Sejarah Termos : Bacaan dan Contoh Kunci Jawaban

gurune.net – Sejarah Termos (  Bacaan dan Contoh Kunci Jawaban ). Pada Buku Siswa Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 revisi, di tema 6 sub tema 3 pembelajaran ke 2 halaman 146 terdapat sebuah bacaan berjudul ” Sejarah Termos “. Bacaan yang sangat menarik untuk anak, dalam bacaan tersebut diceritakan bahwa penemu termos adalah ” Sir James Dewar “, selain itu masih banyak lagi hal menarik tentang penemuan termos, pada pembahasan kali ini, gurune akan menyampaikan bacaan tersebut dalam sebuah postingan ini sekaligus memberikan kunci jawaban dari pertanyaan – pertanyaan dan tugas yang ada pada bacaan sejarah termos.

sejarah termos - sir james dewar penemu termos
sejarah termos – sir james dewar penemu termos

Ayo Membaca

Sejarah Termos

Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya. Termos memang sering digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan. Biasanya keluarga yang memiliki bayi yang memerlukan susu setiap saat, menggunakan termos untuk menyimpan air panas. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis. Benda ini dirancang berbentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat.  Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, dapat ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari bahan mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa saat tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya digunakan untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air dingin agar tetap dingin.

Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat. Tetapi saat itu, untuk menjaga suhu minuman agar tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang dingin seperti di Eropa.

Baca Juga :  Contoh Hak Kewajiban Serta Tanggung Jawab Anggota Keluarga
struktur dalam termos
bagian dalam termos

Karena kebutuhan inilah,  James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah agar panas tidak menjalar. Sementara dinding sebelah dalam botol tersebut, dilapisi perak untuk mempertahankan panas. Botol hampa udara itulah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar dan penutup wol buatan mertuanya sampai sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskanlah hal-hal penting pada setiap paragraf dengan menggunakan kalimat lengkap.

Paragraf 1 : 

Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung mempunyai dinding berlapis dan dapat menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula.

Paragraf 2 :

Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar.

Pararaf 3 :

Botol hampa udara ciptaan James Dewar menjadi cikal bakal lahirnya termos.

Rangkailah kalimat-kalimat yang berisi informasi penting dari paragraf di atas menjadi sebuah tulisan satu paragraf yang menggambarkan isi dari bacaan di atas.  Gunakan kalimat yang lengkap, kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Jawaban : 

Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis. Benda ini dirancang berbentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula. Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat. Karena kebutuhan inilah,  James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara. Botol hampa udara itulah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos.

Baca Juga : Bahan Konduktor dan Isolator

Baca Juga :  Informasi mengenai penyakit lain yang berhubungan dengan organ pernapasan

Jawaban dari pertanyaan pada bacaan ” Sejarah Termos “

1. Apakah fungsi sebuah termos?

Termos berfungsi untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan.

2. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu?

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat termos yaitu :

  • Tabung kaca yang hampa udara.
  • Sterofoam, berguna untuk melindungi tabung kaca agar tidak kontak langsung denganudara sekitar, hal ini karena masih ada transfer kalor (panas) dari air panas ke tabung kaca.
  • Tutup termos sebagai isolator.
  • Casing termos digunakan untuk  pengaman.

3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas.

4. Apa saja benda di sekitarmu yang menggunakan prinsip yang hampir sama dengan termos?

kulkas, penanak nasi, Panci presto dan oven microwave.

Itulah pembahasan dari materi sejarah termos dan contoh jawaban yang ada pada tugas dimateri tersebut. semoga bermanfaat.

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Sejarah Termos : Bacaan dan Contoh Kunci Jawaban yang dipublish pada 2020-01-23 di website Gurune.net

Artikel Terkait

1 Comment

  1. Melisa
    2023-02-14

    Terima kasih sangat membantu…😘😘

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.