Bagian – Bagian Microsoft Excel

Excel adalah salah satu bagian microsoft office yang paling banyak digunakan untuk manajemen data, seperti mencatat, menyimpan, dan mengolah data. Salah satu kelebihan yang dimiliki microsoft adalah dapat digunakan di berbagai sistem, seperti Mac OS, android, windows, linux, dan lain sebagainya. Microsoft excel bisa digunakan di berbagai bidang industri, oleh karena itu, hampir seluruh perusahaan mewajibkan karyawannya untuk belajar excel. Software ini memiliki bermacam-macam fitur, mulai dari rumus operasi hitung matematika dasar seperti penjumlahan, perkalian, pembagian dan lain sebagainya hingga rumus statistika yang sangat kompleks.

Quick Acces 

Microsoft excel menyediakan Quick Acces Toolbar atau disingkat QAT pada bagian atas ribbon excel sebelah kiri.
Fungsi Quick Acces Toolbar adalah untuk menempatkan tombol-tombol perintah yang sering digunakan pada microsoft sehingga menjadi lebih mudah untuk menjalankan perintah tersebut. Secara default Quick Access Toolbar terdiri atas tiga buah button yaitu, Save (untuk menyimpan file atau dokumen yang kita kerjakan), Undo (untuk membatalkan perintah terakhir), dan yang terakhir yaitu Redo (untuk membatalkan Undo atau mengulang kembali perintah yang dibatalkan). Ikon menu pada bagian QAT ini tentu saja bisa kita tambah atau kita kurangi sesuai dengan kebutuhan seperti pada Ribbon Excel
  • Ribbon

Pengertian ribbon excel adalah kumpulan tombol perintah pada microsoft excel yang dikelompokkan dalam bentuk Tab berdasarkan kategori kemiripan fungsi-fungsinya. Mulai dari Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View serta tab-tab lain yang tersembunyi.
Ide utama munculnya ribbon excel ini adalah untuk mempercepat serta mempermudah pemakai excel untuk mengakses serta menggunakan menu atau tombol-tombol perintah yang dianggap penting.
Bagian-bagian Ribbon Excel adalah sebagai berikut.

1. Menu Bar

Berisi kumpulan tombol yang dikelompokkan sesuai fungsinya. Secara default terdapat Tab Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View. Sedangkan Tab Developper disembunyikan. untuk menampilkannya kita perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu.

2. Group Menu

Didalam masing-masing Tab tombol dikelompokkan lagi dalam beberapa group. Maisng-masing group dipisahkan dengan Garis vertikal. Pada Tab Page Layout diatas terdapat Group Themes, Pade setup, Scale to fit, Sheet Options dan Arrange.
 

3. Command Buttons

Didalam group terdapat beberapa Command Button atau tombol perintah sesuai dengan fungsi masing-masing.

4. Dialog Box Launcher

Pada beberapa sudut Menu Group terdapat Dialog Box Launcher untuk menampilkan pengaturan lebih lanjut pada masing-masing group yang secra default pengaturan ini tidak ditampilkan.
  • Formula Bar

Formula bar adalah kotak persegi panjang yang berfungsi untuk menampilkan dan mengedit isi dari sebuah sel yang sedang aktif. Bagian ini difungsikan pula sebagai tempat memasukkan rumus serta untuk mengedit atau memperbaiki rumus excel yang telah dibuat.
Selain mengetik langsung pada sebuah sel aktif kita bisa melakukan input data atau menuliskan rumus-rumus excel pada bagian formula bar ini.
Formula bar terletak diantara ribbon dan worksheet area atau workspace.
  • Name Box

Pada bagian sebelah kiri formula bar di sebut dengan Name Box yang menunjukkan alamat sel atau nama dari sel atau range yang sedang aktif.
Pada bagian name box ada icon segitiga kecil yang jika anda pilih akan menunjukkan dafatr nama-nama sel atau range atau nama lain yang sedang digunakan pada workboook file yang sedang anda buka.
Jika file membuka file baru, nama-nama tersebut tentunya juga masih kosong.
  • Workbook (Lembar Kerja).

Workbook adalah area atau tempat dimana dokumen excel tersebut dibuat, dan diedit.

Baca Juga :  Cara Membuat Ranking di Excel
Apa yang dimaksud dengan worksheet dan contohnya | Pengertian Apa-itu.net
  • Gridlines, adalah garis-garis bantu yang ada dalam lembar kerja microsoft excel.
  • Column, merupakan baris veritikal (atas-bawah) dalam lembar kerja excel.
  • Row, atau yang disebut juga dengan baris adalah deretan cell horizontal (kanan-kiri).
  • Cell, adalah kotak kecil yang memiliki nama. Contohnya A1, yang menerangkan kolom A baris ke 1.
  • Range, yaitu kumpulan cell yang terdiri dari kolom maupun baris dalam microsoft excel. Singkatnya, jika hanya 1 disebut Cell, namun bila banyak disebut range atau area yang berupa beberapa sel.
Jika workbook atau buku kerja microsoft excel merupakan sebuah buku maka worksheet atau lembar kerja excel merupakan halaman-halaman dari buku tersebut. Jadi worksheet adalah bagian lebih kecil dari Workbook dan sebaliknya koleksi atau kumpulan worksheet pada dokumen excel disebut dengan workbook.
Sebuah worksheet dimulai dengan nomor baris (Row) satu dan kolom (Column) A. Setiap sel dapat berisi angka, teks atau formula. Sebuah sel juga mungkin berdasarkan referensi dari sel lain dalam worksheet yang sama, Workbook yang sama atau Workbook yang berbeda.
Lembar kerja microsoft excel yang disebut worksheet terbagi dalam baris dan kolom pertemuan antara baris dan kolom disebut dengan cell excel.
  •  Zoom (Scala tampilan)

Zoom adalah sebuh pengaturan untuk memperbesar dan memperkecil lembar kerja microsoft excel sesuai dengan skala yang kita inginkan.

Saat nilai 100% disebelah slider tersebut Anda klik maka akan muncul jendela opsi zooming seperti berikut.

Pada jendela munculan tersebut anda bisa menentukan besaran zoom view yang diinginkan. Secara default ukuran zoom view worksheet area ini adalah 100%.
Pencarian Populer : microsoft office word adalah bagian dari microsoft office yang berfungsi sebagai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.