Pengertian dari Stablecoin

Apa Pengertian dari Stablecoin dan Keuntungan Memilikinya

Gurune.netApa Pengertian dari Stablecoin dan Keuntungan Memilikinya. Pengertian dari Stablecoin ini merupakan aset kripto yang dirancang supaya memiliki nilai yang sama dengan aset tertentu. Contohnya seperti emas atau juga mata uang dolar.

Pengertian dari Stablecoin

Stablecoin ialah jenis aset kripto baru yang menawarkan kestabilan harga serta didukung oleh aset cadangan. Stablecoin banyak dipakai sebab mengombinasikan 2 utilitas utama, yakni pemrosesan praktis dan keamanan serta privacy pembayaran kripto dengan kestabilan harga uang fiat.

Stablecoin berupaya mematok nilai masing- masing koin terhadap nilai pasar suatu rujukan eksternal. Sesuatu stable coin dapat dipatok terhadap uang fiat semacam dolar AS maupun harga komoditas semacam emas.

Stable coin mencapai kestabilan harga melalui kolateralisasi maupun melalui mekanisme algoritmis pembelian dan penjualan aset rujukan serta derivatifnya.

3 Golongan Stablecoin

Yang pertama, stable coin yang dipastikan dengan cadangan uang fiat yang ditaruh di bank.

Kedua, stable coin yang dipastikan dengan cadangan aset kripto dimana aset kripto yang dijaminkan harus bernilai lebih besar dibanding nilai stable coin yang diterbitkan.

Ketiga, stable coin berbasis algoritma. Stable coin jenis ini tidak dijamin dengan cadangan, tetapi memakai algoritma untuk mengatur nilai melalui penerbitan dan pembakaran suplai.

Contoh dari Stablecoin

Stablecoin paling banyak dan sangat terkenal ialah Tether (USDT). USDT dipatok nilainya terhadap USD dengan support aset berupa emas, uang fiat tradisional serta ekivalen kas.

Tether pula diketahui karna keamanan serta integrasi mudah dengan platform kripto ke fiat.

Karena stabil, stablecoin lebih mudah memenuhi peraturan dari regulator. Gemini Dollar (GUSD) dan Paxos Standard (PAX) ialah 2 contoh stable coin yang menemukan persetujuan dari regulator Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York.

Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud Dengan Dogecoin?

Metode Mendapatkan Stablecoin

Investor dapat mendapatkan stablecoin ini dengan tata cara memilah merek stable coin terlebih dulu, semacam USDT, GUSD maupun yang lain. Sehabis itu, investor mendatangi bursa kripto kesukaan dan membuka rekening.

Langkah selanjutnya ialah mendepositkan uang fiat, setelah itu membeli stablecoin sesuai opsi. Sebagian bursa kripto memiliki stable coin sendiri, semacam Binance dengan BUSD.

Keuntungan Memiliki Stablecoin

Stablecoin umumnya digunakan untuk membeli dan menjual aset kripto lain yang ada di bursa- bursa kripto. Caranya ialah dengan mengkonversi uang fiat jadi stable coin setelah itu memakainya untuk memperdagangkan token kripto lain.

Melalui mekanisme ini, USDT sebagai stable coin dengan konsumsi sangat luas serta volume perdagangan sangat besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.