Apakah Lemon Ampuh untuk Menghilangkan Jerawat?

Lemon menjadi salah satu buah yang mempunyai banyak kandungan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan sebagian orang mengatakan bahwa untuk buah yang satu ini dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai buah lemon untuk menghilangkan jerawat. Sedangkan untuk anda yang penasaran dengan jawaban mengenai buah lemon bisa simak lebih jelasnya di bawah ini.

Apakah Buah Lemon Boleh Digunakan Untuk Masalah Jerawat?

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang cukup umum terjadi di setiap orang. Apalagi untuk kalangan remaja yang sudah memasuki masa pubertas sangat wajar ketika wajahnya dimunculi jerawat.

Meski bukan penyakit yang kronis atau darurat, akan tetapi ada sejumlah cara yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Dari mulai penggunaan sabun muka untuk jerawat, produk skincare seperti serum penghilang bekas jerawat, hingga penggunaan bahan alami seperti buah lemon.

Beberapa orang yang percaya bahwa buah lemon mempunyai kandungan antioksidan dan asam sitrat. Sehingga dengan kandungan tersebut bisa mengatasi masalah jerawat.

Kandungan asam sitrat yang ada di buah lemon ini juga dikenal sebagai zat exfoliant yang mempunyai tugas untuk menghilangkan sel kulit mati. Tanpa disadari buah lemon juga mempunyai sifat antibakteri yang dapat menghasilkan lingkungan asam dan sehingga tidak disukai oleh bakteri.

Buah lemon mempunyai kaya kandungan vitamin C dan sehingga sangat cocok digunakan pada beberapa produk perawatan kulit. Vitamin C adalah salah satu bahan anti aging dan sehingga ampuh untuk melawan radikal secara bebas.

Berdasarkan keterangan dari halaman pickybest.id, Vitamin C yang ada di buah lemon juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit dan mengurangi kerutan pada wajah. Dengan banyaknya kandungan tersebut membuat beberapa orang percaya bahwa buah lemon bisa mengatasi jerawat.

Baca Juga :  Ringkasan Materi Kelas V Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 5

Disayangkan sampai dengan saat ini belum ada sama sekali penelitian yang mengatakan bahwa buah lemon bisa menghilangkan jerawat. Bahkan juga ada dari kalangan masyarakat yang mengatakan bahwa buah lemon bisa mengatasi iritasi kulit berjerawat.

Maka dari itu, belum adanya penelitian mengenai buah melon untuk membantu menghilangkan jerawat maka perlu berhati-hati. Jika ingin menggunakan buah lemon bisa mengolah terlebih dahulu sampai dengan menjadi masker organik terbaik. Selain itu, juga bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan hal tersebut.

Mengapa Buah Lemon Tidak Dapat Untuk Mengatasi Jerawat?

Pada saat menggunakan buah lemon secara langsung pada kulit ini bukan menjadi cara yang terbaik. Bahkan dengan kegiatan tersebut bukan menjadi cara yang terbaik untuk menjaga kesehatan kulit.

Melakukan pengolesan buah lemon langsung pada kulit juga bukan menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi jerawat. Kandungan asam yang ada di buah lemon ini sangat tinggi.

Salah satu kandungan asam yang ada di buah lemon yaitu pH 2. Dengan kandungan tersebut sangat tidak cocok dipergunakan untuk melakukan perawatan kulit berjerawat.

Pasalnya untuk pH alami yang dibutuhkan oleh manusia hanya 4,5-5,5% saja. Maka dari itu, untuk buah lemon ini hanya dua kali lebih asam dari pH yang dibutuhkan oleh kulit manusia.

Kandungan pH yang ada di buah lemon ini akan memberikan efek samping pada kulit. Untuk beberapa efek samping yang dapat terjadi adalah dermatitis kontak, ruam dan iritasi kulit ketika terkena sinar matahari.

Tips Aman Ketika Menggunakan Buah Lemon

Buah lemon kini menjadi salah satu obat jerawat secara alami. Akan tetapi pada saat menggunakan buah lemon harus berhati-hati supaya mendapatkan banyak manfaat.

Baca Juga :  Alif Lam Qomariah - Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 10 Kurikulum Merdeka

Ketika ingin menggunakan buah lemon bisa mengikuti beberapa tips sebagai berikut. Untuk tips yang dapat dilakukan adalah:

  • Jangan mengoleskan perasan buah lemon secara langsung pada bagian kulit.
  • Melakukan pencampuran buah lemon dengan beberapa bahan lainnya. Untuk beberapa bahan alami lainnya adalah madu maupun oatmeal supaya wajah tidak berjerawat.

Sekian penjelasan mengenai buah lemon untuk menghilangkan jerawat. Diharapkan dengan penjelasan tersebut bisa membantu kalangan masyarakat yang ingin menghilangkan jerawat secara alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.