Contoh Makanan Khas Nusantara

Indonesia memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda sesuai suku yang ada. Bahasa merupakan alat untuk melakukan komunikasi dan menyampaikan pesan kepada orang lain. Dalam puisi, bahasa merupakan hal yang penting digunakan untuk menyampaikan pesan secara lisan dan tulisan.

Pernahkah kamu berkunjung ke tempat wisata yang berada di daerah lain di Indonesia? Mereka tentu memiliki keunikan yang membedakan dengan daerah lainnya. Salah satu yang membedakan antara satu daerah dengan daerah lainnya adalah bahasa daerah dan makanan khasnya.

Perhatikan gambar-gambar di atas! Makanan khas daerah kini menjadi hal yang paling diburu oleh para wisatawan lokal. Makanan khas daerah tentu saja dinamai dengan bahasa daerah setempat.

Lakukan kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu!

  1. Kamu dan kelompokmu akan melanjutkan kegiatan sebelumnya tentang keragaman budaya orang-orang yang berada di sekitarmu. Sebelumnya kamu dan kelompokmu mencari tahu keragaman rumah adat yang berasal dari suku-suku yang berbeda. Kali ini, kamu akan menggali lebih dalam tentang bahasa daerah dan makanan khas mereka. Kamu akan menuangkannya dalam bentuk poster.
  2. Siapkan sebuah kertas ukuran A3. Kamu dapat juga menggunakan sebuah kertas karton dengan ukuran yang sama.
  3. Buatlah daftar makanan khas Nusantara yang sudah pernah kalian nikmati sebelumnya. Jelaskan dan cari tahu bahan-bahan yang digunakan.
  4. Buat juga daftar makanan khas Nusantara yang ingin kamu nikmati. Jelaskan berasal dari daerah mana, dan alasan mengapa kamu ingin mencobanya.
  5. Pada bagian yang lain dari postermu, siapkan satu atau dua kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia, misalnya: “Siapa namamu?” Lalu, carilah makna yang sama dalam berbagai bahasa daerah di Nusantara. Pilihlah paling banyak lima bahasa daerah.
  6. Gunakan contoh berikut ini untuk membantumu.
  7. Tuliskan semua manfaat yang kamu dapatkan dengan mempelajari bahasa daerah dan makanan khas daerah Nusantara.
  8. Jelaskan dan presentasikan hasil pekerjaan kelompokmu di depan kelas dengan percaya diri.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar