8 Rahasia Tersembunyi dari Jagung bagi Kesehatan

8 Rahasia Tersembunyi dari Jagung bagi Kesehatan

8 Rahasia Tersembunyi dari Jagung bagi Kesehatan – Halo sobat gurune, Salah satu tanama yang dapat tumbuh subur di Indonesia adalah tanaman jagung. Jagung juga menjadi salah satu makanan pokok bagi sebagian orang. Ada juga berbagai olahan jagung yang tersedia dalam banyak varian rasa. Anda bisa menemukan beragam makanan mulai dari jagung, mulai dari snack hingga makanan berat seperti nasi jagung.

Di beberapa daerah, jagung juga di kenal sebagai makanan tradisional yang cukup langka saat ini. Selain itu, keunikan rasa jagung dan banyaknya manfaat jagung menjadikannya mendapat tempat yang spesial bagi pecinta masakan.

Jagung juga kaya akan nutrisi yang di butuhkan tubuh. Sehingga jika di cerna, banyak manfaat yang bisa di dapat, terutama untuk kesehatan tubuh. Jagung kuning rebus memiliki banyak sekali kandungan. Antara lain 96 kalori, 3,4 gram protein, 4,5 gram gula, 2,4 gram serat, 21 gram karbohidrat, 1,5 gram lemak, dan 73% air.

Selain itu, jagung juga mengandung vitamin dan mineral yang jumlahnya tergantung dari jenis jagungnya. Berbagai jenis olahan jagung juga mengandung banyak nutrisi yang di butuhkan tubuh.

Nutrisi dan Kandungan dalam Jagung

Seperti pada popcorn yaitu mangan, magnesium, fosfor, tembaga dan seng. Oleh karena itu jagung manis mengandung vitamin seperti asam pantotenat (vitamin B5), niasin (vitamin B3), asam folat, piridoksin (vitamin B6) dan kalium.

Baca Juga :  Website Untuk para guru yang akan menerbitkan buku

Anda juga harus tahu bahwa jagung mengandung senyawa bioaktif yang bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan. Di bandingkan dengan biji-bijian lainnya, jagung memiliki antioksidan yang jauh lebih tinggi.

Di antaranya adalah asam ferulat, salah satu antioksidan polifenol utama yang di temukan dalam jagung. Di bandingkan dengan oat, beras atau gandum, jumlahnya jauh lebih besar pada jagung. Lalu ada zeaxanthin, yaitu tanaman karotenoid yang baik untuk kesehatan mata. Terakhir, ada lutein yang bermanfaat melindungi mata dari kerusakan oksidatif sinar biru.

Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Nutrisi jagung yang melimpah sangat ideal untuk dikonsumsi. Selama di proses dengan benar dan dengan cara yang benar, konsumsi jagung dapat memberikan manfaat kesehatan sebagai berikut:

1. Mampu Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Jagung termasuk dalam makanan yang memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Oleh karena itu, mengkonsumsi jagung tidak akan menyebabkan peningkatan gula darah. Jagung juga baik di konsumsi oleh penderita diabetes atau orang yang sangat berisiko tinggi terkena diabetes tipe dua. Makanan berbahan dasar jagung dapat di jadikan sebagai alternatif konsumsi.

2. Baik Untuk Kesehatan Mata

Jagung mengandung antioksidan zeaxanthin dan lutein yang baik untuk kesehatan mata. Sebuah penelitian juga mengklaim bahwa jika Anda makan jagung secara teratur, Anda akan terhindar dari bahaya penyakit mata sejak dini, seperti katarak atau degenerasi makula. Ada banyak cara untuk menikmati jagung, jadi Anda juga bisa memilih menu mana yang ingin Anda makan jagung.

3. Baik Untuk Mengendalikan Tekanan Darah

Selain baik untuk penderita diabetes, jagung juga baik di konsumsi oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Karena jagung mengandung magnesium dan potasium, serta antioksidan. Kandungan tersebut sangat baik sebagai makanan pengontrol tekanan darah. Jadi, jika Anda mengkonsumsi secara teratur, Anda dapat mencegah timbulnya hipertensi. Akan tetapi saat di olah, jangan menambahkan terlalu banyak garam karena kandungan garamnya tidak baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Baca Juga :  Manfaat Kencur yang Jarang Orang Ketahui

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Keunggulan jagung berikutnya adalah dapat menjaga kepadatan tulang. Hal ini terutama di anjurkan bagi mereka yang alergi susu atau tidak toleran laktosa. Jagung merupakan salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan tulang.Karena jagung mengandung 90 mg fosfor. Jumlah ini setara dengan kebutuhan fosfor orang dewasa, yaitu hingga 10%. Fungsi fosfor bagi tubuh adalah untuk meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang dan gigi.

5. Baik Untuk Melancarkan Saluran Pencernaan

Selanjutnya, ternyata makan jagung juga menjaga kelancaran saluran pencernaan. Jagung mengandung serat yang bermanfaat bagi tubuh. Serat ini dapat membuat saluran pencernaan lebih aktif karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Jadi, bagi Anda yang sedang sembelit, makan jagung sangat bagus untuk memulai kembali sistem pencernaan Anda.

6. Penangkal Radikal Bebas

Manfaat jagung selanjutnya juga untuk kesehatan tubuh sebagai penangkal radikal bebas. Jagung mengandung antioksidan dan vitamin C. Keduanya di butuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas. Dengan cara ini, konsumsi jagung juga bermanfaat dalam mencegah risiko penyakit dan penuaan dini.

7. Baik Untuk Kehamilan

Selain kaya akan zeaxanthin, jagung juga kaya akan asam folat. Karena itu, makanan olahan berbahan dasar jagung juga baik untuk ibu hamil. Makan jagung dapat melindungi bayi dari cacat lahir. Selain itu, jagung juga dapat melindungi janin dari masalah fisiologis dan degenerasi otot. Bagi ibu hamil yang sering mengalami sembelit, mengonsumsi jagung juga baik karena mengandung kandungan serat yang tinggi.

8. Mencegah Depresi

Terakhir, jagung juga mengandung magnesium yang baik untuk kesehatan otak dan pemeliharaan mood. Juga di yakini bahwa kadar magnesium yang rendah dalam jagung mengurangi risiko depresi. Jadi, dengan mengonsumsi jagung secara rutin, Anda juga berusaha menjaga mood dan mencegah depresi.

Baca Juga :  Cara Memilih Modem WiFi 4G

Demikianlah penjelasan tentang 8 Rahasia Tersembunyi dari Jagung bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat gurune.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.