Jurusan Aktuaria di Indonesia

gurune.net – Jurusan Aktuaria di Indonesia . Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas informasi kuliah di jurusan Aktuaria.
Program Studi Ilmu Aktuaria memang masih terdengar awam di Indonesia karena memang jurusan ini tergolong baru di Indonesia.

Ilmu Aktuaria

Jurusan ini sering disebut sebagai “Matematika Asuransi”.

Ilmu aktuaria yaitu ilmu untuk merancang solusi dari permasalahan dan pengelolaan risiko pada industri perasuransian, dana pensiun, jaminan sosial, investasi, perbankan dan industri terkait lainnya.

Selain itu, ilmu aktuaria juga mempelajari bidang ilmu lainnya, seperti matematika, statistika, algoritma dan pemrograman, akuntansi, ekonomi, manajemen, serta bidang ilmu terkini seperti ilmu data (data science) dan big data.

Di Jurusan ini, Sobat guru akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang probabilitas, matematika, statistik, keuangan, hingga pemrograman

Jurusan aktuaria belajar apa?

Meskipun masih berada dalam lingkup matematika, jurusan Akturia memiliki perbedaan dengan lulusan matematika lainnya.
Sobat guru akan akan dilatih menjadi seseorang yang mampu menghitung prediksi dan peluang sekaligus menganalisis risiko dan dampak yang akan terjadi di masa depan

Untuk itu, kamu akan belajar beberapa campuran bidang ilmu yang berhubungan dengan matematika, asuransi, dan hukum.
Beberapa mata kuliah yang akan sobat guru terima antara lain Dasar-dasar Kalkulus, Hukum Asuransi, Manajemen Klaim, Matematika Asuransi Jiwa, Matematika Dana Pensiun, Komputerisasi dan Pemrograman Aktuaria, Matematika Keuangan, Probabilita Statistika, Praktik dan Simulasi Aktuaria, hingga SDM dalam Industri Asuransi

Peluang kerja lulusan aktuaria

Sebagai lulusan ilmu aktuaria, nantinya alumni jurusan ini diharapkan bisa menjadi ahli madya asuransi yang punya keahlian praktis dalam bidang administrasi asuransi dan aktuaria, serta keahlian dalam profesi perencanaan keuangan personal.

Baca Juga :  DOWNLOAD GRATIS CONTOH - CONTOH PTK MAPEL IPS KELAS 3 SD

Dilansir dari laman resmi dikti, saat ini Indonesia sangat krisis tenaga ahli Aktuaria.

Saat ini, pemerintah Indonesia telah mewajibkan setiap perusahaan asuransi untuk memiliki minimal satu orang Aktuaris.

Padahal, sebuah perusahaan asuransi memerlukan beberapa hingga puluhan Aktuaris. Sehingga ini menjadi peluang besar bagi sobat guru yang nantinya akan mengambil kuliah jurusan ini.

Karena ilmu aktuaria adalah disiplin ilmu yang terkait dengan permasalahan dan pengelolaan risiko, maka bidang ilmu aktuaria ini harusnya lebih luas penggunaannya dan tidak terbatas pada industri asuransi saja

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang gencar melakukan sosialisasi program 1000 aktuaris. Data menyebutkan saat ini jumlah aktuaris di Indonesia baru memenuhi sekitar 50% dari kuota yang diharapkan. Artinya ini menjadi peluang besar bagi sobat guru yang akan mengambil jurusan ini.

Selain itu, karena tergolong sebagai program studi baru di Indonesia, sumber daya manusia pada bidang ilmu aktuaria untuk sebagai dosen atau tenaga pengajar juga masih cukup terbatas.

Jurusan ilmu aktuaria di Indonesia

Di Indonesia tercatat belasan perguruan tinggi sudah membuka jurusan aktuaria dan sudah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT. Berikut daftarnya :

Perguruan Tinggi

Jurusan Jenjang

Akreditasi

Universitas Indonesia Administrasi Asuransi Dan Aktuaria D-III A
Universitas Brawijaya Ilmu Aktuaria S1 Baik
Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti Aktuaria S1 Baik
Institut Teknologi Kalimantan Ilmu Aktuaria S1 Baik
Universitas Gadjah Mada Ilmu Aktuaria S1 Baik
Institut Pertanian Bogor Aktuaria S1 Baik sekali
Universitas Padjadjaran Ilmu Aktuaria S1 Baik
Institut Teknologi Sumatera Sains Aktuaria S1 Baik
Universitas Hasanuddin Aktuaria S1 Baik
Institut Teknologi Bandung Aktuaria S1 Baik
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Sains Aktuaria S1 Baik
Universitas Indonesia Ilmu Aktuaria S1 B
Universitas Presiden Aktuaria S1 C
Baca Juga :  Gerakan Tangkisan dalam Pencak Silat

Penutup

Sebagai informasi, untuk menjadi seorang aktuaris, sobat guru harus mengikuti dan lulus ujian profesi aktuaris yang diselenggarakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI).

Demikian informasi Jurusan Aktuaria di Indonesia yang bisa gurune bagikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.