5 Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan dan Kecantikan

5 Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan dan Kecantikan

5 Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan dan Kecantikan – Halo sob, Vitamin merupakan senyawa organik yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit. Namun, vitamin tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Tubuh menerima vitamin melalui makanan atau suplemen yang dikonsumsi. Kebutuhan vitamin dapat tercukupi agar tubuh dapat berfungsi lebih maksimal.

Ada beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh, salah satunya adalah vitamin E. Vitamin E juga dikenal sebagai alfa-tokoferol. Senyawa tokoferol dalam vitamin E memiliki sifat larut dalam lemak.

Vitamin E merupakan salah satu suplemen yang paling populer karena mengandung fungsi antioksidan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Tak hanya itu, manfaat vitamin E dalam bidang kecantikan pun tak perlu diragukan lagi.

Sumber asupan makanan yang mengandung vitamin E terdapat pada kacang-kacangan, seperti almond dan kacang tanah. Selain itu, vitamin E juga ditemukan pada jagung, kedelai, minyak dan biji bunga matahari, serta bibit gandum.

Sedangkan sayuran seperti sawi, lobak, bayam dan brokoli juga mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Tidak hanya pada sayuran, vitamin E juga terdapat pada buah-buahan seperti alpukat, kiwi, tomat, pepaya, mangga dan wortel.

Kali kita akan membahas 5 Manfaat Vitamin E Kesehatan dan Kecantikan kulit. Di bawah ini adalah beberapa manfaat vitamin E untuk kesehatan dan kecantikan, di antaranya sebagai berikut.

5 Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Vitamin C dianggap sebagai jenis vitamin yang memiliki efek yang sangat kuat pada sistem kekebalan atau sistem imunitas. Namun, vitamin E juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang bermacam-macam jenis penyakit.

Baca Juga :  Apakah Kecerdasan Emosional Dapat Diajarkan di Sekolah?

Kandungan antioksidan dalam vitamin E tidak kalah tinggi dengan vitamin C. Diketahui bahwa antioksidan melindungi tubuh dari radikal bebas yang berpotensi merusak sel dan jaringan dalam tubuh.

Tak hanya itu, beberapa penelitian menjelaskan bahwa vitamin E juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih, terutama limfosit. Pasti bisa mempengaruhi kekuatan sistem imun agar lebih kuat dalam melawan berbagai virus dan bakteri.

Pada vitamin C Anda akan menemukan berbagai nutrisi yang kita butuhkan untuk meningkatkan kekuatan imunostimulan, dikombinasikan dengan makanan dan pengaturan pola makan yang tepat. Selain itu, dilengkapi dengan olah raga dan latihan yang dapat Anda lakukan di rumah sehingga Anda dapat mengelola tingkat stres dengan lebih baik. Jika tingkat stres dapat dikelola dengan baik, maka sistem imun atau kekebalan tubuh akan menurun, sehingga lebih rentan terhadap patogen (virus, bakteri, parasit dan jamur) yang menyerang tubuh.

2. Mencegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, kekencangan kulit juga akan mulai mengendur dengan sendirinya. Tak hanya itu, beberapa akan menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus atau kerutan. Berbagai jenis produk anti aging dijual di pasaran dengan janji kulit lebih segar dan tampak lebih muda.

Berbagai jenis produk anti aging menggunakan vitamin E yang memiliki efek mencegah proses penuaan dini. Hal ini juga terkait dengan manfaat lain dari Vitamin E sebagai pelembab alami pada kulit wajah.

Perlu Anda ketahui bahwa vitamin E tidak bisa menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Vitamin E menjaga kelembapan kulit wajah hanya untuk menghindari garis-garis halus atau kerutan.

3. Menjaga Keseimbangan Hormon

Manfaat vitamin E berikutnya adalah dapat menjaga keseimbangan sistem endokrin dan saraf karena dapat menyeimbangkan sistem hormonal dalam tubuh. Beberapa gejala ketidakseimbangan hormon, seperti penambahan berat badan, sakit perut karena menstruasi, infeksi saluran kemih, alergi dan kecemasan berlebihan. Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin E untuk mencegah berbagai penyakit tersebut.

Baca Juga :  Ketrampilan Berbahasa Indonesia di SD

4. Mendukung Kesehatan Mata

Beberapa jenis penyakit mata dapat terjadi, salah satunya dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh. Oleh karena itu, manfaat vitamin E tidak boleh dianggap remeh untuk menunjang kesehatan mata.

Dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin E, kandungan antioksidannya juga dapat menjaga kesehatan sel mata selamanya. Vitamin E telah terbukti menjaga kesehatan mata, seperti retina, kornea dan uvea.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin E dapat mencegah katarak terkait usia. Selanjutnya, vitamin E juga dapat digunakan dalam pengobatan gangguan mata pada anak.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen atau makanan vitamin E, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini dikarenakan pemberian vitamin E dalam dosis yang cukup tinggi dapat menyebabkan kerusakan mata pada penderita retinitis pigmentosa.

5. Menyehatkan Rambut dan Kulit Kepala

Rambut yang sehat dan indah akan tumbuh dari kulit kepala yang sehat. Salah satu cara untuk menyehatkan kulit kepala adalah dengan menyediakan kebutuhan vitamin E. Vitamin E merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kulit, termasuk kulit kepala.

Sel kulit kepala tidak lepas dari risiko kerusakan akibat radikal bebas. Kehadiran senyawa antioksidan dalam vitamin E dapat melindungi sel-sel kulit kepala untuk mencegah kerusakan ini.Vitamin E dapat membantu memperkuat lapisan lemak yang terdapat pada sel-sel kulit kepala. Rambut kemudian akan memiliki tempat tumbuh yang kokoh sehingga rambut menjadi lebih kuat dan terhindar dari risiko kerontokan.

Vitamin E dibutuhkan untuk menjaga daya tahan berbagai sel dalam tubuh. Beberapa manfaat bisa Anda dapatkan dengan melengkapi berbagai jenis menu pada makanan yang mengandung vitamin E.

Demikianlah ulasan dalam artikel kali ini tentang 5 Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan dan Kecantikan . Anda bisa mencoba mengonsumsi suplemen atau mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E sebagai pilihan menu harian untuk mengatasi berbagai penyakit pada artikel di atas. Makanlah secara teratur untuk hasil yang baik dan maksimal. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan serta informasi.

Baca Juga :  Fungsi, Sejarah dan Macam-Macam Processor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.