Dari Bahan Dasar Sampai ke Pasar, Kelas 3 SD

gurune.net-Kali ini akan kami share materi yang terdapat pada buku tematik kelas 3 SD tema 7 Sub Tema 2 Pembelajaran 5 yaitu membahas tentang “Dari Bahan Dasar Sampai ke Pasar”.

Udin dan teman-temannya bersyukur karena memiliki pakaian. Mereka ingin tahu siapa saja yang terlibat dalam pembuatan pakaian. Mari, kita belajar bersama mereka!

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan teliti!

Dari Bahan Dasar Sampai ke Pasar

Pakaian berasal dari bahan dasar yang berbeda. Ada yang berasal dari kapas dan serat daun. Ada yang berasal dari bulu domba dan serat sutra. Bahan dasar pakaian banyak didapat dari lingkungan sekitar.

Petani dan peternak menyediakan bahan dasar pakaian. Petani menyediakan kapas dan beberapa jenis daun. Bulu domba disediakan oleh peternak domba. Serat sutra disediakan oleh peternak ulat sutra.

Bahan dasar dikumpulkan dan dibawa ke pabrik pemintalan. Pemintal memintal bahan dasar di pabrik pemintalan. Mereka memintal bahan dasar menjadi benang. Pemintalan dilakukan dengan mesin-mesin modern.

Benang yang telah dipintal dibawa ke pabrik kain. Penenun menenun benang menjadi kain. Mereka menenun dengan mesin modern.

Kain hasil tenunan dibawa ke tukang jahit. Penjahit menjahit kain menjadi baju. Mereka menjahit berbagai jenis baju. Mereka menjahit dengan mesin yang canggih. Baju yang dihasilkan dibawa ke pasar untuk dijual.

Keberagaman pekerjaan membuat hidup menjadi lebih mudah. Kita memiliki pakaian karena bantuan petani dan peternak. Kita dapat mengenakan pakaian karena bantuan pemintal dan penenun. Kita memiliki baju karena bantuan penjahit.

Ayo Menulis

Kamu sudah membaca teks “Dari Bahan Dasar Sampai ke Pasar”. Siapa saja yang terlibat dalam pembuatan pakaian?

Lengkapi tabel berikut berdasarkan teks!

Pembuatan Pakaian

SiapaMengerjakanDi manaMenghasilkan
Petani kapasMenanam KapasKebunKapas
Peternak dombaMemelihara dombaKandangBulu domba
Peternak ulat surtaMemelihara ulat sutraKandangKepompong ulat sutra
PemintalMemintal kapasPabrik PemintalanBenang
PenenunMenenun benangPabrik kainKain
Tukang jahitMenjahit bajuTempat penjahitanBaju

Ayo Bercerita
Amati kembali tabel di atas! Apa yang akan terjadi jika tidak ada orang-orang pada tabel seperti zaman dahulu? Ceritakanlah pendapatmu di depan kelas!

Jika tidak ada petani kapas, peternak domba, peternak ulat sutera, pemintal, penenun, dan tukang jahit maka kita tidak akan dapat memakai baju seperti sekarang ini.

Ayo Berdiskusi

Amati kembali tabelmu! Berdiskusilah dengan teman di sebelahmu tentang jasa setiap pekerjaan! Sampaikan kesimpulan diskusimu kepada temanmu yang lain!

Setiap pekerjaan itu mempunyai peranannya masing-masing, saling melengkapi dan saling membantu. Oleh karena itu, kita harus menghargai dan menghormatinya, serta berterimakasih kepada mereka yang telah berjasa dalam proses pembuatan pakaian sampai bisa kita pakai seperti sekarang ini.

Ayo Menulis

Kamu sudah berdiskusi dengan temanmu. Tuliskan hasil diskusimu pada tempat tersedia!

Orang-orang yang berjasa membuat pakaian

Dalam proses pembuatan pakaian, banyak sekali orang-orang yang terlibat di dalamnya. Mulai dari petani kapas, peternak domba, peternak ulat sutera, pemintal, penenun, sampai  tukang  jahit. Semuanya memiliki peran masing-masing dan saling membutuhkan satu sama lain. Petani kapas , peternak domba, dan peternak ulat sutera menghasilkan bahan dasar untuk membuat pakaian yaitu kapas, bulu domba, dan kepompong ulat sutera. Setelah itu pemintal akan mengubah serat kapas menjadi benang. Penenun menenun benang menjadi kain dan tukang jahit akan menjahit kain menjadi sebuah baju. Kita bisa memakai baju yang dihasilkan oleh tukang jahit tersebut. Karena itulah, kita harus menjaga pakaian kita dengan baik dan mensyukurinya.

Ada banyak jenis pekerjaan di sekitarmu. Ada penjahit, pedagang, abang becak, guru, dokter, dan lain-lain. Mereka berjasa kepadamu tanpa kamu tahu. Bersyukurlah dan berbuat baiklah kepada siapapun!

Simetri Putar Bangun Datar

Masih ingatkah kamu dengan motif kain kesayangan ibu Udin? Salah satu motifnya adalah persegi.

Ikutilah langkah-langkah berikut!

1. Gambarlah persegi di atas karton dengan panjang sisi 5 cm.

2. Guntinglah gambarmu dengan rapi.

3. Jiplaklah bangun persegi yang kamu buat di buku latihanmu.

4. Tentukan titik pusatnya.

5. Letakkan karton persegimu tepat di atas gambar persegi yang kamu buat.

6. Cobalah memutar karton persegimu searah jarum jam.

7. Apakah bangun datar tersebut dapat memenuhi garis yang kamu buat dengan tepat?

8. Cobalah putar lagi sampai menempati posisi semula.

9. Berapa kali putaran persegi dapat menempati bingkainya, apabila diputar satu kali putaran penuh?

Pengertian Simetri Putar

Beberapa bangun datar memiliki simetri putar. Simetri putar adalah banyak putaran yang dapat dilakukan pada suatu bidang datar dengan ketentuan:

• hasil putaran menutupi pola yang sama dengan ketika sebelum diputar

• putaran kurang dari satu putaran

• memiliki titik pusat

Ayo Berlatih

Buatlah percobaan dengan bentuk bangun datar yang lain! Cobalah juga dengan sembarang bangun datar! Lakukan langkah-langkahnya seperti pada halaman sebelumnya! Catatlah hasil percobaanmu pada tabel berikut!

Beri tanda (v ) jika memiliki dan ( x ) jika tidak memiliki.

Simetri Putar Bangun Datar

Demikian pembahasan kita pada materi kali ini, semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Dari Bahan Dasar Sampai ke Pasar, Kelas 3 SD”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.