Asmaulhusna Al-Quddūs Arti dan Penjelasan, Jawaban PAI Kelas 4 SD Halaman 26

Gurune.net – Asmaulhusna Al-Quddūs Arti dan Penjelasan, Jawaban PAI Kelas 4 SD Halaman 26. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban penjelasan lengkap Asmaulhusna Al-Quddūs dan Artinya dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD Halaman 26 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

Asmaulhusna Al-Quddūs Arti dan Penjelasan

3. Al-Quddūs (الْقُدُّوْسُ)

Gambar 2.5 Kaligrafi al-Quddūs
Gambar 2.5 Kaligrafi al-Quddūs

Al-Quddūs memiliki arti bahwa Allah Swt. adalah Zat yang tersucikan dari segala macam kekurangan. Allah Swt. adalah satu-satunya sembahan bagi semua makhluk. Al-Quddūs juga menunjukkan bahwa Allah Swt. Mahasuci dari keserupaan makhluk dengan-Nya dan Mahasuci dari adanya sesuatu yang menyerupai-Nya.

Allah Swt. terbebas dari segala kekurangan dan cela. Dia berhak atas segala sifat kesempurnaan.

“Al-Quddus” adalah salah satu dari 99 nama Allah (Asmaul Husna) dalam agama Islam. Artinya adalah “Maha Suci”. Nama ini mengandung makna bahwa Allah adalah yang Maha Suci, tidak tercela, dan suci dari segala kekurangan dan kelemahan. Allah adalah Sang Pemurni yang membersihkan jiwa dan hati manusia dari segala dosa dan kesalahan.

Dalam Al-Quran, nama “Al-Quddus” disebutkan beberapa kali, seperti dalam Surat Al-Hashr ayat 23 yang berbunyi: “Dia-lah Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Maha Memberi Keamanan, Yang Maha Mengawal, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kokoh, Yang Maha Mulia, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan”.

Baca Juga :  Pasangkanlah Asmaul Husna dan Artinya dengan Garis Penghubung! Jawaban Aktivitasku PAI Kelas 4 SD Halaman 29

Penggunaan nama “Al-Quddus” juga terdapat dalam doa-doa dan dzikir-dzikir Islam, sehingga sering diucapkan oleh umat Muslim sebagai penghormatan dan pengagungan kepada Allah yang Maha Suci. Dengan mengingat nama “Al-Quddus”, manusia diharapkan dapat mengingat kesucian dan kemuliaan Allah, dan selalu berusaha untuk hidup dalam kebersihan dan kebaikan.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 26 Kurikulum Merdeka Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Disclaimer:

  • Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  • Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  • Postingan ini tidak mutlak kebenarannya ya adik-adik.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.