agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga :  Contoh Jawaban UTL Tentang Empat Standar Kompetensi

2. Membantu Proses Pertumbuhan

Susu kedelai memiliki kandungan yaitu protein. Protein ini berperan penting dalam suplai nutrisi dalam tubuh. Isi protein pada susu kedelai dapat mendukung proses tumbuh kembang anak yang sedang mengalami pertumbuhan. Selain itu, susu kedelai juga merupakan sumber protein nabati yang mudah di cerna oleh tubuh.

3. Mencegah Resiko Kanker

Kandungan antioksidan pada susu kedelai dapat menurunkan risiko kanker payudara sekitar 25% dengan mengkonsumsi 10 mg kedelai setiap hari. Antioksidan juga bekerja untuk mengurangi risiko kanker payudara, terutama yang mengalami menopause dan perimenopause.

4. Menurunkan Berat Badan

Anda sudah tahu bahwa susu kedelai memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Oleh karena itu, salah satu manfaatnya adalah mampu menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya obesitas pada tubuh. Selain itu, susu kedelai yang tinggi serat dan protein juga dapat menjaga kestabilan tekanan darah secara alami serta di ikuti dengan mengatur dan menjaga pola makan yang sehat.

5. Melancarkan Saluran Pencernaan

Manfaat mengkonsumsi susu kedelai selanjutnya adalah dapat melancarkan saluran pencernaan di dalam tubuh. Hal ini di karenakan kandungan dalam susu kedelai banyak mengandung antioksidan yaitu karbohidrat, lemak, protein dan isoflavon yang dapat meningkatkan penyerapan makanan di usus sehingga proses pencernaan di dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu kandungan serat yang tinggi pada susu kedelai juga dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, wasir dan lain sebagainya. Jika rutin mengonsumsi susu kedelai setiap hari, sistem pencernaan tubuh Anda bisa berfungsi dengan lancar.

6. Mencegah Gejala Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang di tandai dengan penurunan kepadatan tulang, yang biasanya terjadi saat menopause. Oleh karena itu, di yakini bahwa konsumsi susu kedelai dapat mencegah pengeroposan tulang atau mengurangi gejala osteoporosis. Hal ini di sebabkan karena susu kedelai di perkaya dengan kandungan kalsium yang di temukan dalamnya.

Baca Juga :  Bumi dan Lapisan-Lapisanya

7. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat lain dari susu kedelai yang jarang di ketahui banyak orang adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan hati. Kandungan isoflavon dalam susu kedelai dapat memberikan efek antioksidan dalam tubuh yang dapat mencegah kerusakan hati. Isoflavon juga dapat membantu proses kinerja hati untuk membuang zat-zat beracun yang masuk ke dalam tubuh.

Bahan-bahan lain, seperti vitamin B dan vitamin B6, juga membantu dalam proses perbaikan suasana hati. Susu kedelai yang juga mengandung magnesium dapat membantu tubuh melepaskan hormon serotonin untuk mengatasi suasana hati yang tertekan.

8. Memelihara Sel Darah Merah

Susu kedelai yang mengandung vitamin B12 dapat membantu dan menjalankan fungsi sel darah merah dalam tubuh sehingga mengurangi risiko anemia. Selain itu, kandungan zat besi yang di kandungnya juga dapat membantu sel darah merah mengedarkan oksigen lebih banyak ke dalam tubuh.

9. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Anda tentu akrab dengan berbagai macam produk dari bahan dasar kedelai selain susu kedelai. Ya, olahan kedelai di percaya dapat membantu meningkatkan proses kesuburan pada wanita. Oleh karena itu, bagi Anda yang membaca artikel ini, di sarankan untuk mengonsumsi olahan kedelai atau susu kedelai sebelum menjalani program kehamilan agar bisa cepat hamil.

10. Rambut dan Kulit Menjadi Sehat

Manfaat lain yang perlu Anda ketahui adalah dapat menyehatkan rambut dan kulit. Makan makanan yang tinggi protein secara bersamaan dapat berdampak besar pada kesehatan rambut Anda. Hal ini karena kedelai dapat merangsang proses pertumbuhan rambut.Selain itu, asupan makanan atau minuman olahan kedelai juga dapat mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit kulit dan dapat menghambat proses penuaan dini.

Nah, itulah pembahasan beberapa manfaat susu kedelai yang mungkin bisa menjadi solusi mengatasi berbagai jenis gangguan kesehatan Anda di rumah. Semoga ulasan tentang 10 Manfaat tak Terduga dari Susu Kedelai dapat membantu menambah wawasan dan pengetahuan anda.

Baca Juga :  Rarity atau Tingkat Kelangkaan Kartu Yu-Gi Oh! Forbidden Memories

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.