Jawaban Lengkap IPAS Halaman 48 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 48 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Pertanyaan Esensial” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang “Wujud Zat dan Perubahannya” Topik C “Bagaimana Wujud Benda Berubah?”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 48 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 48 Kelas 4 SD/MI

Pertanyaan Esensial

1. Bagaimana wujud zat bisa berubah dari padat, cair, dan gas?

Jawaban
Perubahan wujud benda adalah perubahan yang terjadi pada suatu benda dengan bentuk yang berbeda karena beberapa faktor. Perubahan wujud tersebut terjadi karena adanya aksi terhadap benda tersebut, seperti menerima atau melepas kalor. Biasanya ini terjadi akibat tindakan seperti pemanasan, pendinginan dan pengembunan.

2. Apa yang membuat wujud zat berubah-ubah?

Jawaban
Perubahan wujud tersebut terjadi karena adanya aksi terhadap benda tersebut, seperti menerima atau melepas kalor. Biasanya ini terjadi akibat tindakan seperti pemanasan, pendinginan dan pengembunan.

Baca Juga :  Download Surat Undangan Paguyuban Wali Murid

3. Apa peran energi dalam perubahan wujud zat?

Jawaban
Dengan adanya energi dalam perubahan wujud zat maka dapat memindahkan suatu energi atau zat pada benda lainnya. Peran energi dalam perubahan wujud zat yaitu memindahkan energi panas atau kalor pada suatu benda.
Dengan begitu kalor yang diserap pada titik tertentu dapat menyebabkan perubahan suhu dan perubahan wujud benda. Contohnya peristiwa lilin yang mencair saat dipanaskan.

Penjelasan

Berikut ini beberapa alasan wujud zat bisa berubah dari padat, cair dan gas.

Perubahan Wujud Benda

Membeku
Benda cair seperti air ternyata dapat berubah wujud menjadi padat. Saat benda cair didinginkan hingga titik bekunya maka akan mengalami perubahan wujud menjadi benda padat. Contoh: Air yang dimasukkan ke dalam freezer dapat berubah menjadi es atau membeku.

Mencair
Mencair adalah perubahan wujud dari padat menjadi cair. Benda padat bisa mencair saat dipanaskan dengan suhu tinggi sampai titik lelehnya. Contohnya adalah cokelat batang yang dipanaskan akan mencair. Selain itu, es batu yang dibiarkan diruangan terbuka juga dapat berubah menjadi cair.

Menguap
Menguap adalah peristiwa perubahan wujud benda dari cair menjadi gas. Pada peristiwa ini, zat membutuhkan energi panas. Contohnya adalah air yang direbus jika dibiarkan lama kelamaan akan habis karena menguap.

Mengembun
Mengembun adalah perubahan wujud benda dari gas menjadi cair yang membutuhkan energi panas. Contohnya adalah saat es batu diletakkan di dalam gelas, maka sekitar gelas akan basah.

Menyublim
Menyublim adalah perubahan benda padat menjadi gas yang terjadi karena penurunan suhu menjadi lebih rendah atau dingin. Menyublim terjadi karena dipengaruhi oleh suhu dingin. Contohnya adalah kapur barus yang diletakan di kamar mandi atau lemari yang lama-lama akan habis.

Baca Juga :  Download Gratis Peta Indonesia Bisa di Edit Sendiri

Mengkristal
Mengkristal ini suatu proses perubahan gas menjadi padat dan peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contohnya adalah uap yang berubah menjadi salju

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 48 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 40 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 41-42 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 43 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 44-45 Kelas 4 SD/MI

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.