Jawaban Lengkap IPAS Halaman 39 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 39 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada bacaan “Mari Refleksikan” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang “Wujud Zat dan Perubahannya” Topik A “Ciri-Ciri Materi adalah Memiliki Volume”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 39 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 39 Kelas 4 SD/MI

Mari Refleksikan

1. Menurut kalian apa itu volume?

Jawaban

Secara umum pengertian volume sangat berkaitan dengan massa pada suatu benda. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) volume adalah isi atau besaran pada suatu benda di dalam ruang.

Kemudian, Pengertian lain volume adalah ruang tiga dimensi yang berasal dari zat. Ketika mengukur benda cair pada suatu benda, maka pengukuran akan dilakukan pada bagian luar atau pada ruangan benda

2. Berdasarkan yang sudah kalian pelajari di aktivitas sebelumnya, menurut kalian apa perbedaan antara volume dengan massa?

Jawaban

Volume adalah ukuran banyaknya jumlah zat dan biasanya volume juga bisa digunakan untuk benda padat, cair, atau pun gas. Volume digunakan untuk mengukur banyaknya zat cair, contohnya air, minuman, oli dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Pembahasan Materi Media Sosial, Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Contoh alat ukur untuk menghitung volume yaitu gelas ukur dengan ukuran tertentu. Ukuran volume tersebut disimbolkan dengan tulisan mL dan L.

Sedangkan massa adalah besaran dari suatu benda yang dikumpulkan menjadi satu. Satuan massa yang digunakan dalam Sistem Satuan Intenasional (SI) adalah kilogram atau kg. Untuk menghitung suatu berat benda perlu menggunakan massa.

Perbedaan Volume dengan massa adalah

massa digunakan untuk membantu menghitung berat suatu benda. Sedangkan volume akan lebih banyak digunakan untuk menghitung isi suatu benda.

3. Bagaimana cara menentukan volume suatu benda?

Jawaban

Volume suatu benda dapat diketahui dengan cara mengukur panjang, lebar dan tinggi benda tersebut. Alat ukur yang digunakan adalah mistar atau rol. Cara ini dilakukan jika benda yang hendak diukur memiliki bentuk yang beraturan.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 39 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 24 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 30 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 31 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 34 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 37 Kelas 4 SD/MI

Azis Setiawan

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawaban Lengkap IPAS Halaman 39 Kelas 4 SD/MI yang dipublish pada 2024-04-11 di website Gurune.net

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.