Lengkap! Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 41-44 Kurikulum Merdeka

gurune.net – Lengkap! Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 41-44 Kurikulum Merdeka. Halo sobat guru! Pada BAB 1 pelajaran ilmu pengetahuan alam SMP kelas 7, kalian akan banyak belajar mengenai Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah. Di akhir pembelajaran, sobat guru akan mengerjakan review untuk menguji sejauh mana materi pada bab ini bisa dipahami. Pertanyaan untuk review bab ini bisa sobat guru temukan pada buku IPA kurikulum merdeka kelas 7 halaman 41 hingga 44.

Sebelum membaca jawaban berikut, alangkah lebih baik jika sobat guru mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu. Kemudian cocokan jawaban yang sudah sobat guru tulis dengan jawaban dari gurune.

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 41

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk melatih mengingat kembali pemahaman kalian akan materi yang telah dipelajari pada Bab 1 ini.

Baca Juga :  Jawaban Soal IPA Kelas 7 Semester 2 Halaman 37-38

 

1. Ada enam cabang utama ilmu Sains, yaitu Astronomi, Biologi, Fisika, Kimia, Geologi dan Ekologi. Sebutkan fokus masing-masing cabang ilmu tersebut.

Jawaban :

a. Astronomi mempelajari asal mula, perkembangan dan keadaan saat ini dari kehidupan angkasa luar, bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai benda langit lainnya

b. Biologi, mempelajari tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai dengan lingkungan yang sangat luas.

c. Fisika, mempelajari tentang aspek mendasar alam, misalnya materi, energi, gaya, gerak, panas, cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lainnya.

d. Kimia, meliputi penyelidikan tentang penyusun dan perubahan zat.

e. Geologi mempelajari struktur dan kejadian yang terdapat pada bumi dan lapisan-lapisannya

f. Ekologi mempelajari hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya Ilmu Bumi dan Antariksa, .

2. Identifikasikan lima hal yang akan menimbulkan masalah keselamatan di laboratorium IPA dalam gambar berikut ini. Berikan alasan kalian mengapa hal tersebut menjadi masalah.

jawaban IPA kelas 7 halaman 41 nomor 2

Jawaban :

lima hal yang akan menimbulkan masalah keselamatan di laboratorium IPA :

a. Bermain dan berlari-lari dalam laboratorium . Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan kerja, jatuhnya benda-benda di dalam laboratorium yang dapat membahayakan.

b. Tumpahnya bahan-bahan kimia. Bahan kimia merupakan zat yang mempunyai potensi bahaya dalam kondisi-kondisi tertentu seperti mudah meledak, mudah terbakar, menyebabkan iritasi dan gangguan pernafasan jika terhirup.

c. Tidak memakai alat pelindung diri (APD). Hal ini membahayakan diri sendiri karena setiap bahan kimia mempunyai potensi bahaya jika kontak langsung dengan tubuh manusia seperti menyebabkan gatal, iritasi, luka bakar, dan lainnya

d. Menghirup bahan kimia secara langsung. Sebagian besar bahan kimia dapat akan membahayakan tubuh jika terhirup secara langsung. Seperti dapat menyebabkan gangguan pernafasan, iritasi pada saluran nafas, dan lainnya.

Baca Juga :  Menentukan Rumus Kimia Senyawa

e. Penggunaan bahan-bahan berbahaya dengan tidak hati-hati. Terlihat pada gambar ada siswa yang menyalakan api di dekat sumber listrik. Hal ini sangat membahayakan karena dapat menyebabkan kebakaran.

3. Apakah nama alat-alat laboratorium di bawah ini? Terbuat dari bahan apakah alat-alat tersebut dan apa saja kegunaan alat-alat itu? Tuliskan jawaban kalian dengan lengkap

Jawaban

jawaban IPA kelas 7 halaman 41-42 nomor 3

4. Apakah perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan? Sebutkan masing-masing dua contoh.

Jawaban :

Besaran pokok adalah besaran yang menjadi dasar untuk menetapkan besaran lainnya. Contohnya : Waktu, Panjang, Massa, Suhu.

Besaran Turunan adalah besaran yang terbentuk berdasarkan beberapa besaran pokok. Contohnya kecepatan, gaya, Luas.

5. Tuliskanlah hasil pengukuran di bawah ini disertai dengan satuannya yang benar.

Jawaban :

Berdasarkan pengamatan terhadap alat ukur, kita mendapatkan hasil pengukuran sebagai berikut :

jawaban IPA kelas 7 halaman 41-42 nomor 5

6. Berdasarkan gambar di bawah ini, tentukan volume batu.

jawaban IPA kelas 7 halaman 43 nomor 6

Jawaban :

Volume awal = 20 mL
Volume akhir = 40 mL
Maka volume batu = 40-20 = 20 mL

7. Bagas, Raffen, Nyongki dan Daniel ingin mengetahui apakah waktu untuk mendidihkan air akan lebih cepat apabila airnya diberikan garam terlebih dahulu atau tidak. Bantulah mereka:

a) menentukan tujuan percobaan

Jawaban :

tujuan percobaan = Mengetahui pengaruh penambahan garam terhadap waktu untuk mendidihkan air

b) menentukan variabel-variabel dalam percobaan mereka

Jawaban :

Variabel bebas = jumlah penambahan garam
Variable terikat = waktu mendidihkan air
Variable control = jumlah air, suhu pemanasan, sifat bahan wadah pemanas

c) tuliskan langkah-langkah kerja/ prosedur mengerjakan percobaan ini.

Jawaban :

1. Siapkan 2 panci untuk mendidihkan
2. Isi panci A dengan air saja, dan panci B dengan air+garam
3. Panaskan kedua panci menggunakan kompor dengan api yang sama
4. Hitung waktu pemanasan kedua zat tersebut mulai dari menyalakan api hingga mendidih

Baca Juga :  Jawaban soal IPA Kelas-7 Semester-2 Halaman-141

Penutup

Nah sobat guru, demikian pembahasan mengenai jawaban IPA Kelas 7 halaman 41-44 Kurikulum merdeka. Semoga bisa membantu sobat guru dalam menyelesaikan dan menjawab soal-soal tersebut. Semoga Bermanfaat dan Tetap Semangat!

Disclaimer:
1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.
2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

 

 

Pencarian Populer : alat alat laboratorium ipa kelas 7,3 Apakah nama alat alat laboratorium di bawah ini? Terbuat dari bahan apakah alat-alat tersebut dan apa saja kegunaan alat-alat itu? Tuliskan jawaban kalian dengan lengkap,jawaban IPA kelas 7 halaman 41 kurikulum merdeka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.