Cara Sharing Printer windows 10

[Gurune.net] Cara Sharing Printer windows 10 – Mungkin Anda pernah mendengar istilah sharing printer. Sharing printer biasanya banyak diterapkan pada warung internet (warnet) ataupun tempat yang menggunakan 1 printer untuk beberapa PC atau Laptop. Sharing printer merupakan langkah untuk menghubungkan satu printer dengan beberapa komputer dalam satu jaringan. Dengan adanya sharing printer, Anda dapat menghemat pengeluaran. Hal ini karena Anda tidak perlu menyediakan satu printer untuk setiap komputer yang ada.

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi

Sharing printer bisa Anda lakukan melalui LAN maupun Wifi. Pastikan setiap komputer yang ada harus terhubung dengan baik pada komputer yang terhubung dengan printer. Untuk mengetahui cara sharing printer lebih lengkapnya, simak langkah-langkahnya pada pembahasan berikut.

Berikut Cara Sharing Printer windows 10 Menggunakan Wiffi

1. Koneksi ke Wifi

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan koneksi wifi. Selain itu, anda juga perlu menyiapkan laptop atau komputer yang akan terhubung dengan printer. Apabila sudah lengap, maka langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut

Menghubungkan semua komputer atau laptop ke dalam akses wifi yang sama. Pastikan anda menghubungkan laptop ke akses point untuk memilih Home Network pada menu pengaturan Set Network Location.

Dengan cara tersebut, nantinya anda dapat membuat sebuah jaringan Homegroup melalui akses wifi. Langkah selanjutnya adalah mengatur komunikasi antara perangkat komputer dengan printer yang terhubung.

2. Persiapkan Printer

Selanjutnya adalah dengan mempersiapkan printer. Pastikan driver printer yang digunakan sudah terinstall di dalam komputer atau laptop. Setelah itu, pastikan juga usb printernya telah tercolok dan yang paling penting komputer anda sudah terkoneksi dengan wifi.

Baca Juga :  Cara Reset Epson L3110

3. Sharing Printer

Cara yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan memeriksa koneksi wifi pastikan anda sudah memilih Home Network pada bagian Set Network Location. Pertama klik icon wifi pada area notification, kemudian klik Open Network and Sharing Center.

Setelah itu, akan tampil jendela Network and Sharing Center. Di dalamnya akan terlihat Network Location yang digunakan pada koneksi wifi saat ini. Untuk dapat berbagi printer melalui Homegroup, anda harus berada pada Home Network.

4. Membuat Jaringan Homegroup

Dalam proses pembuatan Homegroup, anda akan diminta untuk melakukan pengaturan sharing di dalam Homegroup dan centang pada tanda printer kemudian Klik Next, tunggu sebentar hingga proses pembuatan Homegroup selesai.

Setelah pembuatan Homegroup selesai, maka anda akan memperoleh password untuk Homegroup tersebut. Pastikan anda mengingat password ini karena berguna untuk bergabung di Homegroup.

5. Pengaturan Printer pada Komputer

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengaturan printer dan memastikan printer pada computer yang telah terhubung. Cara memastikannya adalah dengan mengklik tombol start di bagian kanan taskbar. Setelah itu, pilih dan klik Device and Printers, seharusnya sudah ada penambahan printer baru yang merupakan printer yang terhubung langsung dengan komputer.

6. Coba Untuk Tes Print

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengetes untuk mencetak dokumen. Caranya adalah dengan klik kanan pada printer yang ada di Homegroup, kemudian klik Printer Properties. Selanjutnya buka dokumen yang akan dicetak, klik print.

Demikianlah informasi mengenai cara sharing printer menggunakan wifi . Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Pencarian Populer : cara share printer di windows 10 paling lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.