Cara Membuat Ranking di Excel

Microsoft Excel terdapat banyak rumus tersembunyi yang harus dikulik satu per satu untuk mempelajarinya. Salah satu yang bisa dipalajari adalah dalam pembuatan rumus ranking di Excel. Kerap kali para pengguna Microsoft Excel masih menggunakan rumus manual. Namun hal itu bukan menjadi masalah selama jumlah yang dihitung hanya sedikit.

Padahal, kamu bisa memanfaatkan Microsoft Excel yang telah dikenal sebagai aplikasi pengolah angka terbaik. Beragamnya kumpulan rumus Excel sangat membantu para pengguna dalam menghitung berbagai data.

Fungsinya juga bermacam-macam, mulai dari hitungan dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, hingga yang lebih canggih, termasuk mengurutkan data untuk mencari peringkat.

Nah, supaya bisa mencari siapa yang mendapat peringkat tertinggi dengan cepat, ikuti saja cara membuat ranking di Excel berikut ini.

Rumus dan Cara Membuat Ranking di Excel

Microsoft Excel telah menyediakan fungsi RANK untuk menentukan peringkat sebuah nilai pada sekelompok daftar nilai angka.

Pada versi 2010, Excel mulai memperkenalkan fungsi RANK.AVG dan RANK.EQ sebagai pengganti fungsi RANK Excel.

Meskipun demikian, kamu masih bisa menggunakan fungsi RANK pada Excel versi terbaru. Tapi, pengguna MS Excel 2007 ke bawah tidak akan menemukan fungsi RANK.AVG dan RANK.EQ.

Cara Menghitung Ranking di Excel dengan Rumus RANK

Masing-masing rumus di Excel memiliki fungsi tersendiri. Kamu juga harus memasukkan format yang benar pada cell di spreadsheet agar tidak terjadi kesalahan perhitungan.

Baca Juga :  Cara Mengganti Kata atau Kalimat Secara Otomatis di Word

Sama seperti penulisan rumus VLOOKUP Excel yang harus diperhatikan dengan teliti, rumus RANK juga harus ditulis dengan benar seperti berikut ini.

RUMUS RANK

=RANK(Angka;Referensi;[order])

Keterangan:

  • Angka: Nilai angka yang akan dicari ranking atau peringkatnya.

  • Referensi: Sekumpulan nilai angka yang dapat berbentuk array, referensi sel, atau daftar angka sebagai acuan pemeringkatan.

  • [order]: Berisi angka 0 atau 1 sebagai acuan pengurutan daftar nilai guna menentukan peringkat. Jika bernilai 0 atau dikosongkan, maka daftar nilai akan diurutkan secara descending atau menurun. Jika bernilai 1, maka daftar nilai akan diurutkan secara ascending atau meningkat.

Nah, mempelajari cara membuat ranking di Excel tentu kurang lengkap tanpa contoh studi kasus. Oleh karena itu, kita akan mencari ranking pada kumpulan nilai angka di bawah ini.

0 A31b6

Sumber foto: Kelas Excel

Agar mengetahui ranking untuk nilai pada cell C2 (90), masukkan rumus berikut pada cell D2.

Rumus Excel

=RANK(C2;$C$2:$C$11;0)

Tanda $ pada rumus tersebut bertujuan agar range data menjadi absolut, sehingga tidak berubah ketika di-copy paste ke cell lain.

Nah, setelah menulis rumusnya di cell D2, copy rumus yang sama ke cell D3 sampai D11. Hasilnya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.

1 7380e

Sumber foto: Kelas Excel

Cara Membuat Ranking di Excel dengan Rumus RANK.EQ

Fungsi RANK.EQ adalah menghasilkan peringkat nilai yang sama seperti rumus RANK. Hal ini dikarenakan rumus RANK.AQ adalah pengganti rumus RANK pada MS Excel 2010 ke atas. Penulisan rumusnya seperti ini.

RUMUS RANK.EQ

RANK.EQ(Angka;Referensi;[order])

Keterangan angka, referensi, dan [order] pada rumus RANK.AQ juga masih sama dengan rumus RANK, sehingga kamu bisa merujuk pada penjelasan sebelumnya.

Nah, masih dengan tabel berikut ini, kita bisa mencari tahu cara mengurutkan data di Excel menggunakan rumus RANK.EQ.

0 A31b6

Sumber foto: Kelas Excel

Baca Juga :  Vidio Animasi Stop Motion: Contoh Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0

Masukkan rumus di bawah ini pada cell D2 dan copy paste ke cell D3 sampai D11.

Rumus Excel

=RANK.EQ(C2;$C$2:$C$11;0)

Hasil membuat ranking di Excel menggunakan rumus RANK.EQ bisa kamu lihat pada gambar berikut.

2 474c0

Sumber foto: Kelas Excel

Bagaimana, rumus Excel di dunia kerja yang satu ini juga mudah, kan? Kalau kamu sudah memahami rumus RANK, maka kamu juga otomatis paham dengan rumus RANK.EQ.

Cara Menentukan Ranking di Excel dengan Rumus RANK.AVG

Fungsi rumus RANK.AVG adalah menentukan ranking pada sekelompok daftar nilai dengan menambahkan rata-rata jumlah pemilik nilai tersebut. Kamu pasti sudah tidak asing dengan cara menghitung rata-rata di Excel, kan?

Hasil membuat ranking menggunakan rumus RANK.AVG akan berbeda dengan dua rumus sebelumnya, yang memberikan ranking sama pada nilai-nilai yang sama pula. Berikut format penulisan rumusnya.

RUMUS RANK

RANK.AVG(Angka;Referensi;[order])

Masih dengan tabel di bawah ini, kita bisa mencari tahu cara menentukan ranking otomatis di Excel beserta rata-ratanya menggunakan rumus RANK.AVG.

Cara Membuat Ranking di Excel

Sumber foto: Kelas Excel

Masukkan rumus di bawah ini pada cell D2 dan copy paste ke cell D3 sampai D11.

Rumus Excel

=RANK.AVG(C2;$C$2:$C$11;0)

Hasil membuat ranking di Excel menggunakan rumus RANK.AVG bisa kamu lihat pada gambar berikut.

Cara Membuat Ranking di Excel

Sumber foto: Kelas Excel

Cara Membuat Ranking di Excel agar Tidak Ganda

Jika kamu perhatikan hasil perankingan menggunakan rumus RANK dan RANK.EQ, nilai yang sama (duplikat) akan mendapatkan ranking yang sama. Dengan demikian, tidak ada ranking 6 dan 8 pada tabel di atas.

Nah, sebenarnya ada cara membuat ranking di Excel agar tidak ganda. Kamu bisa menggunakan fungsi COUNTIF pada Excel. Sebagai contoh, coba perhatikan tabel di bawah ini.

Cara Membuat Ranking di Excel

Sumber foto: Kelas Excel

Baca Juga :  Mendampingi Anak Menonton Film Bersubtitle Indonesia Untuk Melatih Ketrampilan Membaca

Untuk membuat ranking yang unik dan tidak ganda, gunakan rumus Excel berikut pada cell G2, kemudian copy paste ke bawah.

RUMUS COUNTIF

=RANK(F2;$F$2:$F$11;0)+COUNTIF($F$2:F2;F2)-1

Kamu juga bisa menggunakan rumus di bawah ini. Tenang, hasilnya sama saja, kok.

RUMUS COUNTIF

=RANK(F2;$F$2:$F$11;0)+COUNTIF($F$1:F1;F2)

Selanjutnya, coba perhatikan tabel berikut ini.

Cara Membuat Ranking di Excel

Sumber foto: Kelas Excel

Dengan menggunakan kedua rumus di atas, maka tidak ada lagi duplikat ranking.

Namun, nilai di baris yang lebih awal akan mendapatkan ranking lebih tinggi. Sehingga terkesan bahwa siswa nomor 4 mendapatkan jumlah nilai yang lebih baik dibanding siswa nomor 7, padahal jumlah nilainya sama.

Pencarian Populer : rumus excel ranking

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.