Jawaban Soal IPA Kelas-7 Semester-2 Halaman-44

gurune.net – Jawaban soal IPA Kelas-7 Semester-2 Halaman-44. Halo Sobat guru, setelah sebelumnya kita membahas mengenai Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan, kali ini gurune akan membahas latihan soal terkait materi tersebut. Materi ini bisa sobat guru lihat pada Buku IPA Kelas-7 Semester-2 halaman-44.

Sebelum itu, alangkah lebih baik sobat guru kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, baru kemudian mencocokan jawaban sobat guru dengan pembahasan dari kami.

Selamat belajar!

Soal dan Jawaban IPA Kelas 7 Semester 2 Halaman 44

Ekosistem Sawah dan Berbagai Permasalahannya

Ekosistem sawah merupakan salah satu ekosistem buatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Tumbuh-tumbuhan yang dikembangkan pada ekosistem sawah umumnya merupakan produk-produk pertanian, seperti padi. Namun, pada kenyataannya padi bukan hanya sumber makanan pokok bagi manusia, tetapi juga bagi makhluk hidup lainnya. Akibatnya,terjadi aliran energi dan materi dari padi ke beberapa makhluk hidup lainnya yang mengakibatkan menurunnya jumlah sumber makanan pokok manusia. Salah satu contoh makhluk hidup pemakan padi pada ekosistem sawah adalah serangga.

Banyaknya serangga yang mencari makanan pada ekosistem sawah mengundang kehadiran katak pemangsa serangga. Akibatnya, para petani juga harus berhadapan dengan katak yang banyak berada di sawah. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas pertanian masyarakat. Oleh karena itu, petani melakukan banyak upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berdasarkan uraian di atas, jawablah pertanyaan berikut dengan benar.

  1. Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Jelaskan.

Jawaban :

Populasi padi akan meningkat karena hama penyerang telah dibasmi dan berkurang sedangkan sebaliknya populasi katak akan menurun karena makanan mereka mulai berkurang (serangga)

  1. Apa saja yang mungkin memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah tersebut? identifikasikanlah 5 komponen abiotik yang ada.

Jawaban :

a. air
b. batu 
c. tanah
d. udara
e. sinar matahari

  1. Apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam, misalnya terjadi banjir?

Jawaban :

Jika populasi produsen (padi) habis, maka ekosistem akan terganggu karena padi merupakan sumber utama aliran materi pada ekosistem sawah. Selain itu, petani juga mengalami kerugian karena mengalami gagal panen.

  1. Mengapa (padi, serangga, katak, ular, dan elang) dapat hidup di satu tempat yang sama, yaitu ekosistem sawah? Jelaskan jawabanmu berdasarkan Gambar diatas !

Jawaban :

karena semua itu membentuk rantai makanan yang saling berhubungan. Berdasarkan rantai makanan , yang berperan sebagai produsen adalah padi, dan serangga hingga elang merupakan konsumen.

  1. Apabila pada ekosistem sawah tersebut tidak ada ular, coba jawab hal-hal yang akan terjadi berikut ini.
    a. Apa yang akan terjadi dengan populasi katak pada ekosistem sawah tersebut?

Jawaban : Apabila populasi ular berkurang atau bahkan hilang, maka populasi katak akan meningkat karena tidak ada yang memakan katak.

b. Apa yang akan terjadi pada populasi elang pada ekosistem sawah tersebut?

Jawaban : Populasi elang akan berkurang karena jumlah makanannya berkurang sehingga membuat elang kekurangan makanan

c. Apa dampak yang ditimbulkan pada aktivitas pertanian yang dilakukan oleh para petani pada eksosistem                     sawah tersebut?

Jawaban : petani justru akan mengalami keuntungan. Hal ini terjadi karena serangga pemakan padi mengalami penurunan akibat populasi katak meningkat.

  1. Perhatikan gambar berikut!

    Sebuah pabrik terletak berdekatan dengan sungai yang mengalir melalui perumahan. Pabrik ini beroperasi setiap hari. Penduduk perumahan yang terletak di sebelah timur sungai sering mengalami permasalahan iritasi pada mata mereka, sedangkan penduduk sebelah barat tidak mengalaminya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Jelaskan.

Jawaban : Karena arah gas pabrik menuju timur, bukan menunju barat. Hal ini menyebabkan pencemaran udara hanya terjadi pada penduduk sebelah timur .

 

  1. Gambar di bawah ini memperlihatkan contoh saling ketergantungan yang terjadi pada organisme perairan. Sepanjang hari, organisme-organisme tersebut memberi atau memanfaatkan (a) atau (b) seperti dalam gambar. Apakah gambar (a) dan (b) diatas dapat mewakili saling ketergantungan organisme? Jelaskan.

Jawaban : Ya, karena tumbuhan air dapat menghasilkan oksigen untuk ikan besar, ikan kecil, serta bakteri. Dan ikan besar juga sekaligus memakan tumbuhan air itu , ikan besar juga dapat memakan ikan kecil tetapi saat ikan besar mati yang menguraikan adalah bakteri.

Penutup

Baca Juga :  Jawaban Soal IPA Kelas 7 Semester 2 Halaman 37-38

Demikian jawaban soal ipa kelas-7 semester-2 halaman-44. Mudah-mudahan bisa membantu sobat guru untuk menyelesaikan soal tersebut dan memberikan pemahaman mengenai bab rantai makanan. Semoga Bermanfaat!

 

Pencarian Populer : uji kompetensi IPA kelas 7 semester 2 halaman 44

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.