Jawaban IPA Kelas 7 Aktivitas 5.1 Halaman 137

Gurune.net – Jawaban IPA Kelas 7 Aktivitas 5.1 Halaman 137. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel kali ini akan membahas Jawaban IPA Kelas 7 Aktivitas 5.1 Halaman 137.

Aktivitas 5.1 Halaman 137 ini merupakan kegiatan mengamati pada Bab 5 Klasifikasi Makhluk Hidup.

Sobat gurune dapat menemukan soal mengamati Aktivitas 5.1 yaitu Menanam Biji Tumbuhan pada halaman 137.

Jawaban IPA Kelas 7 SMP Aktivitas 5.1 Halaman 137

 

Ayo Amati Aktivitas 5.1

Menanam Biji Tumbuhan

Tanamlah masing-masing tiga biji kacang ke dalam dua buah pot yang berisi tanah. Pot A simpan di tempat terang dan pot B simpan di tempat gelap. Berilah air secukupnya. Amati pertumbuhan kacang tersebut, catat data pertambahan tinggi tanaman dari kedua kacang selama 10 hari. Lakukanlah langkah yang sama untuk jenis biji tumbuhan lainnya

 

Jawablah pertanyaan berikut

1. Apa variabel bebas dan terikat dari percobaan ini?

Jawaban:

Variabel bebas adalah air, pupuk, cahaya, keasaman, kadar garam.

Variabel terikat adalah pertumbuhan kacang/ tinggi tanaman kacang.

 

2. Apa hipotesis yang dapat dibuat dari percobaan ini?

Jawaban:

Hipotesis percobaan ini adalah lingkungan abiotik (air, pupuk, cahaya, keasaman, kadar garam) diduga berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kacang.

 

3. Buatlah grafik pertumbuhan kacang di tempat gelap dan terang selama 10 hari.

Jawaban:

Disesuaikan dengan hasil pengamatan siswa. Grafik yang dibuat harus tepat dimana sumbu x adalah variabel bebas dan sumbu y adalah variabel terikat.

 

4. Apakah sama pertumbuhan di tempat gelap dan terang?

Jawaban:

Pertumbuhan tanaman di tempat gelap berbeda dengan pertumbuhan tanaman di tempat terang, yaitu tanaman yang berada di tempat gelap pertumbuhannya akan lebih cepat dan batangnya akan lebih panjang dibandingkan tanaman yang berada di tempat terang. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh hormon auksin.

Cahaya dapat menghambat pertumbuhan tanaman karena cahaya dapat merusak hormon auksin yang terdapat pada ujung batang. Hormon auksin adalah hormon pertumbuhan yang diproduksi secara alami oleh tanaman. Apabila ujung tanaman terkena cahaya maka auksinnya akan terurai atau rusak dan menyebabkan pertumbuhan akan terhambat. Sedangkan pada sisi yang tidak terkena cahaya, auksinnya masih banyak, dan pertumbuhan dapat terjadi dengan cepat.

 

Baca Juga :  Jawaban IPA Kelas 7 Aktivitas 7.7 Halaman 215

5. Apakah sama pertumbuhan berbagai jenis tumbuhan?

Jawaban:

Tidak, karena pertumbuhan tumbuhan dipengaruhi berbagai faktor, diantaranya jenis tumbuhan, jenis bibit jenis tanah, jenis perlakuan.

 

6. Apa ciri-ciri makhluk hidup yang dapat kamu amati dari percobaan ini?

Jawaban:

Ciri-ciri Makhluk Hidup Tumbuhan yang dapat diamati

a. Bergerak

Bergerak yang dimaksud pada ciri-ciri tumbuhan adalah bukan berarti berpindah-pindah tempat, atau melakukan mobilitas. Gerak yang terjadi pada tumbuhan pun hanya terjadi pada beberapa bagiannya saja, yaitu terbatas. Contohnya seperti gerak pada bunga dari kuncup menjadi mekar, ketika tumbuhan bergerak mencari air atau sinar matahari. Ada beberapa jenis gerak pada tumbuhan, yaitu Gerakan taksis, Gerak nasti, dan Gerakan tropisme. Gerakan-gerakan tersebut terjadi karena adanya reaksi hormone pada tumbuhan, contohnya seperti hormone auksin.

b. Tumbuh dan Berkembang

Setiap makhluk hidup pasti mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan pada tumbuhan tidak terbatas. Selama tumbuhan masih hidup, maka pertumbuhan dan perkembangan akan terus terjadi.

c. Bereproduksi atau Berkembang Biak

Proses yang terjadi pada tumbuhan dapat berlangsung secara vegetatif (tidak kawin) dan generatif (kawin). Contoh secara vegetatif adalah melalui tunas, umbi, geragih, akar tinggal, spora, atau membelah diri. Sedangkan contoh secara generatif melalui proses penyerbukan.

 

Demikianlah pembahasan soal yang disajikan tentang Jawaban IPA Kelas 7 Aktivitas 5.1 Halaman 137. Kunci jawaban ini dapat kalian jadikan referensi dalam mengerjakan kegiatan mengamati di Aktivitas 5.1 Menanam Biji Tumbuhan Halaman 137 tetapi tidak mutlak kebenarannya ya.

Semoga bermanfaat.

 

Disclaimer:

• Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban dan pembahasan dari sumber lain.

• Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

• Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.