Bagaimana Proses Terjadinya Hujan? Kelas 3 SD

gurune.net- Kali ini kita akan membahas buku siswa kelas 3 SDTema 5 Sub tema 3 Pembelajaran 2 halaman 134-137 yang mempelajari tentang proses terjadinya hujan.

Ayo Membaca

Acara makan bersama telah dilakukan. Beni meminta teman-teman mendengarkannya. Ia akan membacakan surat yang dikirim oleh Udin. Udin sudah 3 hari tidak sekolah. Ia menjenguk neneknya yang sedang sakit.

Ayo Mengamati

Apa yang Udin ceritakan pada surat di atas? Hujan yang tak kunjung berhenti, bukan? Tahukah kamu dari mana asal hujan? Dan ke mana perginya air hujan?

Perhatikan gambar di bawah ini

Bagaimana hujan terjadi?

Susunlah gambar sehingga menjadi urutan yang tepat!

Isilah kotak dengan nomor urut gambar yang tepat

Urutan Proses Terjadinya Hujan

Hasilnya akan menunjukkan bagaimana hujan terjadi.

Ayo menulis

Tulislah proses terjadinya hujan. Gunakan kalimat  efektif sehingga lebih mudah dipahami.

Proses terjadinya hujan : Air yang ada di bumi  menguap karena terkena panas matahari. Uap air terkumpul di udara dan membentuk awan. Awan yang terbentuk menjadi semakin besar, lalu butiran-butiran air akan jatuh ke bumi. Terjadilah hujan.

Menulis dapat membantumu memahami sesuatu. Hasil dari membaca akan makin mudah dipahami. Caranya dengan menuliskan informasi yang kita dapat dari bacaan. Rajin-rajinlah menuliskan hasil bacaanmu.Menulislah dengan kalimat yang baik dan mudah dimengerti.

Penulis : DF_KL 3

Editor : CAS

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.