Apa Itu Garis Sejajar dan Garis Berpotongan?

Apa itu garis sejajar dan garis berpotongan?

Amatilah percobaan berikut!

Gurumu akan membuat ruang kelas menjadi gelap dan meminta empat temanmu untuk mempraktikkan hal-hal berikut di depan kelas.

  1. Siswa 1 dan siswa 2 berdiri bersebelahan menghadap ke arah yang sama, menyalakan senter dan mengarahkan sinar senter secara lurus.
  2. Siswa 3 dan siswa 4 berdiri agak menyerong, menyalakan senter dan mengarahkan sinar senter secara lurus.

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut

  1. Berdasarkan percobaan tersebut, mana garis yang berpotongan? Jelaskan jawabanmu! Yang merupakan garis berpotongan adalah percobaan nomor 2. Garis yang terbuat dari dua senter saling berpotongan satu sama lain
  2. Mana garis yang sejajar? Jelaskan! Yang merupakan garis sejajar adalah percobaan nomor 1. Garis yang terbuat dari dua senter saling sejajar datu sama lain
  3. Apa perbedaan antara kedua garis? Garis pada satu bidang (permukaan) yang tidak berpotongan disebut garis sejajar/ paralel. Garis yang terletak pada satu bidang datar dan kedua garis saling bertemu di salah satu titiknya disebut garis berpotongan

garis sejajar dan berpotongan
garis sejajar dan berpotongan

 

Garis pada satu bidang (permukaan) yang tidak pernah berpotongan disebut garis sejajar/ paralel.

Dua buah garis dikatakan berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan kedua garis tersebut saling bertemu di salah satu titiknya.

Amatilah garis-garis yang terbentuk!

Apakah kamu menemukan garis-garis sejajar? Apakah kamu menemukan garis yang berpotongan? Tunjukkan kepada guru dan temanmu.

 

Ayo Berlatih!

Buatlah garis sejajar.

Buatlah sebuah titik di antara dua garis sejajar. Buatlah sebanyak mungkin garis dari titik yang kamu buat. Berilah nama pada garis yang kamu buat (contoh: garis A, garis B, dan seterusnya).

Perhatikan gambar berikut. Temukan garis-garis berpotongan dan garis sejajar pada gambar tersebut.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar