Jawaban dari Bacaan Mahapatih Gajah Mada

Pada akhir masa Kerajaan Hindu-Buddha, muncullah tokoh-tokoh yang membawa kejayaan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara. Siapakah mereka? Mari, kita cari tahu!

Gajah Mada
Gajah Mada

 

Berdasarkan cerita sesuai urutan arah panah pada halaman sebelumnya, tuliskan kembali dengan singkat mengenai Gajah Mada!

Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman Kerajaan Majapahit. Gajah Mada memiliki kecakapan, mempunyai keahlian bela diri yang sangat hebat, dan berilmu tinggi. Atas kecakapannya pada tahun 1319, ia diangkat sebagai Ptih Kahuripan, dan pada tahun 1329 diangkat sebagai Patih Kediri. Gajah mada akhirnya diangkat sebagai Patih majapahit pada tahun 1334, setelah berhasil menakukkan keta dan Sadang. Pada tahun 1335, Gajah Mada mengucapkan Sumpah palapa, yaitu janji bahwa ia tidak akan memakan buah palapa, sejanis rempah-rempah bila belum berhasil menguasai pulau-pulau di Nusantara. Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayamwuruk (1350-1389).

 

Bersama teman satu kelompok, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut. Tulis jawabanmu pada kertas lain.

  1. Apa tujuan Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa?

Tujuan Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa adalah untuk menyatukan Nusantara

  1. Apa yang diperjuangkan Gajah Mada?

Yang diperjuangkan Gajah Mada adalah mempersatukan nusantara dibawah kekuasaan Kerajaan Majapahit

  1. Apakah perjuangan Gajah Mada mempunyai pengaruh pada kehidupan bangsa Indonesia saat ini? Jelaskan jawabanmu dan berikan contoh!

Perjuangan Gajah Mada sangat memiliki pegaruh bagi bangsa Indonesia. Semangat yang dimiliki Gajah Mada untuk mempersatukan nusantara menjadi contoh dan semangat bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

  1. Hal baik apa yang dapat kamu contoh dari sikap Gajah Mada?

Hal baik yang dapat dicontoh dari sikap Gajah Mada adalah sikap pantang menyerah dan menepati janjinya untuk menyatukan nusantara

  1. Apakah Gajah Mada bisa disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Majapahit? Jelaskan!

Gajah Mada adalah pahlawan bagi rakyatnya karena Gajah Mada berjuang dengan berani dan pantang menyerah sehinga rakyat hidup dengan aman dan sejahtera

Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok lain!

Perjuangan Gajah Mada sampai saat ini tetap dikenang. Hal ini dibuktikan dengan digunakannya nama Gajah Mada sebagai nama jalan utama sejumlah kota di Indonesia. Kebesaran nama dan kejayaan Majapahit pun dapat pula dilihat dari peninggalannya berupa candi. Untuk mengetahui cerita tentang candi peninggalan Kerajaan Majapahit lebih lanjut, baca informasi di bawah.

 

Ayo Membaca!

Kompleks Candi Penataran

indonesiaituindah.net/candi-penataran-di-blitar-wisata-budaya-yang-mempesona.

Kemegahan dan kebesaran kompleks candi Penataran membuktikan perjuangan dan peranan para tokoh pada masa Kerajaan Majapahit. Candi Penataran dibangun pada masa Kerajaan Kediri dan dipergunakan pada masa Kerajaan Majapahit.

Di dalam kompleks candi, terdapat arca, bangunan yang disebut Bale Agung, prasasti (batu tulis) dan beberapa candi. Candi-candi itu di antaranya candi Naga yang berukuran lebar 4,83 meter, panjang 6,57 meter, dan tinggi 4,70 meter. Selain itu, terdapat candi yang dianggap paling suci, yaitu candi Induk. Candi Induk terdiri atas tiga teras bersusun dengan tinggi seluruhnya 7,19 meter.

 

Tulis pendapatmu tentang candi Panataran!

Candi Panataran membuktikan  perjuangan tokoh masa Kerajaan Majapahit. Dalam candi tersebut terdapat arca dan prasasti. Candi Panataran sangat indah dan harus dijaga kelestariannya.

Gajah Mada adalah tokoh yang memiliki jiwa kepahlawanan yang luar biasa. Tokoh yang pantang menyerah dan tak pernah gentar.

 

Materi Terkait


Tinggalkan komentar