Adjective clause

Adjective clause – Pengertian dan Contoh Penggunaan

gurune.net – Adjective clause – Pengertian dan Contoh Penggunaan. Halo sobat guru! Pada postingan sebelumnya, gurune sudah membahas tentang adjective atau kata sifat.
Kali ini, gurune akan membahas salah satu bentuk adjective yaitu adjective clause. Seperti apakah adjective clause itu? Simak pembahasan berikut ini!

Adjective clause adalah clause (serangkaian kata) yang memiliki peran seperti adjective (kata sifat). Kadang, adjective clause umum dikenal sebagai relative clause.
Berbeda dengan adjective secara umum, Adjective clause adalah salah satu jenis dari dependent clause yang tidak bisa berdiri sendiri dalam kalimat. Klausa ini adalah salah satu hal yang digunakan untuk menyempurnakan sebuah kalimat sehingga bisa memberikan informasi atau penjelasan dari subject atau object kalimat tersebut.

Adjective pada umumnya berfungsi untuk menerangkan noun (kata benda) dan juga pronoun (kata pengganti) pada sebuah kalimat. Sehingga , adjective clause ini tidak bisa berdiri sendiri, ia harus menempel dengan noun atau pronoun untuk membentuk sebuah informasi baru.

Ciri-Ciri Adjective Clause

Untuk mengidentifikasi adjective clause, ada beberapa ciri-ciri yang bisa membantu sobat guru untuk. Berikut ini ciri-ciri adjective clause:

a. adjective clause memiliki subject dan verb lengkap
b. Didahului dengan relative pronoun (who, whom, whose, that, which) atau relative adverb (when, where, why)
c. Adjective clause memberikan penjelasan tentang subject atau object dari sebuah kalimat

Dalam sebuah kalimat, Adjective clause harus digabungkan dengan relative pronoun dan relative adverb . Lalu, apa saja relative pronoun dan relative adverb itu?

Relative Pronoun

Relative pronoun adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan sebuah clause atau phrase dengan noun atau pronoun. Biasanya penggunaan relative pronoun dalam satu kalimat bisa memberikan informasi tambahan sebagai penjelasan mengenai noun/pronoun.

Berikut macam-macam relative pronoun beserta penjelasan dan contoh kalimatnya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Luka dan Lepuh

1. Who

who kita gunakan untuk adjective clause yang noun-nya adalah orang atau sesuatu yang hidup. Pada umumnya kata who diperuntukkan noun yang berupa manusia.

Contoh :
a. Neil Armstrong is the first man who stepped his feet on the moon (Neil amstrong adalah orang pertama yang menapakkan kakinya di bulan)
b. Sandy is the first person who helped the victims of the accident (Sandy adalah orang pertama yang membantu korban kecelakaan)
c. The woman who is talking with my mom is my homeroom teacher. (Wanita yang sedang berbicara dengan ibu saya itu adalah wali kelas saya)
d. The lady who lives across my house is my aunt. (Wanita yang tinggal di seberang rumah saya adalah tante saya)

2. Whom

Whom adalah relative pronoun yang memiliki arti ‘orang yang mana’. Jika who digunakan untuk menjelaskan subject maka whom digunakan untuk menjelaskan noun yang menjadi object.

Contoh :

a. The man whom we met yesterday at the museum used to be an actor. (Pria yang kita temui kemarin di museum dulunya adalah seorang aktor)
b. The man whom we met yesterday at the museum used to be an actor. (Pria yang kita temui kemarin di museum dulunya adalah seorang aktor)
c. I don’t know to whom I should send my letter (Aku tidak tahu kepada siapa aku harus mengirim suratku)
d. The man whom you saw last night is my uncle (Pria yang kamu lihat semalam adalah pamanku)

3. Whose

Whose adalah relative pronoun yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan benda oleh suatu subject. Sehingga setelah whose, terdapat object yang menjadi milik dari sebuah subject.

Contoh:

a. Thousands of people enter the istiqlal mosque whose design is so beautiful (ribuan orang memasuki masjid istiqlal yang memiliki desain sangat indah)
b. My friend whose both parents passed away last week now lives with her grandparents. (Teman saya yang kedua orangtuanya meninggal minggu lalu sekarang tinggal bersama kakek dan neneknya)
c. The man whose jacket is black is my brother. (Pria yang jaketmya hitam itu adalah saudara saya)

Baca Juga :  Adjective - Kata Sifat dalam Bahasa inggris

4. Which

Which adalah relative pronoun yang digunakan untuk menunjuk satu benda di antara beberapa benda yang harus dipilih.

Contoh:
a. My car which is lost yesterday has just been returned by police ( Mobil ku yang kemarin hilang telah dikembalikan oleh polisi)
b. Lisa, which has come here two weeks ago, will return to my house this afternoon (Lisa yang datang kesini dua minggu lalu, akan kembali ke rumahku siang ini)
c. Our office, which has three paintings, looks more beautiful (kantor kami, yang memiliki 3 lukisan, terliha lebih indah)

5. That

That adalah relative pronoun yang kegunaannya mirip dengan which. Jika kamu ingin menggunakan that dalam adjective clause, pastikan adjective clause tersebut memiliki makna penting bagi kalimat tersebut.

Contoh :

a. The red car that is parked over there is Linda’s. (Mobil merah yang parkir di sebelah sana itu punya Linda)
b. Students that fail the math exam must retake the exam next week. (Siswa yang tidak lulus ujian matematika harus mengulang ujian lagi minggu depan)
c. He is been reading the book that talks about parenting. (Dia sedang membaca buku yang membicarakan tentang pengasuhan anak)

Relative Adverb

Selanjutnya, relative adverb biasa kita gunakan untuk menyambungkan independent clause dengan adjective clause-nya. Relative adverb meliputi empat kata, yaitu when, where, why, dan how.

1. When

When adalah relative adverb yang digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu. Contohnya :

a. Grandma likes to tell the story when she still became a nurse at World War II (Nenek senang menceritakan ceritanya ketika dia menjadi perawat pada perang dunia ke 2)
b. The moment when we won the match felt so surreal. (Momen ketika kami memenangkan pertandingan terasa tidak nyata)
c. Harry still remembers that nervousness when he did public speaking for the first time. (Harry masih ingat perasaan gugup ketika dia berbicara di depan umum untuk pertama kalinya)

Baca Juga :  Bagaimana melakukan pembulatan ke perseratus terdekat?

2. Where

Where sebagai relative adverb digunakan untuk menjelaskan adjective clause berupa tempat. Contohnya:

a. I don’t know where to go from here. (Aku tidak tahu kemana perginya dari sini)
b. The town where he lived is collapsed by the tsunami (Kota dimana dia tinggal rusak karena tsunami)
c. This park is the place where I met him for the first time. (Taman ini adalah tempat aku bertemu dengannya pertama kali)

3. Why

Why adalah relative adverb yang kita gunakan untuk menjelaskan adjective clause yang menunjukkan sebuah alasan. Contoh :

a. I don’t know why he left the chat group (Aku tidak tahu mengapa dia keluar dari grup chat)
b. I know why you choose the red one not the blue. ( Aku tahu mengapa kamu memilih yang merah bukan yang biru)
c. The reason why Mia left John is because John doesn’t support Mia’s dream to be a singer. (Alasan mengapa Mia meninggalkan John karena John tidak mendukung impian Mia menjadi seorang penyanyi)

4. How

How mempunyai fungsi mirip dengan why, akan tetapi how biasanya digunakan untuk mengawali deskripsi atau keterangan dari sesuatu.

Contoh :

a.  Martha doesn’t want to tell me how was the movie ( Martha tidak ingin menceritakan bagaimana film nya)
b.  She doesn’t know how I can cook well (Dia tidak tahu bagaimana saya dapat memasak dengan baik.)
c.  I know how to operate the printer well (Aku tahu bagaimana cara mengoperasikan printer dengan baik )

Penutup

Demikian pembahasan mengenai adjective clause yang bisa gurune bagikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.