Jawaban Matematika Kelas-7 Halaman-39 No 1-5

gurune.net – Jawaban Matematika Kelas-7 Halaman-39 No 1-5. Halo Sobat guru, pada mata pelajaran matematika Kelas 7, sobat guru akan mempelajari bab perbandingan. Kali ini gurune akan membahas latihan soal Ayo Kita Berlatih 5.4 Nomor 1-5. Latihan ini bisa sobat guru lihat pada Buku Matematika Kelas-7 Semester-2 halaman-39

Sebelum itu, alangkah lebih baik sobat guru kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, baru kemudian mencocokan jawaban sobat guru dengan pembahasan dari kami.

Selamat belajar!

Jawaban Matematika Kelas-7 Halaman-39

No. 1

Sebuah peta berskala 1 : 10.000.000. Jarak kota Jambi dan Palembang pada peta jaraknya 2,4 cm. Seorang sopir bis berangkat dari kota Jambi menuju kota Palembang dengan kecepatan rata-rata 80 km per jam. Selama perjalanannya, ia berhenti istirahat sebanyak 1 kali selama 30 menit. Ia tiba di kota Palembang pukul 10.30 WIB.
a. Berapa jam bis itu diperjalanan?
b. Pukul berapa sopir bis itu berangkat dari kota Jambi?

Jawaban :

No . 2

UNESCO telah memutuskan bahwa Taman Nasional Komodo menjadi Situs Warisan Dunia sejak tahun 1991. Gambar berikut adalah peta Taman Nasional Komodo. Taman Nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil. Wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1.817 km². Jika skala pada peta di atas adalah 1 : 200.000, berapakah luas wilayah darat dan wilayah total Taman Nasional Komodo pada peta?

Jawaban :

No. 3

Disamping rumah Reza, terdapat sebidang tanah berbentuk persegi panjang. Ayahnya merencanakan akan menanami berbagai jenis tanaman obat. Keliling tanah 40 m, dan perbandingan ukuran panjang dan lebarnya adalah 5 : 3. Gambarlah keadaan tanah itu dan tentukan panjang dan lebarnya!

Baca Juga :  Muhadjir Effendy Menegaskan Penggunaan DAK Fisik 2020 Agar Tepat Guna dan Sasaran

Jawaban :

No. 4

Ikhsan memiliki 3 orang anak. Pada suatu hari ketiga anaknya terkena flu burung. Sampai di rumah sakit diperoleh data bahwa suhu badan ketiga anak itu masing-masing, 40oC, 39,5oC, dan 40,6oC. Ubahlah ketiga suhu badan itu dalam derajat Reamur dan Fahrenheit.

Jawaban :

No. 5

Jarak kota A dan B pada peta adalah 5 cm. Peta itu berskala 1 : 1.200.000. Amir dengan mengendarai sepeda motor berangkat dari kota A pukul 06.45 dengan kecepatan 45 km per jam. Di tengah jalan Amir berhenti selama 14 jam. Pada pukul berapa Amir tiba di kota B?

Jawaban :


Penutup

Demikian pembahasan Jawaban Matematika Kelas-7 Halaman-39 nomor 1-5. Pembahasan nomor 6-10 akan kami bahas pada postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Disclaimer:
1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.
2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.