Kegiatan warga masyarakat Kampung Damai

Gurune.net  – Tahukah kalian  bahwa, lingkungan mempengaruhi kesejahteraan masyarakatnya? Oleh karena itu,  masyarakat diharapkan peduli terhadap lingkungan supaya sejahtera. Pada artikel kali ini, kita akan kegiatan warga masyarakat Kampung Damai yang peduli dengan lingkungan disekitarnya. Bagaimana kepedulianmu terhadap lingkungan? Ayo, kita diskusikan lebih lanjut.

Kegiatan Warga Masyarakat Kampung Damai

Amatilah beberapa gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai” berikut!

Jawaban mengamati gambar kegiatan warga masyarakat Kampung Damai

Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan pertanyaan berikut!

1. Apa saja kegiatan masyarakat yang ditunjukkan pada gambar di atas?

Pada gambar pertama masyarakat bersama-sama bergotng royong dalam membersihkan saluran air

Pada gambar kedua warga bersama-sama menanam pohon di sekitar lingkungan

Pada gambar ketiga warga membayar pajak

Pada gambar ke empat warga melaksanakan ronda

2. Mengapa warga masyarakat melakukan kegiatan seperti pada gambar?

Mereka melaksanakan tanggung jawab dan tugasnya dalam kehidupan bermasyarakat

3. Apa saja kewajibanmu sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari?

Kewajiaban saya sebagai warga Negara dalam kehidupan sehari-hari adalah

Saling menghormati sesama warga

Mentaati peraturan yang ada

Membayar pajak

4. Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan?

Cara menunjukan kepedulian saya terhadap lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan serta melaksanakan reboisasi.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus peduli terhadap lingkungan. Misalnya, ikut membantu membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan, dan mematuhi peraturan yang ada di lingkungan. Apakah kamu sudah mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolahmu?

Kamu hendaknya selalu mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolah seperti memakai seragam sekolah sesuai ketentuan, tiba di sekolah sebelum bel tanda masuk berbunyi, menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan sekolah, serta membuang sampah di tempat sampah. Kegiatan tersebut merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban siswa sebagai warga masyarakat dalam mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

Bangsa Indonesia telah merdeka sejak tahun 1945. Kemerdekaan bangsa Indonesia diperoleh dengan perjuangan penuh  pengorbanan.

Oleh karena itu, kemerdekaan bagi bangsa Indonesia merupakan sesuatu yang tidak ternilai harganya, sehingga untuk meraihnya, bangsa Indonesia harus berjuang dengan penuh pengorbanan. Bagaimana kamu memaknai kemerdekan bangsa ini?

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan artikel mengamati kegiatan warga masyarakat kampung damai. Sebagai bagian dari masyarakat kita memang perlu menjaga dan merawat lingkungan. Selain itu kita juga harus mentaati peraturan yang ada pada lingkungan. Jika kita melaksanakan peraturan yang ada, kehidupan akan menjadi lebih baik. Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1. Sobat dapat mengembangkan jawaban yang ada menurut pengalaman sobat sendiri ya! Selamat Belajar.

Materi Terkait


Satu pemikiran pada “Kegiatan warga masyarakat Kampung Damai”

Tinggalkan komentar