Jawaban dari Bacaan Sultan Iskandar Muda

Sultan Iskandar Muda

Sultan Iskandar Muda
Sultan Iskandar Muda

Sultan Iskandar Muda adalah sultan yang memimpin Kesultanan Aceh. Beliau berani melawan penjajah yang ingin menguasai perdagangan di Nusantara. Sultan Iskandar Muda membangun militer yang kuat sehingga wilayah kekuasaannya makin luas.

Sultan Iskandar Muda lahir di Bandar Aceh Darussalam, Kesultanan Aceh, 1590 atau 1593 – wafat di Bandar Aceh Darussalam, Kesultanan Aceh, 27 Desember 1636) merupakan sultan yang paling besar dalam masa Kesultanan Aceh, yang berkuasa dari tahun 1607 sampai 1636. Aceh mencapai kejayaannya pada masa kepemimpinan Iskandar Muda, di mana daerah kekuasaannya yang semakin besar dan reputasi internasional sebagai pusat dari perdagangan dan pembelajaran tentang Islam.

Ketika Iskandar Muda mulai berkuasa pada tahun 1607, ia segera melakukan ekspedisi angkatan laut yang menyebabkan ia mendapatkan kontrol yang efektif di daerah barat laut Indonesia. Pelayaran penaklukannya dilancarkan sampai jauh ke Penang, di pantai timur Semenanjung Melayu, dan pedagang asing dipaksa untuk tunduk kepadanya. Kerajaannya kaya raya, dan menjadi pusat ilmu pengetahuan.

Sultan Iskandar Muda, mengabdikan seluruh hidupnya bagi negara dan kebesaran bangsa. Beliau sangat peduli terhadap kesejahteraan rakyat Aceh.

Bagaimana seluruh rakyat di Aceh menikmati kesejahteraan yang berkeadilan dan meraih kemerdekan di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia?

Sultan Iskandar Muda adalah salah satu pahlawan nasional yang mencurahkan hidupnya demi kemerdekaan rakyatnya.

 

Ayo Bernyanyi!

Ayo, Menyanyikan lagu Hari Merdeka!

Setelah kamu berlatih menyanyikan notasi dan lirik lagu Hari Merdeka, sekarang saatnya kamu menampilkan lagu tersebut di depan kelas secara berkelompok. Sebelum kamu tampil, perhatikan arahan dari guru tentang kriteria menyanyikan lagu dengan baik.

Ajukan pertanyaan kepada guru jika ada hal-hal yang belum kamu pahami!

Ketika kelompok lain tampil, kamu dapat membuat catatan atas penampilan mereka dari berbagai aspek, misalnya tinggi rendah nada, tempo, kekompakan, dan ekspresi.

 

Materi Terkait


Tinggalkan komentar