Jawaban IPA Kelas 7 Uji Kemampuan Halaman 185 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Jawaban IPA Kelas 7 Uji Kemampuan Halaman 185 Kurikulum Merdeka. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel kali ini akan membahas Jawaban IPA Kelas 7 Mari Uji Kemampuan Kalian Halaman 185.

Mari Uji Kemampuan Kalian Halaman 185 ini merupakan kegiatan menguji kemampuan sebelum proyek akhir Bab 6 Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia.

 

Jawaban IPA Kelas 7 SMP Uji Kemampuan Halaman 185 Kurikulum Merdeka

 

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Jelaskan perbedaan antara habitat, ekosistem dan bioma?

Jawaban:

Habitat adalah lingkungan alami yang ditempati oleh binatang, tumbuhan, atau organisme lainnya.

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Bioma adalah wilayah yang memiliki sifat geografis atau iklim yang sama yang meliputi komunitas tumbuhan, hewan, organisme tanah, bakteri, dan virus.

 

2. Apa perbedaan karakteristik fauna di Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur?

Jawaban:

Fauna Indonesia bagian barat memiliki ciri mamalia berukuran besar dan terdapat berbagai macam jenis kera.

Fauna Indonesia timur memiliki ciri banyak jenis burung, terdapat hewan berkantung, mamalia berukuran kecil dan tidak ada spesies kera.

 

3. Seorang ilmuwan sedang menentukan jumlah rantai makanan yang ada di beberapa area berbeda. Di area A, dia menemukan 10 rantai makanan yang berbeda. Di area B, dia menemukan 50 rantai makanan berbeda. Di area manakah yang kalian harapkan untuk menemukan keanekaragaman hayati terbesar? Berikan argumentasi dari jawaban kalian.

Jawaban:

Daerah yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar berdasarkan jumlah rantai makananya adalah: Area B dengan jumlah 50 rantai makanan. Karena semakin banyak jumlah rantai makanannya, tentu akan semakin banyak juga spesies makhluk hidup yang terlibat. Otomatis, jumlah keanekaragaman hayatinya juga semakin banyak.

 

Baca Juga :  Bandara-Bandara dan Lapangan Udara di Tiap-Tiap Provinsi di Indonesia

4. Buatlah peta konsep tentang materi pelajaran ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia yang telah kalian pelajari.

Jawaban:

Keanekaragaman hayati berfungsi sebagai indikator ekologi dan sebagai sarana untuk mendeteksi perubahan spesies. Keanekaragaman hayati sangat penting bagi kelangsungan hidup dan kelestarian makhluk hidup.

 

Demikianlah pembahasan soal yang disajikan tentang Jawaban IPA Kelas 7 Uji Kemampuan Halaman 185 Kurikulum Merdeka. Kunci jawaban ini dapat kalian jadikan referensi dalam mengerjakan kegiatan Mari Uji Kemampuan Kalian Halaman 185 tetapi tidak mutlak kebenarannya ya.

Semoga bermanfaat.

 

Disclaimer:

• Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban dan pembahasan dari sumber lain.

• Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

• Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Yanuari Dwi Puspitarini

Saya merupakan blogger dalam bidang pendidikan, selain itu saya juga bekerja dalam dunia pendidikan.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.