Cara Menghitung Umur Dengan Excel

Cara Menghitung Umur di Excel – Jika anda bermaksud menghitung umur dengan microsoft excel karna data yang kita punya banyak jika di hitung secara manuat akan sangat menyita waktu. Dengan menghitung menggunakan rumus excel mengurangi waktu yang kita buang untuk menghitung secara manual.

Lalu bagaimana cara menghitung umur atau menghitung usia dengan microsoft Excel? Untuk menghitung Umur di excel, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Sebelum itu, barangkali anda mau membaca dulu tentang sedikit perbedaan rumus dan fungsi di excel.

 

Cara Menghitung Umur Dengan Rumus Excel

Inti dari formula menghitung usia kali ini adalah mencari selisih jumlah hari antara dua tanggal yaitu tanggal saat ini yang dihasilkan dari fungsi TODAY() dan tanggal lahir seseorang. Jumlah selisih hari dari dua tanggal kemudian dibagi 365 yaitu jumlah hari dalam satu tahun untuk menghitung usia seseorang. Meskipun pada kenyataannya tahun kabisat yang muncul empat tahun sekali memiliki jumlah hari genap yaitu 366, namun jumlah hari 365 lebih umum digunakan.

Berikut ini adalah rumus atau formula untuk menghitung usia seseorang di Excel yang dapat Anda gunakan:

=(TglSekarang - TglLahir)/365

Untuk mendapatkan tanggal berjalan atau tanggal hari ini kita bisa menggunakan fungsi TODAY. Sehingga rumus excelnya menjadi:

=(TODAY() - TglLahir)/365

Seperti pada contoh diatas rumus tanggal lahir ini akan menghasilkan angka desimal. Untuk membulatkan atau mengurangai jumlah angka desimal dibelakang koma tersebut bisa anda gunakan fitur Decrease decimal yang ada di menu Home–Number.

Jika menghendaki angka bulat atau tanpa desimal, maka gunakanlah Fungsi INT pada excel, sehingga rumusnya menjadi:

=INT((TODAY() - TglLahir)/365)

Apabila menghendaki hasil akhir ditambah dengan teks “Tahun” maka anda bisa menggunakan operator excel “&” untuk ditambahkan pada umur dalam satuan tahun tersebut. Jika digabung rumus excelnya menjadi:

=INT((TODAY() - TglLahir)/365)&" Tahun"

Cara menghitung umur diatas ternyata masih menyisakan masalah sebab tidak semua tahun umurnya 365 hari, Kita tahu umur tahun kabisat adalah 366. Untuk itu mari kita coba cara lain.

Cara Menghitung Umur Dengan Fungsi “YEARFRAC” Excel

Pada rumus excel, Fungsi YEARFRAC menghasilkan bilangan atau angka desimal yang menunjukkan periode tahun dari selisih dua tanggal.

Sintaksis atau cara menggunakan YEARFRAC untuk menghitung umur di excel adalah sebagai berikut:

=YEARFRAC(TglLahir; TglSekarang;1)

Argumen 1 pada fungsi YEARFRAC diatas berarti bahwa perhitungan tahun didasarkan pada jumlah aktual pada setiap bulan diantara dua tanggal tersebut. Berikut contoh penerapannya untuk menghitung umur.

Selain menggunakan fungsi INT anda juga bisa menggunakan fungsi pembulatan semisal fungsi ROUNDDOWN untuk meghilangkan angka desimal yang dihasilkan oleh fungsi atau rumus YEARFRAC diatas.

Rumus-rumus excel diatas hanya menghasilkan angka tahun saja. untuk mendapatkan umur dalam satuan bulan dan hari maka gunakan cara berikutnya ini.

Berikut Beberapa Rumus menghitung Umur selanjutnya

Rumus Deskripsi
=(YEAR(NOW())-YEAR(A2)) Hasilnya adalah usia orang—perbedaan antara hari ini dan tanggal lahir di A2.

Contoh ini menggunakan fungsi YEAR dan NOW.

Jika sel ini tidak menampilkan angka, pastikan sel diformat sebagai angka atau Umum. Pelajari cara memformat sel sebagai angka atau tanggal.

=YEAR(NOW())-1960 Usia seseorang yang lahir pada tahun 1960, tanpa menggunakan referensi sel.

Jika sel ini tidak ditampilkan sebagai angka, pastikan sel diformat sebagai angka atau Umum. Pelajari cara memformat sel sebagai angka atau tanggal.

 

=YEARFRAC(A3,A5) Menghitung usia pecahan tahun antara tanggal di A5 dan A3.
=(A5-A6)/365.25 Menghitung usia antara tanggal di A5 dan A6, yaitu 12,08.

Untuk akun untuk tahun kabisat yang muncul setiap 4 tahun, 365,25 digunakan dalam rumus.

=(“10/2/2014”-“5/2/2014”) Menghitung jumlah hari di antara dua tanggal tanpa menggunakan referensi sel, yaitu 153.
=DAYS(TODAY(),”2/15/79″) Jumlah hari di antara dua tanggal, menggunakan fungsi dua tanggal.

Dua argumen fungsi DAYS dapat menjadi tanggal aktual, referensi sel, atau fungsi tanggal dan waktu lain,seperti fungsi TODAY.

=(YEAR(NOW())-YEAR(A3))*12+MONTH(NOW())-MONTH(A3) Jumlah bulan antara A3 dan tanggal saat ini.

Contoh ini menggunakan fungsi YEAR , fungsi NOW, dan fungsi MONTH.

Jika sel ini tidak ditampilkan sebagai angka, pastikan sel diformat sebagai angka atau Umum. Pelajari cara memformat sel sebagai angka atau tanggal.

 

=NETWORKDAYS(A3,A2,A3:A5) Jumlah semua hari kerja di antara dua tanggal di A2 dan A3, yaitu 107. Hari kerja kecuali akhir pekan dan hari libur. Argumen terakhir, A3:A5, mencantumkan hari libur yang dikurangi dari hari kerja.

Contoh ini menggunakan fungsi NETWORKDAYS.

=DAYS360(A2,A3,TRUE) Jumlah hari antara dua tanggal di A2 dan A3, yaitu 570. Ini didasarkan pada 360 hari dalam setahun (dua belas bulan dengan 30 hari per bulan) yang biasanya dalam perhitungan akuntansi.

Contoh ini menggunakan fungsi DAYS360.

=EDATE(A3,-4) Konversi ini ke format tanggal dan ini seharusnya 1/2/2014, yang merupakan empat bulan (atau -4) sebelum tanggal di A3.

Contoh ini menggunakan fungsi EDATE, yang digunakan untuk menghitung tanggal jatuh tempo uang kertas asing (devisa tunai)

Dikutip dari suport microsoft.com

Demikian rumus-rumus excel menghitung umur dengan program Microsoft Office Excel. Semoga dapat membantu jika bingung silahkan tulis di kolom komentar.

Baca Juga :  Membuat Database di Excel Menggunakan Form

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.