Jawaban Matematika Kelas-7 Halaman-58 No 6-10

gurune.net – Jawaban Matematika Kelas-7 Halaman-58 No 6-10. Halo Sobat guru, pada mata pelajaran matematika Kelas 7, sobat guru akan mempelajari bab perbandingan. Kali ini gurune akan membahas latihan soal Uji Kompetensi 5 bagian essay Nomor 6-10. Latihan ini bisa sobat guru lihat pada Buku Matematika Kelas-7 Semester-2 halaman-58

Sebelum itu, alangkah lebih baik sobat guru kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, baru kemudian mencocokan jawaban sobat guru dengan pembahasan dari kami.

Selamat belajar!

Jawaban Matematika Kelas-7 Halaman-58 No 6-10

Pembahasan nomor 1-5 cek di sini

No. 6

Suhu Lautan
Grafik di bawah menunjukkan suhu air di Samudera Pasifik.

Asumsikan suhu dan kedalaman laut berbanding terbalik pada kedalaman yang lebih dari 900 meter.
a. Tentukan persamaan yang berhubungan dengan suhu T dan kedalaman laut m.
b. Tentukan suhu pada kedalaman 5.000 meter.

Jawaban

No.7

Berjalan


Gambar di atas menunjukkan jejak kaki seorang pria yang berjalan.
Panjang langkah P adalah jarak antara dua ujung belakang jejak kaki yang berurutan. Untuk pria, rumus n/p = 140 , menunjukkan hubungan antara n dan P dimana n menunjukkan banyak langkah per menit, dan P menunjukkan
panjang langkah dalam satuan meter.
a. Jika rumus di atas menunjukkan langkah kaki Heri dan dia berjalan 70 langkah per menit, berapakah panjang langkah Heri? Tunjukkan bagaimana kalian menentukannya.
b. Beni mengetahui bahwa panjang langkah kakinya adalah 0,80 meter. Jika rumus tersebut menunjukkan langkah kaki Beni, hitung kecepatan Beni berjalan dalam meter per menit dan dalam kilometer per jam.Tunjukkan strategi kalian menyelesaikannya.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas-7 Halaman-83 No 1-10

Jawaban

No.8

Soal PISA
Mei Ling dari Singapura sedang mempersiapkan kepergiannya ke Afrika Selatan selama 3 bulan dalam pertukaran pelajar. Dia harus menukarkan uang Dolar Singapura (SGD) miliknya menjadi Rand Afrika Selatan (ZAR).
a. Mei Ling mengecek nilai tukar uang asing antara Dolar Singapura dan Rand Afrika Selatan, yakni 1 SGD = 4,2 ZAR. Mei Ling menukar 3.000 dolar Singapura menjadi Rand Afrika Selatan sesuai nilai tukar tersebut. Berapakah uang yang diperoleh Mei Ling dalam Rand Afrika Selatan ?
b. Ketika kembali ke Singapura selama 3 bulan, uang Mei Ling bersisa 3.900 ZAR. Dia menukarkannya menjadi Dolar Singapura, perhatikan bahwa nilai tukar kedua mata uang tersebut telah berubah menjadi 1 SGD = 4,0 ZAR.
Berapakah uang yang didapatkan Mei Ling setelah ditukarkan menjadi Dolar Singapura?
c. Selama 3 bulan nilai tukar mata uang asing telah berubah mulai 4,2 menjadi 4,0 ZAR per SGD. Apakah hal ini keberuntungan yang didapatkan Mei Ling bahwa nilai tukar sekarang yang sebelumnya 4,0 menjadi 4,2 ZAR, ketika
dia menukar ZARnya menjadi SGD? Berikan penjelasan untuk mendukung jawabanmu.

Jawaban

No. 9

Katrol


Hubungan antara ukuran katrol dan kecepatan berputar berbanding terbalik. Katrol seperti gambar di atas. Diameter katrol A dua kali diameter katrol B. Sehingga, jika katrol A berputar sekali, katrol B berputar dua kali.
Misalkan katrol A berdiameter tiga kali katrol B, maka ketika A berputar sekali, katrol B berputar tiga kali. Diameter katrol B yang lebih kecil dibandingkan dengan diameter katrol A. Kecepatan putaran katrol berbanding terbalik terhadap diameter. Kita dapat menyatakannya dalam persamaan berikut. R = k/d ,  R adalah kecepatan katrol dalam revolusi per menit (rpm) dan d adalah diameter katrol.
a. Katrol A berputar terhadap katrol B. Katrol B berdiameter 40 cm dan berotasi 240 rpm. Tentukan kecepatan katrol A jika diameternya 50 cm.
b. Katrol B diputar terhadap katrol A. sedangkan Katrol A berdiameter 30,48 cm dan berkecepatan 300 rpm. Katrol B berdiameter 38,1 cm. Berapakah kecepatan yang dihasilkan oleh katrol B?
c. Katrol pada sebuah mesin berdiameter 9 inci dan berputar 1260 rpm. diikat sabuk karet dengan katrol yang lebih kecil pada motor elektrik. Katrol yang kecil berdiameter 5 inci. Tentukan kecepatan katrol yang kecil.
d. Apakah keliling lingkaran (katrol) berbanding lurus dengan diameternya? Jelaskan.
e. Bagaimanakah keliling lingkaran berpengaruh jika diameternya dilipatgandakan?

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas-7 Halaman-53 No 1-10

Jawaban

No. 10

Gunakan x untuk menyatakan salah satu ukuran panjang persegipanjang dan gunakan y untuk menyatakan ukuran lebar.
a. Buatlah tabel nilai yang mungkin untuk x dan y jika luas persegipanjang adalah 12 m2. Kemudian dari tabel yang kalian buat, gambarkan grafiknya.
b. Apakah hubungan x dan y senilai, berbalik nilai, atau bukan keduanya? Jelaskan alasan kalian.
c. Buatlah tabel nilai yang mungkin untuk x dan y jika luas persegipanjang adalah 12 m2. Kemudian dari tabel yang kalian buat, gambarkan grafiknya dengan menggunakan bidang koordinat yang sama pada soal a).
d. Bagaimanakah hubungan luas persegipanjang pertama dengan luas persegipanjang yang kedua? Jika nilai x sudah ada, bagaimanakah hubungan antara nilai y pada persegipanjang pertama dan nilai y pada persegipanjang kedua? Jika nilai y sudah ada, bagaimanakah hubungan antara nilai x pada persegipanjang pertama dan nilai x pada persegipanjang kedua?

Jawaban

Penutup

Demikian pembahasan Jawaban Matematika Kelas-7 Halaman-58 nomor 6-10. Semoga bermanfaat.

Disclaimer:
1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.
2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.