Contoh Jawaban Dari Bacaan ” Hak – Hak Seorang Siswa “

gurune.net – Contoh Jawaban Dari Bacaan ” Hak – Hak Seorang Siswa “. Pada materi buku siswa kelas V SD/MI edisi revisi tahun 2017. ada sebuah bacaan tentang Hak-hak seorang siswa. yang terdapat pada halaman 35. Tepatnya pada Buku siswa kelas V SD/MI tema 6 Sub Tema 1 Pembelajaran ke 3. Dengan banyaknya permintaan akan contoh – contoh jawaban dari para wali siswa yang dijadikan sebagai acuan mendampingi anaknya belajara, para rekan – rekan guru dijadikan untuk referensi. Maka gurune tulis dalam sebuah postingan di blog ini tentang contoh jawaban dari bacaan ” Hak – hak seorang siswa.

Hak - Hak Seorang Siswa
sumber : freepik.com – Hak – Hak Seorang Siswa

Hak-Hak Seorang Siswa 

Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap anak yang menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk mengikuti pendidikan. Hal ini sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang ditandatangani pemerintah Indonesia. Setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan  yang akan membantunya menjadi warga negara yang mandiri di kemudian hari.  

Setiap anak yang belajar di sebuah lembaga pendidikan, baik formal maupun tidak formal, disebut sebagai siswa.  Setiap siswa yang belajar di sebuah sekolah mempunyai hak-hak yang sama.  

Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa adalah hak untuk: 

1. mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya; 

2. memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya; 

3. mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan; 

4. mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku; 

5. pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki; 

6. memperoleh penilaian hasil belajarnya; 

7. menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan; 

8. mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.

Sumber : buku siswa kelas V hal 35 diambil dari ( http://ditjenpp.kemenkumham.go.id )

Contoh Jawaban Dari Bacaan ” Hak – Hak Seorang Siswa ” pada ayo berdiskusi

Perhatikan daftar hak siswa di atas. Pahamilah kalimat pada setiap bagian tersebut, lalu tuliskanlah kembali dengan menggunakan kata-katamu sendiri.  Jika kamu mengalami kesulitan untuk memahami kata-kata sulit, gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk membantumu. Gunakan diagram berikut untuk membantumu!

contoh jawaban dari bacaan hak-hak seorang siswa
contoh jawaban dari bacaan hak-hak seorang siswa

Kunci jawaban dari bacaan ” Hak-hak seorang siswa ” gurune tampilkan dalam sebuah gambar. Semua contoh jawaban ada pada gambar diatas.

Hak Adalah

Adapun pertanyaan berikutnya ditulis tentang ” Hak ”

dalam pertanyaan dituliskan ” Hak Adalah ”

Jawaban : menurut wikipedia Hak Adalah segala sesuatu yang harus di dapatkan oleh setiap orang yang telah ada sejak lahir bahkan sebelum lahir.

Semoga bermanfaat.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar