Fungsi Tes Psikologi sebagai Salah Satu Tahapan dalam Seleksi Pekerjaan

Fungsi Tes Psikologi sebagai Salah Satu Tahapan dalam Seleksi Pekerjaan

Gurune.net – Halo sobat gurune , Salah satu tahapan dalam seleksi pekerjaan adalah tes psikologi yang sangat sering dilakukan oleh beberapa perusahaan baik perusahaan besar maupun perusaan pemula .

Taukah sobat gurune, tes psikologi adalah serangkaian pertanyaan visual atau verbal atau tes tertulis yang dilakukan oleh seorang profesional (psikolog) berdasarkan kebutuhan klien (individu atau organisasi). Pada tes ini memungkinkan perusahaan untuk menentukan kriteria atau tolak ukur dan layanan yang perlu mereka terapkan saat merekrut karyawan sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal Ini bertujuan untuk menilai fungsi pengetahuan dan emosional seseorang dan menyampaikan profil kepribadian yang komprehensif, terutama di dunia kerja nanti.

Fungsi Tes Psikologi sebagai Salah Satu Tahapan dalam Seleksi Pekerjaan

Ada beberapa fungsi tes psikologi yang sering digunakan beberapa perusahaan sebagai salah satu tahapan dalam seleksi pekerjaan diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang. Sikap, kepribadian, dan minat yang mungkin tidak terlihat dengan mata terbuka. Hasil dari psikotes yang dilakukan perusahaan kepada calon karyawan sangat berperan besar dalam menentukan apakah karyawan tersebut patut untuk dipekerjakan oleh perusahaan atau tidak.
  2. Memberikan gambaran mengenai penyebab, karakteristik, gejala, maupun tanda-tanda apakah calon tersebut layak dan patut untuk diterima bekerja pada perusahaan atau tidak.

Sudut pandang psikologis ini juga dapat digunakan oleh pebisnis untu k mengetahui motivasi kerja, bakat, keadaan emosional, hubungan dengan orang lain, sikap dan solusi untuk masalah dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat mengerjakan tes psikologi, tidak ada istilah benar atau salah. Hanya saja apakah calon karyawan tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau pekerjaan dan posisi yang dilamarnya. Menurut sebagian orang, tes psikologi sering dianggap sebagai “faktor penyebab ketidakpastian” dan menunjukkan potensi logis seseorang. Kemampuan akademik tidak menjamin seseorang bisa lulus tes psikolog.

Baca Juga :  Bentuk Bentuk Soal Psikotes

Hal ini disebabkan pada umumnya Fungsi Tes Psikologi sebagai Salah Satu Tahapan dalam Seleksi Pekerjaan bertujuan untuk mengukur tidak hanya kemampuan akademik tetapi juga aspek psikologis. Tentu saja, sifat, karakteristik, dan kemampuan akademis manusia berbeda. Bahkan mereka yang baru saja menyelesaikan pendidikan dari universitas bergengsi dapat gagal dalam tes psikologi ini. Jadi pastikan kamu mempelajari dan memahami contoh contoh soal psikotes dengan baik sebelum akhirnya melamar pada posisi yang diinginkan. Ini akan sangat penting dan akan lebih mungkin untuk diterima oleh perusahaan yang sesuai dengan keinginanmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.