Cara Mengolah Sampah

Sampah merupakan masalah yang besar bagi setiap Negara karena jika sampah tidak dikelola dengan baik akan menjadi masalah yang serius. Contohnya saja jika banyak masayarakat membuang sampah sembarangan ke sungai ketika musim hujan tiba, sampah akan menghambat aliran sungai dan menyebabkan banjir. Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang peduli akan lingkungan, alangkah baiknya kita dapat memanfaatkan atau megolah sampah agar tidak membahayakan lingkungan. Mengolah sampah bisa kita lakukan dengan berbagai cara.

  1. Cara yang pertama, kita bisa mengurangi pemakaiannya. Istilah ini dikenal dengan nama reduce (mengurangi). Sebisa mungkin kita kurangi penggunaan kemasan barang. Semakin banyak kita menggunakan kemasan barang, semakin banyak sampah yang dihasilkan.
  2. Cara yang kedua, kita bisa memakai kembali. Istilah ini dikenal dengan reuse (memakai kembali). Sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai). Hal itu dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum ia menjadi sampah.
  3. Cara yang ketiga, kita bisa mendaur ulang. Istilah ini dikenal dengan recycle (mendaur ulang). Sebisa mungkin, barang-barang yang sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Tidak semua barang bisa didaur ulang, namun saat ini sudah banyak industri yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain.
  4. Cara yang keempat, kita bisa mengganti ulang. Istilah ini dikenal dengan replace (mengganti). Teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barangbarang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. Telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, misalnya ganti kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja.

Buatlah peta pikiran berdasarkan teks tadi!

cara mengolah sampah
cara mengolah sampah

Mengolah sampah termasuk kegiatan melestarikan sumber daya alam karena kita menggunakan barang-barang bekas. Perhatikanlah lingkunganmu!

Tulislah sebanyak-banyaknya kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan sampah.

  1. Membuat kertas daur ulang
  2. Membuat kerajinan dari kaleng bekas
  3. Memakai botol bekas sebagai pot bunga
  4. Membuat pupuk kompos dari sisa bahan makanan

 

 

Materi Terkait


Tinggalkan komentar