Jawaban bacaan hubungan serangga dan bunga halaman 19-21

Jawaban Bacaan Hubungan antara Serangga dan Bunga Halaman 19-21 IPAS Kelas 4 Kurikulum Merdeka

gurune.net – Jawaban Bacaan Hubungan antara Serangga dan Bunga Halaman 19-21 IPAS Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas jawaban dari pertanyaan bacaan ‘Hubungan antara Serangga dan Bunga’. Bacaan ini bisa sobat guru temukan di buku IPAS Kelas 4 Halaman 19 kurikulum merdeka.

Buku IPAS Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Sebelum membaca jawaban berikut, alangkah lebih baik jika sobat guru mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu. Kemudian cocokan jawaban yang sudah sobat guru tulis dengan jawaban dari gurune.

Hubungan antara Serangga dan Bunga

hubungan antara serangga dan bunga

Pernahkah kalian melihat lebah yang terbang di sekitar bunga? Serangga ini senang sekali dengan bunga. Bagaimana tidak? Bunga adalah sumber makanannya.

Serangga ini senang sekali dengan nektar atau sari bunga. Warna bunga yang cerah dan aromanya yang harum memikat para serangga untuk hinggap di bunga.

Lebah dan serangga lainnya kemudian asyik menikmati sari bunga yang lezat. Ketika itu, serbuk sari akan menempel pada tubuh serangga. Ada yang menempel di ekornya, di sayapnya, atau di sekitar mulutnya. Setelah selesai menikmati nektar di bunga ini, lebah dan serangga akan terbang ke bunga yang lain.

Saat serangga menikmati nektar di bunga yang baru, benang sari yang ada di tubuhnya akan jatuh ke putik bunga. Lalu, terjadilah yang namanya penyerbukan. Penyerbukan adalah ketika benang sari menempel di kepala putik. Ini adalah cara perkembangbiakan tumbuhan berbunga.

Baca Juga :  Percobaan Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Apa yang terjadi setelah proses penyerbukan? Dalam putik akan tumbuh yang namanya biji. Biji inilah yang nanti bisa dipakai tanaman untuk memperbanyak jenisnya. Walaupun tanaman tidak punya kaki untuk berpindah tempat, namun ada serangga dan hewan-hewan yang membantu tumbuhan berkembang biak.

Nah sobat guru, Setelah membaca cerita berjudul ‘Hubungan antara Serangga dan Bunga’ silahkan jawablah pertanyaan-pertanyaan ini!

Jawaban Pertanyaan Bacaan Hubungan antara Serangga dan Bunga

a. Mengapa serangga senang hinggap di bunga?

Jawaban : serangga senang hinggap di bunga karena bunga adalah sumber makanannya

b. Apa itu proses penyerbukan?

Jawaban : Proses penyerbukan adalah cara perkembangbiakan tumbuhan berbunga. Penyerbukan terjadi ketika benang sari menempel di kepala putik

c. Bagaimana cara serangga membantu proses penyerbukan?

Jawaban : Lebah dan serangga menikmati sari bunga. Ketika itu, serbuk sari akan menempel pada tubuh serangga. Setelah selesai menikmati nektar di bunga ini, lebah dan serangga akan terbang ke bunga yang lain.

Saat serangga menikmati nektar di bunga yang baru, benang sari yang ada di tubuhnya akan jatuh ke putik bunga. Lalu, terjadilah penyerbukan

d. Apa yang terjadi pada bunga setelah proses penyerbukan?

Jawaban : Dalam putik akan tumbuh yang namanya biji. Biji inilah yang nanti bisa dipakai tanaman untuk memperbanyak jenisnya

 

Penutup

Nah sobat guru, demikian jawaban dari pertanyaan pada bacaan ‘Hubungan antara Serangga dan Bunga’ yang ada pada buku IPAS kelas 4. Semoga Bermanfaat.

Disclaimer:
1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.
2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.