Jawaban dari Bacaan Bung Tomo

Bung Tomo

Bung Tomo
Bung Tomo

Sutomo, yang lebih dikenal dengan sapaan akrab Bung Tomo, adalah seorang pahlawan. Beliau terkenal karena perannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk menantang kembalinya penjajah Belanda yang membonceng tentara NICA. Perlawanan itu diakhiri dengan Pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Bung Tomo adalah tokoh populer pada peristiwa Pertempuran 10 November di Surabaya. Beliau merupakan pembakar semangat juang rakyat untuk bertempur sampai titik darah penghabisan.

Beliau berjuang mempertahankan harga diri, tanah air, dan bangsa yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Hari Pahlawan ditetapkan untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia. Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Ayo Beriskusi!

Tulislah sikap-sikap Bung Tomo!

Bung Tomo membangkitkan semangat rakyat untuk melawan Belanda

Apakah sikap-sikap Bung Tomo mencerminkan nilai-nilai Pancasila?

Sikap-sikap Bung Tomo mencerminkan nilai sila ketiga Pancasila. Bung Tomo mempertahankan harga diri, tanah air, dan bangsa yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945

Apa yang bisa kamu contoh dari Bung Tomo?

Sikap yang bias dicontoh dari Bung Tomo adalah semangat untuk mempertahankan kemerdekaan

Ayo Menulis!

Ceritakan pengalamanmu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila!

Dalam memutuskan suatu masalah dapat diselesaikan dengan cara musyawarah. Dalam musyawarah dikemukakan beberapa pendapat dari anggota, solusi apa yang paling tepat untuk menyelesaikan suatu masalah. Pendapat dari semua anggota kemudian ditmpung dan dipilih secara besama solusi apa yang paling tepat untuk mengatasi masalah yang terjadi

Gigih mempertahankan kemerdekaan. Itulah sikap dari Bung Tomo, sikap itu harus kita contoh. Kamu juga harus gigih dalam belajar.

 

Materi Terkait


Tinggalkan komentar