Jawablah Pertanyaan Berikut dengan Benar! Jawaban Ayo Kerjakan PAI Kelas 4 SD Halaman 19

Gurune.net – Jawablah Pertanyaan Berikut dengan Benar! Jawaban Ayo Kerjakan PAI Kelas 4 SD Halaman 19. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban Ayo Kerjakan, Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD Halaman 19 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 1 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

Ayo Kerjakan

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Pahamilah makna dari bagian ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut!

1. Pahamilah makna dari bagian ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut!

Jelaskan pesan pokok yang terkandung dalam bagian ayat Q.S. AlḤujurāt/49:13 tersebut!

2. Bacalah cerita berikut dengan cermat!

Filindo adalah anak Papua yang tinggal bersama teman-temannya dari berbagai suku. Di antara mereka ingin hidup berdampingan secara damai.

Apa yang harus dilakukan mereka agar hidup damai dalam perbedaan?

3. Bagaimana cara menghargai orang yang berbeda agama?

4. Perhatikan kutipan ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut!

4. Perhatikan kutipan ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut!

Jelaskan makna dari kutipan ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 tersebut!

5. Bacalah hadis berikut dan fahami artinya!

5. Bacalah hadis berikut dan fahami artinya!

Tulislah 2 pesan pokok yang terkandung dalam hadis tersebut?

Pembahasan

1. Arti bagian ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal.

4. Arti kutipan ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13:

Kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal.

Baca Juga :  Kota Tangerang

5. Arti Hadis Riwayat Ahmad dari Dari Abu Naḍrah

Telah menceritakan kepadaku orang yang pernah mendengar khutbah Rasulullah saw. ditengah-tengah hari tasyriq, beliau bersabda: “Wahai sekalian manusia! Rabb kalian satu, dan ayah kalian satu (maksudnya Nabi Adam). Ingatlah! Tidak ada kelebihan bagi orang Arab atas orang Ajam (non-Arab) dan bagi orang Ajam atas orang Arab, tidak ada kelebihan bagi orang berkulit merah atas orang berkulit hitam, bagi orang berkulit hitam atas orang berkulit merah kecuali dengan ketakwaan. Apa aku sudah menyampaikan?” mereka menjawab: Iya, benar Rasulullah saw. telah menyampaikan.” (HR.Ahmad dari Dari Abu Naḍrah).

Jawaban:

1. Pesan pokok dari ayat tersebut adalah bahwa manusia diciptakan dari laki-laki dan perempuan, dibagi menjadi berbagai bangsa dan suku agar dapat saling mengenal dan hidup bersama secara harmonis.

2. Untuk hidup baik-baik dengan teman yang berbeda-beda, mereka harus menjadi teman yang baik dan menghormati perbedaan. Mereka juga harus bicara baik-baik dan dengar teman dengan baik.

3. Menghargai orang yang berbeda agama dapat dilakukan dengan menghormati keyakinan agama, memahami perbedaan agama, menghormati tempat ibadah, berpartisipasi dalam acara keagamaan, dan membantu kegiatan sosial yang diadakan oleh umat agama lain namun tetap dalam batasan.

4. Ayat ini menunjukkan bahwa Allah menciptakan manusia dalam berbagai bangsa dan suku agar mereka dapat saling mengenal dan memahami satu sama lain. Ini menekankan pentingnya perbedaan dan keragaman dalam memperkaya kehidupan kita serta memperluas pemahaman kita tentang dunia dan manusia. Ayat ini juga menunjukkan bahwa perdamaian dan saling menghormati adalah tujuan utama Allah untuk umat manusia, terlepas dari perbedaan mereka.

5. 2 pesan pokok yang terkandung dalam hadis tersebut.

Baca Juga :  Ayo Bermain TTS (Teka Teki Silang) Jawaban PAI Kelas 4 SD Halaman 17

1. Tidak ada perbedaan di antara manusia

Rasulullah saw. menekankan bahwa tidak ada perbedaan yang dianggap superior atau inferior di antara manusia, apapun ras, warna kulit, dan budaya mereka. Semua manusia sama di hadapan Allah swt. dan satu-satunya faktor yang membedakan seseorang dari yang lain adalah ketakwaan dan perbuatan baik yang dilakukannya.

2. Kebutuhan untuk mengingat kesatuan umat manusia

Hadis tersebut juga menekankan pentingnya mengingat bahwa manusia berasal dari satu ayah, yaitu Nabi Adam as. Oleh karena itu, semua manusia harus menyadari bahwa mereka adalah saudara dan harus hidup bersama dalam persaudaraan, menghormati satu sama lain, dan menjaga kesatuan umat manusia. Pesan ini relevan dan relevan dalam konteks yang lebih luas dari kehidupan manusia saat ini.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 19 Kurikulum Merdeka Bab 1 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Disclaimer:

  • Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  • Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  • Postingan ini tidak mutlak kebenarannya ya adik-adik.
Ngabdul Manan

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawablah Pertanyaan Berikut dengan Benar! Jawaban Ayo Kerjakan PAI Kelas 4 SD Halaman 19 yang dipublish pada 2023-03-28 di website Gurune.net

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.