Bangunan Adat Mencirikan Kebudayaan

Candi Borobudur

Sumber: www.id.wikipedia.org

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia. Arsiteknya bernama Gunadharma. Candi tersebut amat indah dan megah, dibangun tanpa perekat dan tanpa bantuan alat modern. Tak heran jika Candi Borobudur menjadi salah satu keajaiban dunia.

Waduk Jatiluhur

Sumber: www.id.wikipedia.org

Seorang arsitek juga berperan dalam menjaga lingkungannya. Misalnya, saat bekerja sama dengan insinyur teknik sipil dalam merancang Waduk Jatiluhur. Waduk Jatiluhur adalah kolam besar tempat menyimpan air untuk berbagai kebutuhan. Hasil karya kumpulan arsitek Indonesia ini memiliki banyak kegunaan, di antaranya menampung dan mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sehingga dapat menghasilkan listrik. Waduk juga bermanfaat sebagai penyedia air bersih dan irigasi yang diperlukan untuk mengairi sawah. Waduk ini juga sebagai pengendali banjir.

Jembatan Suramadu

Sumber: www.id.wikipedia.org

Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Berkat jembatan ini, masyarakat Madiun dapat lebih mudah dan cepat melakukan perjalanan darat ke berbagai wilayah di Jawa Timur. Dengan panjang 5.438 meter, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.

Sumber: www.id.wikipedia.org

Seorang arsitek juga berperan dalam usaha mempersatukan umat beragama. Lihatlah Masjid Istiqlal Jakarta yang berdiri megah berdampingan dengan Gereja Katedral Jakarta tempat umat katolik beribadah. Masjid Istiqlal dibangun pada masa pemerintahan presiden pertama Indonesia, Sukarno, pada tahun 1961. Pembangunan masjid ini memerlukan waktu 17 tahun hingga digunakan pertama kali pada tahun 1978. Perancangnya bernama Frederich Silaban.

Ayo Berlatih!

Lengkapilah diagram berikut ini dengan menggunakan berbagai sumber informasi yang kamu miliki!

Kehebatan lain seorang arsitek: Mampu membuat gedung dengan desain yang unik namun tidak mengurangi fungsi serta keamanan gedung tersebut           Jenjang pendidikan apa saja yang harus ditempuh untuk menjadi seorang arsitek? Pendidikan minimal S1 jurusan Arsitektur dan juga dapat mengikuti kursus untuk meningkatkan keahliannya Keterampilan apa yang harus dimiliki seorang arsitek? Merancang bangunan, menggambar bangunan, menghitung bahan yang dibutuhkan, dan memperkirakan dana yang akan dihabiskan untuk membangun sebuah gedung.

Tahukah Kamu

Dari zaman dahulu, nenek moyang kita telah membangun berbagai bangunan adat yang mencirikan kebudayaan mereka masing-masing. Setiap suku memiliki ciri bangunan dan tempat tinggal yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan masing-masing. Pernahkah kamu melihat bentuk rumah adat dari suku yang berbeda-beda?

Sumber: www.id.wikipedia.org

Perhatikan gambar rumah adat dari Kampung Naga, Jawa Barat diatas! Bacalah dengan saksama keterangan tentang rumah adat mereka.

Rumah-rumah adat di Kampung Naga dibangun dengan cara yang unik dan memiliki tujuan dan makna sesuai kebiasaan masyarakat setempat. Rumah dibangun di atas bebatuan agar tidak longsor bagian bawahnya. Masyarakat Kampung Naga sangat erat kekerabatannya, sehingga mereka membangun rumah mereka secara berdekatan, tetapi mengarah ke arah yang sama, yaitu arah timur-barat.

Semua rumah akan menghadap ke arah Sungai Ciwulan yang berada di depan gerbang masuk kampung tersebut. Semua bahan bangunan dibuat dari bahan-bahan alami, seperti bambu dan dedaunan karena kehidupan masyarakatnya yang sangat dekat dengan alam.

Ayo Mencoba!

Sekarang, mari lakukan kegiatan berikut ini dalam kelompokmu!

  1. Buatlah kelompok yang terdiri atas tiga orang siswa. Kamu dapat bekerja dalam kelompok yang sama pada kegiatan sebelumnya.
  2. Tentukan dua suku asal dari orang-orang sekitarmu, bisa orang tuamu, atau temanmu.
  3. Carilah informasi tentang rumah adat dari suku-suku tersebut.
  4. Carilah informasi tentang kegunaan dan cara masyarakat menggunakan rumah adat mereka.
  5. Bandingkan keterangan yang kamu peroleh di antara keduanya. Carilah persamaan dan perbedaan serta kegunaan dan manfaat rumah adat tersebut.
  6. Buatlah dalam bentuk diagram seperti contoh di bawah.
  7. Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas. Apa kesimpulan yang kamu peroleh dari presentasi tersebut?

Indahnya Keragaman Budaya Indonesia

Rumah Joglo (Yogyakarta)

sumber: www.pidas81.org/rumah-joglo-rumah-adat-dengan-sejuta-keindahannya/

Rumah adat joglo merupakan rumah adat khas Jawa Tengah yang sangat populer. Rumah ini terkenal dengan desain yang mewah. Rumah Joglo juga menjadi sebuah simbol yang penuh makna dalam kehidupanan masyarakat daerah Jawa.

Bagian dan Fungsi:

Rumah adat joglo memiliki beberapa ruangan yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Berikut adalah ruangan rumah adat joglo serta manfaatnya :

  1. Pedapa : ruangan ini dipakai untuk tempat pertemuan pada acara besar.
  2. Prinngitan : ruangan ini digunakan sebagai ruang tamu.
  3. Dalem : berfungsi untuk ruang keluarga. Untuk ruangan ini bersifat privasi dan tidak semua tamu diperbolehkan masuk.
  4. Sentong : ruangan ini untuk ruang istirahat atau tempat tidur.
  5. Gandok : dijadikan tempat menyimpan barang (gudang) dan dijadikan untuk lumpung sebagai penyimpanan makanan.

Sumber: https://brainly.co.id/tugas/9102776

Manfaat dan keguanaan rumah adat Joglo

Manfaat: agar kita dapat mengenal budaya setiap suku

Kegunaan: untuk tempat tinggal, ada bagian rumah yang dijadikan lumpung sebagai penyimpan makanan

Gapura Candi Bentar (Bali)

4

sumber: www.99.co/blog/indonesia/rumah-adat-bali/

Bagian dan Fungsi Rumah:

Bagi masyarakat Bali, rumah merupakan keseluruhan bangunan dalam pekarangan yang pada umumnya dikelilingi oleh tembok (panyengker). Berikut ini adalah bagian-bagian dan fungsi tiap ruangan yang ada di Rumah Gapura Candi Bentar.

  1. Sanggah atau pamerajan merupakan tempat suci bagi keluarga.
  2. Panginjeng karang merupakan tempat memuja roh yang menjaga pekarangan.
  3. Bale manten yaitu tempat tidur kepala keluarga, anak gadis, dan sebagai tempat penyimpanan barang berharga. Adakalanya digunakan sebagai kamar pengantin baru.
  4. Bale gede / bale adat adalah tempat upacara lingkaran hidup yang dalam kehidupan sehari-hari digunakan sebagai bale serbaguna.
  5. Bale dauh merupakan tempat kerja, pertemuan, dan tempat tidur anak laki-laki.
  6. Paon atau dapur adalah tempat memasak dan berfungsi sebagai lumbung (tempat menyimpan padi dan hasil bumi).

Ruang luar di sekitar tempat berdirinya Gapura Candi Bentar ini memiliki berbagai fungsi. Salah satu di antaranya adalah menyiapkan ruang terbuka hijau. Keadaan ini akan mampu untuk menjaga keseimbangan kawasan antara yang terbangun dan terbuka, sehingga udara segar yang sangat dibutuhkanakan selalu dapat terjaga dan tersedia dengan baik.Ketersediaan ruang terbuka ini juga menjadi lebih bermanfaat dengan penanganan pertamanan yang penuh perhitungan. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Rumah_Gapura_Candi_Bentar

Manfaat dan keguanaan rumah adat Joglo

Manfaat: dapat menambah wawasan kita terhadap ciri khas dari setiap suku

Kegunaan: untuk tempat tinggal dan untuk berbagai macam kegiatan adat

Persamaan dan perbedaanserta kegunaan dan manfaat rumah adat bagi masyarakat adat

Persamaan: untuk tempat tinggal

Perbedaan: sebagai tempat untuk menampung aspirasi kebudayaan dalam masyarakat adat tersebut

Nenek moyang kita merupakan arsitek yang hebat. Mereka membangun rumah adat yang sesuai dengan keadaan alam dan nilai-nilai budaya. Mereka senantiasa ingin menyatu dengan alam sekitarnya. Mereka menganggap alam adalah sumber daya mereka, sehingga mereka pelihara dan jaga.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar