Jawaban Lengkap IPAS Halaman 64 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 64 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Pertanyaan Esensial” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi BAB 3 tentang “Gaya di Sekitar Kita” Topik A “Pengaruh Gaya Terhadap Benda”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 64 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 64 Kelas 4 SD/MI

Pertanyaan Esensial

1. Apa pengaruh gaya otot terhadap benda?

Jawaban
Gaya otot adalah dorongan dan tarikan yang dapat menggerakkan atau memindahkan benda dengan bantuan otot. Gaya otot dimanfaatkan manusia dalam beragam kegiatan sehari-hari, misalnya mendorong benda, menarik benda, atau memindahkan benda.
Artinya, gaya otot dapat memengaruhi benda yang dikenainya, atau bisa diartikan dengan gaya otot sebuah benda akan mengalami tarikan dan dorongan.

2. Apa pengaruh gaya gesek terhadap benda?

Jawaban
Pengaruh pertama dari gaya gesek terhadap gerak benda adalah menghambat pergerakan benda. Dimana gaya gesek akan menolak benda yang berada di atas benda lain untuk bergerak, bergeser, maupun bergulir.
Pengaruh kedua adalah mempengaruhi kecepatan dari benda, dimana gaya gesek akan mengurangi kecepatan dari benda yang melaju. Dimana gaya gesek yang terus berlangsung terus menerus akan membuat kecepatan benda terus berkurang, hingga pada akhirnya benda akan berhenti

Baca Juga :  Kunci Jawaban Rima Lagu Rayuan Pulau Kelapa

3. Apa yang memengaruhi gaya gesek?

Jawaban
Faktor yang memengaruhi gaya gesek pada suatu benda adalah:
– Kasar atau licinnya permukaan.
– Besar atau kecilnya luas permukaan.
– Berat atau ringannya suatu benda

4. Apa manfaat gaya pada kehidupan sehari-hari?

Jawaban
– Gaya menyebabkan benda yang diam menjadi bergerak.
Contohnya, kursi yang diam bisa bergerak setelah didorong.

– Gaya menyebabkan benda yang bergerak menjadi diam.
Contohnya, bola yang menggelinding dapat diam setelah ditahan menggunakan kaki.

– Gaya menyebabkan perubahan arah benda.
Contohnya, bola basket yang dipantulkan ke dinding akan memantul berubah arah setelah membentur dinding.

– Gaya dapat membuat pergerakan benda lebih cepat.
Contohnya, mobil yang melaju lambat bisa bergerak semakin cepat setelah pengemudi menambah gas.

– Gaya menyebabkan benda berubah bentuk.
Contohnya, botol plastik akan berubah bentuk setelah diinjak

Penjelasan

Pengaruh Gaya Otot terhadap Benda

1. Memindahkan Benda
Kita dapat memindahkan sebuah benda dari suatu posisi ke posisi yang lain dengan cara menggeser, mendorong, atau mengangkat benda tersebut.
Kegiatan menggeser, mendorong, atau mengangkat benda dapat dilakukan dengan menerapkan gaya otot.
Jadi, gaya otot dapat memengaruhi perpindahan gerakan benda.

2. Menggerakkan Benda
Ketika kita bermain mainan mobil, kita membutuhkan kekuatan jari dan lengan untuk membuat mobil bergerak dan melaju. Dari kejadianitu gaya otot membantu kita menggerakan mainan mobil. Artinya, gaya otot dapat memengaruhi gerakan benda.

3. Menghentikan Gerakan Benda

Teman-teman, apa tugas seorang kiper dalam permainan sepak bola? Kiper memiliki tugas yang paling berbeda dengan pemain lain, yaitu harus menjaga gawang agar tidak kemasukan bola dari tim lawan.
Cara mencegah bola masuk ke gawang adalah dengan menendang atau menangkapnya. Kiper menangkap bola untuk mencegahnya masuk ke gawang dengan memanfaatkan otot jari dan lengan.
Ketika kiper menahan bola tidak melaju masuk ke gawang dengan menendang, ia akan menggunakan otot kaki. Dalam peristiwa ini, gaya otot dapat memengaruhi benda dengan cara menghentikan gerakan benda.

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 14 Kelas 4 SD/MI

4. Mengubah Bentuk Benda
Pernahkah teman-teman memperhatikan proses pembuatan gerabah tanah liat? Seorang perajin gerabah menggunakan kemampuan dan pengetahuan seninya untuk membuat guci yang indah dan serbaguna.
Dalam proses pembuatan gerabah, perajin akan memanfaatkan gaya otot untuk mengubah gundukan tanah liat menjadi karya seni indah.
Artinya, gaya otot dapat memengaruhi benda dengan cara mengubah bentuknya.

5. Menekan Benda
Selain itu, kita juga menggunakan gaya otot pada jari-jari tangan untuk menekan benda.
Contohnya kamu menekan tuts piano menggunakan otot jari, menekan bel rumah dengan jari telunjuk, atau menekan keyboard dengan sepuluh jari tangan

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 64 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 53-54 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 56-57 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 61 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 61-62 Kelas 4 SD/MI

Azis Setiawan

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawaban Lengkap IPAS Halaman 64 Kelas 4 SD/MI yang dipublish pada 2024-02-12 di website Gurune.net

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.