Chipset Smartphone Terbaik Tahun 2021

Chipset Smartphone Terbaik Tahun 2021. Kalian mungkin pernah mendengar komponen komputer yang bernama motherboard, bukan? Komponen utama ini terdiri dari sebuah prosesor, RAM, VGA Card, dan lainnya.

Smartphone memiliki cara kerja yang mirip dengan komputer. Namun, karena ukuran ponsel yang kecil, tidak ada banyak ruang untuk memasukkan komponen besar seperti motherboard.

Untuk mengatasi hal tersebut, diciptakanlah System on Chip (SoC), atau yang kita kenal juga dengan nama chipset.

Chipset merupakan sebuah chip yang terbuat dari silikon dan di dalamnya terdapat segala komponen utama ponsel. Bisa dibilang, chipset adalah motherboard versi mini yang hemat tempat dan daya untuk dimasukkan ke dalam smartphone.

Dalam sebuah chipset terdapat CPU, grafis GPU, RAM, Image ProcessorDigital Signal Processor (DSP), dan beberapa komponen lainnya. Keempat komponen penting itulah yang berperan dalam kinerja smartphone, seperti pemrosesan data, grafis, kamera, dan lain sebagainya.

Chipset Terbaik untuk Game Tahun 2021

 

1. Apple A15 Bionic

Chipset Terbaik untuk Tahun 2021 Apple A15 Bionic Processor - Benchmarks and Specs - NotebookCheck.net Tech

Merupakan chipset yang akan digunakan oleh seri iPhone 13, Apple A15 Bionic mampu memberikan kinerja yang lebih cepat dengan efisiensi daya yang lebih baik.

Dalam chipset ini terdapat 6 inti CPU yang terdiri dari 2 inti berkinerja tinggi dan 4 inti berefisiensi yang lebih baik. Dengan kombinasi tersebut, Apple A15 Bionic dapat bekerja 50% lebih cepat dan 40% lebih baik.

Baca Juga :  Antara Bahasa di Whatsapp dan Unggah - Ungguh Bahasa

Apple A15 Bionic akan mampu menjalankan game-game berat seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, dan Call of Duty: Mobile dengan lancar dan mulus, menjadikannya salah satu chipset terbaik untuk game di tahun 2021.

 

2. Apple A14 Bionic

Apple A14 Bionic, características, especificaciones y rendimiento

Sebelum Apple A15 Bionic diluncurkan, gelar chipset terbaik untuk game bisa dikatakan dipegang oleh Apple A14 Bionic milik iPhone 12. Chipset Apple ini senantiasa ada di urutan pertama dalam daftar chipset dengan performa terbaik.

Performanya yang luar biasa adalah berkat enam prosesor inti, yaitu dua inti untuk memaksimalkan performa, yaitu Firestorm, dan empat inti untuk pengoptimalan penggunaan daya, yaitu Icestorm.

Ditambah lagi, A14 Bionic juga menggunakan custom graphic processor yang 30% lebih cepat dari chipset Apple lainnya.

 

3. Qualcomm Snapdragon 888 

Qualcomm Siapkan Chipset Andalan Terbaru, Snapdragon 888 Pro - Teknologi Bisnis.com

Selanjutnya, ada Qualcomm Snapdragon 888 yang juga masuk dalam jajaran chipset terbaik untuk game di tahun 2021. Pasalnya, chipset ini memang didesain untuk memberikan pengalaman gaming terbaik bagi para gamer!

Snapdragon 888 hadir dengan dua fitur baru, yaitu Game Quick Touch dan Variable Rate Shading.

Kedua fitur ini membuat ponsel lebih responsif terhadap sentuhan dan mampu mengolah grafis dengan lebih optimal, yaitu menentukan mana grafis yang perlu dipertajam dan mana yang tak memerlukan terlalu banyak detail.

 

4. Samsung Exynos 2100

Samsung Exynos 2100 chipset terbaik untuk game
Sumber: infokomputer.grid.id

Exynos 2100 merupakan chipset buatan Samsung yang digunakan dalam seri Galaxy S21. Selain itu, chipset ini juga digadang-gadang sebagai salah satu chipset terbaik untuk game.

Ini tak lain karena pembuatannya yang menggunakan proses fabrikasi EUV 5nm yang diproduksi oleh Samsung sendiri. Karenanya, Exynos 2100 dapat mengoperasikan game-game berat dengan setting dan frame-rate tertinggi.

Tak lupa, Exynos 2100 juga hadir dengan dukungan prosesor gambar dengan resolusi hingga 200MP.

Baca Juga :  Cara Membuat Background di Excel atau Gambar Transparan

 

5. Kirin 9000

Kirin 9000

Kirin 9000 digunakan untuk seri Huawei 40 dan menawarkan performa yang efisien dan cepat.

Hal ini berkat pembuatan yang menggunakan proses fabrikasi 5nm, yang berarti performa lebih baik dan baterai lebih tahan lama. Karena itu, Kirin 9000 juga termasuk dalam jajaran chipset terbaik untuk game di tahun 2021.

 

6. Qualcomm Snapdragon 870

Qualcomm Snapdragon 870 chipset terbaik untuk game

Snapdragon 870 merupakan chipset yang digunakan untuk POCO F3, salah satu hp gaming terbaik yang jadi andalan banyak orang.

Memiliki arsitektur 7 Nm, Snapdragon 870 merupakan versi yang lebih sempurna dari Snapdragon 865 dan 865 plus, dan chipset terbaik untuk game dari Qualcomm setelah Snapdragon 888.

Prosesor ini mampu menjalankan game berat dengan setting dan FPS tinggi dalam waktu lama, serta mempunyai performa 12% lebih baik dari pendahulu-pendahulunya.

 

7. Samsung Exynos 1080

Samsung Exynos 1080
Sumber: samsung.com

Chipset besutan Samsung ini digunakan untuk vivo X60 dan X60 Pro. Namun, perlu diketahui Exynos 1080 hanya diperuntukkan untuk pasar Tiongkok, jadi tidak dijual di Indonesia.

Dibuat dengan proses EUV 5 Nm, bisa dipastikan kinerja Exynos 1080 ini lebih cepat dari pendahulunya. Tak lupa, chipset ini dibuat dengan empat core yang terdiri dari 3 klaster.

Ketiga klaster tersebut juga didesain khusus untuk meningkatkan performa, memproses grafis, dan menghemat daya. Cocok disebut chipset terbaik untuk game, bukan?

 

8. MediaTek Dimensity 1200

MediaTek Luncurkan SoC Baru Dimensity 1200 dan Dimensity 1100 - Info Komputer

Dimensity 1200 juga merupakan salah satu chipset terbaik untuk game di tahun 2021. Melalui chipset ini, kamu bisa menikmati performa yang sangat cepat berkat fabrikasi 6 Nm.

Prosesor octa-core-nya juga dibagi menjadi 3, yaitu untuk performa yang lebih cepat, super-core, dan efisiensi.

Makin lengkap, Dimensity 1200 hadir dengan UltraSave yang mampu menghemat baterai ponsel semaksimal mungkin dan HyperEngine 3.0 gaming engine dengan ray tracing yang membuat gaming jadi lebih seru dan imersif.

Baca Juga :  Cara Membuat Kartu Yu-Gi Oh! Print dengan Mudah

 

9. Qualcomm Snapdragon 865+

Qualcomm Snapdragon 865+

Snapdragon 865+ merupakan versi upgrade dari Snapdragon 865, salah satu prosesor yang kerap dipuji karena kinerjanya yang cepat.

Dengan beberapa pembaharuan, Snapdragon 865+ menjadi salah satu chipset terbaik untuk game yang bisa kamu jadikan patokan untuk ponsel gaming.

Kecepatannya lebih cepat dan pemrosesan grafisnya juga mampu memanjakan mata. Ditambah lagi konektivitas WiFi dan Bluetooth 5.2 membuatnya semakin ideal digunakan untuk hp gaming.

 

10. MediaTek Dimensity 1000+

MediaTek Dimensity 1000+

Layaknya Snapdragon 888, MediaTek Dimensity 1000+ merupakan chipset yang sudah mendukung konektivitas 5G. Tak hanya itu, terdapat beberapa fitur tambahan yang menjadikannya salah satu chipset terbaik untuk game.

Pertama, ada MediaTek HyperEngine 2.0 di dalam chipset ini yang terdiri dari 4 ‘mesin’ utama yang berperan untuk memaksimalkan kinerja ponsel, membuat ponsel makin responsif, mempertajam grafis, dan mengoptimalkan daya.

Belum berhenti sampai di situ, chipset ini juga mendukung 144Hz Full HD+ display yang bisa membuat gaming jadi lebih imersif.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.