Anak-Anak, Benarkah Pernyataan yang Terdapat pada Gambar Tersebut? Apa Alasanmu? Jawaban PAI Kelas 4 SD Halaman 34

Gurune.net – Anak-Anak, Benarkah Pernyataan yang Terdapat pada Gambar Tersebut? Apa Alasanmu? Jawaban PAI Kelas 4 SD Halaman 34. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban penjelasan lengkap mengenai Berakhlak dengan Lima Asmaulhusna nomor 4. Menjaga lisan pertanyaan Anak-Anak, benarkah pernyataan yang terdapat pada gambar tersebut? Apa alasanmu? dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD Halaman 34 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

4. Menjaga lisan

Gambar 2.11 Anjuran menjaga lisan
Gambar 2.11 Anjuran menjaga lisan

Anak-Anak, benarkah pernyataan yang terdapat pada gambar tersebut? Apa alasanmu?

Jawaban:

Saya setuju dengan pernyataan ini karena kata-kata yang diucapkan dapat memengaruhi tindakan seseorang, baik itu secara positif maupun negatif. Jika seseorang berbicara dengan santun dan menghindari kata-kata yang kasar, maka kemungkinan besar ia akan diterima dengan baik oleh orang lain dan terhindar dari konflik atau bahaya lainnya. Sebaliknya, jika seseorang menggunakan kata-kata kasar atau menyebarkan informasi yang salah, ia dapat merusak hubungan dengan orang lain atau bahkan menimbulkan bahaya bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Pernahkah kalian merasakan bahagia sebab kata-kata santun dari temanmu? Atau pernahkah kalian sakit hati karena kata-kata temanmu pula?

Jawaban:

Ya, saya pernah merasakan bahagia karena kata-kata santun dari teman saya. Ketika seseorang berbicara dengan sopan dan memberikan pujian atau dukungan, hal itu dapat membuat orang lain merasa dihargai dan diakui. Hal ini tentu dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membuat kita merasa bahagia. Di sisi lain, saya juga pernah merasakan sakit hati karena kata-kata teman saya yang kurang sopan atau bahkan menyakitkan. Hal ini dapat membuat kita merasa tersinggung, kecewa, atau marah. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan kata-kata yang kita ucapkan kepada orang lain, terutama kepada teman-teman kita.

Demikianlah manfaat dan bahaya lisan. Kadang ia membuat orang senang hati dan di lain waktu membuat orang sakit hati. Maka jagalah lisan agar selalu menyenangkan bukan menyakitkan. Hati-hatilah berbicara! Pikirkan untung ruginya sebelum terucap menjadi kata-kata!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Kerjakan dan Pengayaan PAI Kelas 4 SD Halaman 127 Bab 7 Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah

Lalu untuk apa sebaiknya lisan digunakan?

Gunakanlah lisan untuk berzikir, membaca Al-Qur’an, menasehati dalam kebaikan, mengajarkan ilmu dan amal salih lainnya sesuai tuntunan. Jauhkan dari dosa-dosa lisan seperti adu domba, fitnah, gibah, mencela membuka aib seseorang. Kita harus selalu menjaga lisan dari perkataan yang menyakiti hati orang lain. Dengan demikian berarti kita telah membuat orang lain tenteram dan damai. Inilah salah satu perilaku yang meneladani Asmaulhusna As-Salām.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 34 Kurikulum Merdeka Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Disclaimer:

  • Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  • Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  • Postingan ini tidak mutlak kebenarannya ya adik-adik.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.