Ciri Puberitas pada Remaja Kelas 6

Gurune.net – dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang bentuk kepedulian ramaja terhdap lingkungan. Ada banyak kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk menunjukan kepedulian terhadap lingkungan sebagai seorang remaja. Nah sob, apakah kalian tahu masa remaja itu ditandai dengan puberitas. Kali ini kita akan membahas ciri puberitas pada remaja. Yuk kita bahas materinya bersama-sama.

Ciri Puberitas pada Remaja

Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja? Kalian masih ingat berapa rentang umur masa remaja bukan? Setelah mengamati gambar diatas, Berdasarkan gambar tersebut, cobalah kalian ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki. Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.

Ciri Fisik pubertas anak laki-laki:

Ciri Fisik Pubertas Pada Anak Laki- laki

  1. Suara yang terdengar lebih berat
  2. Tumbuhnya rambut-rambut halus di beberapa bagian tubuh
  3. Tunbuhnya jakun pada leher
  4. Badan yang semakin besar dan dada lebih bidang

Sama halnya dengan anak laki-laki, anak perempuan pun juga mengalami masa puber. Pubertas pada anak perempuan umumnya terjadi lebih dahulu daripada anak laki-laki. Pubertas anak perempuan pada umumnya terjadi antara usia 10-15 tahun. Bagaimana ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dilihat dari fisiknya?

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan mengenai ciri-ciri pubertas pada anak perempuan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Ciri Fisik Pubertas pada Anak Perempuan

Ciri Fisik Pubertas Pada Anak Perempuan

  1. Rambut-rambut halus mulai tumbuh di beberapa bagian tubuh.
  2. Kulit yang semakin halus
  3. Suara yang lebih tinggi dan meengking
  4. Bagian dada yang membesar

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan kita mengenai ciri puberitas pada remaja. Selain perubahan fisik sebagai remaja kalian juga harus berkembang dalam hal pemikiran ya sob. Kalian semakin dewasa dan semakin mengerti hal-hal yang positif yang dapat kalian lakukan dalam kehidupan. Nah, agar kalian dapat lebih memahami materi, diskusikan  dan jawablah pertanyaan berikiut ini. Apakah kamu sudah memasuki masa puber? Apa yang harus kamu lakukan saat mengalami masa puber? Diskusikan bersama orang tuamu. Kemudian, tuliskan hasil diskusimu pada buku catatan. Selamat belajar

Materi Terkait


Tinggalkan komentar