Jawaban soal IPA Kelas-7 Semester-2 Halaman-81

gurune.net – Jawaban soal IPA Kelas-7 Semester-2 Halaman-81. Halo Sobat guru, pada mata pelajaran IPA Kelas 7, sobat guru akan mempelajari materi pencemaran lingkungan dan juga pemanasan global. Kali ini gurune akan membahas latihan soal terkait materi tersebut pada buku IPA Kelas-7 Semester-2 Halaman 81. Materi ini bisa sobat guru lihat pada Buku IPA Kelas-7 Semester-2 halaman-81.

Sebelum itu, alangkah lebih baik sobat guru kerjakan secara mandiri terlebih dahulu, baru kemudian mencocokan jawaban sobat guru dengan pembahasan dari kami.

Selamat belajar!

Soal dan Jawaban IPA Kelas-7 Semester-2 Halaman-81

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.
  1. Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global.
Jawaban :

Efek Rumah Kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas – gas tertentu di atmosfer bumi memerangkap panas.

Pemanasan Global adalah istilah untuk menggambarkan peningkatan suhu rata-rata atmosfer Bumi dan lautan secara bertahap, serta sebuah perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim Bumi

  1. Sebutkan gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global.
Jawaban :
a. CO2 yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil sebagai pembangkit tenaga listrik dan juga dari pembakaran gasoline sebagai bahan bakar alat transportasi

b. Emisi Metana dari hewan, lahan pertanian dan dari dasar laut Arktik.

c. Chlorofluorocarbons (CFCs) dalam refrigerator (Lemari es / pendingin).

  1. Perhatikan pernyataan berikut.

a. Penggundulan hutan
b. Penghematan listrik
c. Peternakan
d. Pembakaran hutan
e. Penggunaan produk elektronik yang ramah lingkungan.

Dari pernyataan-pernyataan tersebut, klasifikasikanlah pernyataan yang merupakan penyebab pemanasan global.

Jawaban :

Penyebab pemanasan global adalah Pilihan a , c, dan d , yaitu penggundulan hutan , Peternakan, dan pembakaran hutan.

Bukan penyebab pemanasan Global adalah Pilihan (b) dan (e) yaitu Penghematan listrik, Penggunaan produk elektronik yang ramah lingkungan.

  1. Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es?
Jawaban :

Sebagian besar AC dan Lemari Es menggunakan Freon / Chlorofluorocarbons (CFC) yang bisa menyebabkan penipisan lapisan ozon sehingga menyebabkan terjadinya pemanasan global. AC / Lemari Es mengkonsumsi energy yang sangat besar, dan bahkan cenderung menambahkan bahan bakar fosil. Sebagaian besar AC / Lemari Es menggunakan CFC Refrigerant / refrigator yang jauh lebih kuat daripada karbondioksida bagi terjadinya pemicu pemanasan global

  1. Jelaskan sistem kerja gas rumah kaca dalam menjaga kestabilan temperatur Bumi.
Jawaban :

Atmosfer Bumi memiliki banyak gas – gas rumah kaca alami. Siklus air, Karbondioksida (CO2) dan Metana adalah beberapa bagian penting yang ada didalamnya. Tanpa adanya gas – gas rumah kaca tersebut, kehidupan bumi tidak akan terjadi karena menjadikan bumi menjadi sangat dingin. Sebaliknya, jika jumlah gas – gas rumah kaca terlalu banyak dan terus bertambah di atmosfer, maka suhu bumi akan terus meningkat.

Meskipun CO2, siklus air dan gas – gas rumah kaca lainnya di atmosfer adalah transparan untuk radiasi cahaya matahari, namun gas – gas tersebut mampu menangkap dan menyerap radiasi cahaya yang memancar ke bumi dalam jumlah banyak. Radiasi yang terserap sebagian juga akan direfleksikan kembali oleh bumi. Pada keadaan normal, jumlah radiasi panas yang diserap dengan yang direfleksikan kembali sama. sehingga gas-gas rumah kaca ini dapat menjaga kestabilan temperatur bumi.

  1. Jelaskan dampak yang akan terjadi apabila tidak terdapat gas rumah kaca di atmosfer Bumi!
Jawaban :

Tanpa adanya efek rumah kaca, suhu pada permukaan bumi akan berubah sekitar 60 derajat Fahrenheit atau 15,6 derajat Celcius lebih dingin. 

  1. Sebutkan dampak apabila kadar gas rumah kaca di atmosfer Bumi semakin meningkat!

a. Temperature bumi menjadi semakin tinggi.
b. Tingginya temperature bumi dapat dapat menyebabkan lebih banyak penguapan air
c. Mencairnya gletser yang menyebabkan kadar air laut meningkat
d. Kepunahan spesies yang semakin meluas.
e. Gagal panen karena cuaca tidak menentu
f. Penipisan lapisan ozon.

  1. Atmosfer Bumi mempunyai efek yang sama dengan rumah kaca, sehingga muncul istilah efek rumah kaca. Bumi memanas seperti rumah kaca, tetapi tidak benar-benar rumah kaca. Jelaskan perbedaan sistem atmosfer Bumi dengan rumah kaca.
Jawaban : 

Atmosfer bumi terdiri dari bermacam-macam gas dengan fungsi yang berbeda-beda. Kelompok gas yang menjaga suhu permukaan bumi agar tetap hangat dikenal dengan istilah “gas rumah kaca”

Atmosfer Bumi berfungsi menahan udara agar tidak keluar dari Bumi, dan juga menahan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari agar tidak sampai ke Bumi. Sementara rumah kaca adalah kejadian dimana energi panas matahari yang akan dipantulkan keluar Bumi dipantulkan kembali ke Bumi yang menyebabkan suhu di Bumi meningkat. Hal ini yang memicu terjadinya pemanasan global.

  1. Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies? Jelaskan.
Jawaban :

Pemanasan global menyebabkan beberapa ekosistem alam menjadi rusak. Padahal ekosistem alam biasanya menjadi habitat dari spesies-spesies tertentu. Sehingga dengan adanya kerusakan ekosistem ini, menyebabkan rusaknya habitat dari spesies itu sendiri. Kerusakan habitat menyebabkan spesies-spesies itu harus berupaya mencari habitat lain atau beradaptasi dengan perubahan itu. Sayangnya, tidak semua bisa bertahan dalam upaya pencarian habitat baru ataupun bertahan pada perubahan yang disebabkan oleh pemanasan global ini. Semakin banyak spesies yang mati akibat tidak bisa beradaptasi menyebabkan kepunahan. 

  1. Mengapa penggunaan pupuk kimia dalam pertanian dapat memicu terjadinya pemanasan global? Jelaskan.

Jawaban :

Peningkatan penggunaan menyebabkan terjadinya kenaikan kandungan Nitro Oksida di atmosfer . Gas ini merupakan gas utama yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Penyebab Peningkatan nitro oksida adalah nitrogen yang terkandung dalam pupuk yg menstimulasi mikroba di tanah untuk mengkonversi nitrogen ke nitro oksida lebih cepat dari biasanya. Setelah karbondioksida, metana, nitro oksida (N2O) merupakan potensi pemicu terjadinya pemanasan global. Hal tersebut juga merusak ozon Stratosfer yg menjaga planet dari sinar ultra violet yg berbahaya. 

Penutup

Demikian jawaban soal ipa kelas 7 semester 2 halaman 81. Mudah-mudahan bisa membantu sobat guru untuk menyelesaikan soal tersebut dan memberikan pemahaman mengenai bab rantai makanan. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga :  Jawaban soal IPA Kelas-7 Semester-2 Halaman-141

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.