Jawaban IPA Halaman 26 Kelas 7 kurikulum merdeka

Besaran Pokok dan Satuan Baku – Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 26 Kurikulum Merdeka

gurune.net – Besaran Pokok dan Satuan Baku – Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 26 Kurikulum Merdeka. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas tentang besaran pokok dan satuan baku. Selain itu gurune akan membahas latihan soal mengenai satuan beserta jawabannya. Pertanyaan satuan pokok dan konversi satuan ini bisa sobat guru temukan pada buku kurikulum merdeka pelajaran IPA Halaman 26.

Sebelum membaca jawaban berikut, alangkah lebih baik jika sobat guru mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu. Kemudian cocokan jawaban yang sudah sobat guru tulis dengan jawaban dari gurune.

Besaran pokok dan besaran turunan

Besaran Pokok adalah besaran yang menjadi dasar untuk menetapkan besaran lainnya. Terdapat tujuh besaran pokok dengan satuannya yang telah ditetapkan oleh para ilmuwan secara standar internasional (SI). Tujuh besaran pokok tersebut adalah :

besaran pokok smp kelas 7

Sementara itu, Besaran Turunan adalah besaran yang terbentuk berdasarkan beberapa besaran pokok. Satuannya pun merupakan turunan dari beberapa satuan besaran pokok.

Misal, untuk menentukan kecepatan suatu benda yang bergerak, kita perlu mengukur panjang lintasan dan waktu yang diperlukan untuk menempuh lintasan tersebut. Kecepatan bisa kita hitung dengan membagi panjang lintasan dengan waktu tempuh. Sedangkan panjang dan waktu merupakan besaran pokok. Sehingga keceoatan merupakan besaran turunan karena merupakan turunan dari besaran pokok waktu dan panjang.

Beberapa contoh besaran turunan yang lainnya adalah :

contoh besaran turunan smp kelas 7

Satuan

Dalam melakukan pengukuran, kita perlu untuk menetapkan suatu pembanding dalam pengukuran. Pembanding ini harus tetap, tidak berubah-ubah dan dapat digunakan secara umum di mana saja. Inilah yang disebut sebagai satuan baku atau satuan internasional.

Baca Juga :  Keragaman Kesenian Daerah di Indonesia

Namun, ada beragam satuan yang bisa kita gunakan dalam hidup kita sehari-hari. Misalnya untuk mengukur panjang atau jarak, kita bisa menggunakan satuan meter atau kilometer. Bahkan di beberapa negara, orang lazim menggunakan satuan inchi atau feet untuk satuan panjang.

Contoh lain adalah satuan waktu. Untuk menyatakan waktu kita bisa menggunakan satuan jam, menit, detik, hari, bulan, tahun, dan lainnya. Satuan-satuan lain yang kita gunakan selain satuan baku/ satuan internasional adalah satuan tidak baku.

Konversi satuan

Beberapa contoh cara mengkonversi satuan yang perlu sobat guru ketahui diantaranya adalah mengonversi satuan panjang, massa, dan waktu . Simak gambar berikut :

a) Mengoversi satuan panjang

konversi satuan panjang

b) Mengonversi satuan massa

konversi satuan berat

c) Mengonversi satuan waktu

satuan waktu

Nah untuk melatih sobat guru dalam mengonversi satuan , yuk kita coba konversikan satuan berikut .

Jawaban Uji Kemampuan IPA Kelas 7 Halaman 21

Konversilah satuan-satuan di bawah ini ke dalam satuan bakunya.

1) 2,4 km
2) 3,5 ton
3) 1400 gram
4) 24 menit
5) 4,5 jam

Jawaban

1) 2,4 km adalah besaran panjang. Satuan bakunya adalah meter sehingga 2,4 km = 2400 m

2) 3,5 ton adalah besaran massa. Satuan bakunya adalah kilogram sehingga 3,5 ton = 3500 kilogram

3) 1400 gram adalah besaran massa. Satuan bakunya adalah kilogram sehingga 1400 gram = 1,4 kg

4) 24 menit adalah besaran waktu. Satuan bakunya adalah sekon sehingga :
1 menit = 60 sekon
24 menit = 24 x 60 = 1440 sekon

5) 4,5 jam adalah besaran waktu. Satuan bakunya adalah sekon sehingga :
1 jam = 3600 sekon
4,5 jam = 16.200 sekon

Penutup

Nah sobat guru, demikian pembahasan mengenai besaran dan satuan serta Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 26 Kurikulum Merdeka. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :  Silabus SD/MI Kelas 1-6 Kurikulum 2013 revisi 2018

Disclaimer:
1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.
2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

 

 

Pencarian Populer : konversilah satuam satuan baku 1400 gram,konversilah satuan kedalam kedalam satuan baku 2 4 km

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.