Cara Memurnikan koloid – Materi Kimia Kelas 11

gurune.net – Cara Memurnikan koloid – Materi Kimia Kelas 11 . Halo sobat guru, kita tahu bahwa koloid merupakan jenis campuran yang sifatnya antara larutan dan suspensi. Apakah koloid dapat kita murnikan kembali? Jika bisa, bagaimanakah cara memurnikan koloid? Nah kali ini gurune akan mencoba membahas mengenai cara pemurnian koloid. Simak pembahasan berikut.

 

Apakah koloid dapat kita murnikan kembali?

Ya. Sistem koloid dapat kita murnikan. Dalam kehidupan sehari-hari, koloid dalam keadaan bercampur dengan zat lain atau belum dalam keadaan murni sehingga kita masih bisa memurnikannya.

bagaimana cara memurnikan koloid?

Terdapat 3 cara untuk , yaitu:

a. Dialisis.

Dialisis adalah teknik memurnikan koloid dengan cara melewatkan suatu pelarut pada sistem koloid melalui membran semi permeabel. Ion-ion atau molekul terlarut akan terbawa oleh pelarut, sedangkan partikel koloid tidak. Proses dialisis berfungsi untuk membuang ion penggangu dalam koloid seperti tampak pada gambar berikut :

Cara Memurnikan koloid
sumber gambar : wikipedia.org

b. Ultrafiltrasi (Penyaring Ultra)

Diameter partikel koloid lebih kecil daripada partikel suspensi sehingga koloid tidak dapat disaring menggunakan kertas saring biasa. Koloid dapat disaring dengan menggunakan kertas saring yang berpori halus. Untuk memperkecil pori, kertas saring dicelupkan ke dalam kolodian, misalnya selofan.

Proses pemurnian sistem koloid dengan menggunakan penyaring ultra termasuk lambat. Kita perlu menaikan tekanana untuk mempercepat proses ini. Pada akhir proses, partikel-partikel koloid akan tertinggal pada kertas saring. Dengan menggunakan penyaring ultra bertahap, partikel-partikel koloid dapat terpisahkan berdasarkan ukurannya

c. Elektroforesis.

Selain untuk menentukan muatan koloid dan memisahkan asap dan debu dari udara, elektroforesis juga dapat kita gunakan untuk memurnikan koloid dari partikel-partikel zat pelarut. Cara kerja pemurnian dengan cara elektroforesis adalah koloid yang bermuatan negatif akan bergerak ke arah elektrode positif, sedangkan koloid yang bermuatan positif akan bergerak ke arah e-

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bacaan Aku Sarjana Pemulung

Untuk lebih jelas, sobat guru bisa melihat gambar berikut :

sumber : nafiun.com

 

Penutup 

Demikian pembahasan mengenai cara memurnikan koloid. Semoga Bermanfaat.

 

Pencarian Populer : Pemurnian koloid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.