Download Contoh SK Penetapan RKJM

Download Contoh SK Penetapan RKJM – Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) merupakan instrumen penting yang memandu perencanaan dan pelaksanaan kegiatan dalam jangka waktu tertentu. Di Indonesia, RKJM untuk empat tahun ke depan, mulai dari tahun 2020 hingga 2024, memiliki peran strategis dalam mengarahkan upaya meningkatkan kualitas sistem pendidikan secara bertahap. Dalam upaya ini, peningkatan mutu pendidikan menjadi fokus utama guna memastikan bahwa kebutuhan dan harapan masyarakat terpenuhi.

Pentingnya mematuhi standar mutu yang ditetapkan oleh pemerintah tidak dapat disepelekan. Dengan mematuhi standar ini, setiap institusi pendidikan diharapkan mampu menyelenggarakan proses pembelajaran dan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. RKJM yang terukur dan terarah akan memungkinkan institusi pendidikan untuk menetapkan sasaran yang jelas dan mendorong pencapaian hasil yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Selain itu, RKJM juga menjadi landasan bagi pengembangan kurikulum yang responsif terhadap perkembangan zaman. Dengan mengadopsi pendekatan yang inovatif dan progresif, institusi pendidikan dapat mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan global dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan. Dengan demikian, RKJM tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, tetapi juga mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk berkompetisi di tingkat global.

Melalui penerapan RKJM yang efektif, diharapkan bahwa setiap tahunnya akan terlihat peningkatan yang signifikan dalam mutu pendidikan di Indonesia. Langkah-langkah konkret dan terencana di bawah RKJM akan menjadi landasan kuat bagi perkembangan sistem pendidikan yang berkelanjutan dan kompetitif secara global. Dengan demikian, RKJM tidak hanya menjadi instrumen perencanaan, tetapi juga menjadi kunci keberhasilan dalam memajukan pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik.

Baca Juga :  Download Contoh Dokumen Evaluasi Diri Sekolah

Contoh SK Penetapan RKJM

Contoh SK RKJM & RKT

Logo DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ………..
KOORWILCAM DINDIKBUD KECAMATAN …….
SD NEGERI 2 KURIKULUM MERDEKA
Jl. Bloggers no 14 email:

SURAT KEPUTUSAN
Nomor: ………/SD.N….. /RKJM-RKT/VII/2023

Tentang:
PEMBENTUKAN TIM PENYUSN RKJM & RKT
SD NEGERI 2 KURIKULUM MERDEKA

Memperhatikan:

Tugas Pokok Tim Penyusun RKJM sangat berat seiring dengan impelemtasi standar pendidikan nasional

Menimbang:

Tanggung jawab semua komponen pendidikan yang optimal, untuk menunjang keberhasilan pendidikan di Kota …………… khususnya SD Negeri 2 Kurikulum Merdeka

Mengingat :       

  1. UUD RI Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003
  2. PP No. 05 Tentang Standar Pendidikan
  3. KEPMENDIKNAS RI No. 162/U/2003 tentang pedoman penugasan guru sebagai Kepala Madrasah
  4. PERMENDIKNAS RI No. 22, 23, 24 tahun 2006, tentang Standar Isi, standar kelulusan dan petunjuk pelaksanaan keduanya
  5. Hasil keputusan rapat SD N 2 Kurikulum Merdeka Kota………….. tentang penyusunan tim RKJM dan RKT

Menetapkan:

Keputusan Kepala SD N 2 Kurikulum Merdeka Kota………….. tentang pembentukan tim penyusun RKJM/RKT Madrasah tahun 2017/2018

Memutuskan:   

  1. Bahwa dalam rangka meningkatkan efektifitas dan efisiensi RKJM dan RKT SD N 2 Kurikulum Merdeka Kota………….. Tahun 2017/2018 dipandang perlu ada tim penyusun RKJM da RKT
  2. Bahwa pembentukan tim RKJM & RKT terlampir dalam lampiran 1 surat ini
  3. TIM penyusun melaporkan hasil kegiatannya secara berkala kepada kepala Madrasah
  4. Apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam keputusan ini, akan dibetulkan sebagaimana mestinya.
  5. Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dan berakhir sejalan dengan tahun pelajaran 2023/2024
  Ditetapkan di  
  Tanggal  
  Kepala SD N 2 Kurikulum Merdeka Kota…………..
   

Bambang Uzumaki

  NIP. ……………………………….

Contoh Berita Acara

BERITA ACARA
RAPAT PENYUSUNAN RKJM DAN RKT
SD N 2 Kurikulum Merdeka KOTA…………..
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Pada hari ………………….. tanggal …………………… tahun ………. bertempat di  SD N 2 Kurikulum Merdeka Kota………….., Bersama-sama telah melaksnakan rapat penyusunan RKJM dan RKT SD N 2 Kurikulum Merdeka Kota………….. Tahun Pelajaran 2023/2024 yang diikuti oleh kepala Madrasah, Komite, dan guru. Rapat ini berjalan dengan lanar, aman, dan tertib sehingga sekolah dapat mendokumentasikan RKS sesuai  dengan prinsip dan  mekanisme yang telah di tetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan.

 Demikian Berita Acara Rapat RKJM & RKST ini dibuat untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

  Kota A, …………………….2023

Kepala SD N 2 Kurikulum Merdeka

   

 

Bambang Uzumaki

  NIP. ……………………………….

Daftar Hadir

DAFTAR HADIR
TIM PENYUSUN RKJM & RKT

NO NAMA UNSUR JABATAN TTD
1   Kepala Sekolah Penanggung Jawab
2   Guru Ketua
3   Guru Sekretaris
5   Komite Sekolah Anggota
6   PKM Kesiswaan Anggota
7     Anggota
8     Anggota
9     Anggota
10     Anggota
11     Anggota
12     Anggota
13     Anggota
14     Anggota
15     Anggota
16     Anggota
17     Anggota

Notulen Rapat Penyusunan RKJM & RKT

Notulen Rapat Penyusunan RKJM & RKT

Susunan Acara:
Pembawa Acara:
Hari & Tanggal:
Tempat:
Materi:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Download Contoh SK Penetapan RKJM

Agar memudahkan Bapak/Ibu guru dalam membuat SK Penetapan RKJM, Kami sudah menyiapkan file dokumen Microsoft Word yang bisa diedit dan disesuaikan sesuai dengan Kondisi pada masing-masing sekolah melalui tautan yang ada di bawah ini

Download Contoh SK Penetapan RKJM –  DOWNLOAD DISINI

Penutup

Dengan komitmen yang kuat terhadap implementasi Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) yang terarah, sistem pendidikan Indonesia diharapkan dapat terus bertransformasi secara menyeluruh. Keberhasilan RKJM dalam meningkatkan mutu pendidikan akan memperkuat posisi Indonesia dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat. Dengan adopsi kebijakan progresif dan strategi inovatif, Indonesia dapat memastikan bahwa generasi mendatang dilengkapi dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan untuk menghadapi tantangan masa depan.

Tidak hanya itu, kolaborasi yang erat antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat menjadi kunci kesuksesan implementasi RKJM. Partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan akan memberikan dorongan yang kuat untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Dengan adanya keterlibatan yang luas, RKJM akan mampu menjangkau lebih banyak pihak dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi pengembangan pendidikan di Indonesia.

Terakhir, kesinambungan dan konsistensi dalam pelaksanaan RKJM akan menjadi faktor penentu penting bagi pencapaian tujuan jangka panjang. Melalui evaluasi rutin dan penyesuaian yang tepat, RKJM dapat terus disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat secara real-time. Dengan demikian, Indonesia dapat melangkah maju sebagai negara yang berkomitmen untuk menghadirkan sistem pendidikan yang berkualitas, merata, dan relevan bagi semua lapisan masyarakat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.