Jurusan Arkeologi di Indonesia

gurune.net – Jurusan Arkeologi di Indonesia. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas salah satu jurusan yang cukup langka yaitu arkeologi.

Jurusan Arkeologi

Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia dengan meneliti sumber-sumber primer dari masa prasejarah atau peninggalan kepurbakalaan . Selain itu, arkeologi juga mempelajari budaya manusia sepanjang zaman dengan menggabungkan Sejarah dan Geologi.

Pada jurusan ini sobat guru akan banyak membahas peristiwa di masa lalu, mengaji peninggalan kepurbakalaan, juga mempelajari artefak mulai dari cara menemukan hingga menaksir usia artefak tersebut.

Jurusan Arkeologi Belajar Apa?

Mahasiswa arkeologi akan belajar berbagai jenis benda kepurbakalaan, mulai dari cara melakukan ekskavasi artefak kepurbakalaan, hingga mencari fakta sejarah di baliknya.

Arkeologi, kamu akan belajar tentang kehidupan manusia kuno dengan lingkungannya (Arkeologi Lingkungan), tanaman purba (Archaeobotany), tanah dan kepurbakalaan (Geoarchaeology), hewan purba (Zooarchaeology), pengorganisasian museum (Museologi), dan masih banyak lagi.

Sebagai mahasiswa arkeologi, tentunya akan sering melakukan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah hingga ekskavasi pada situs-situs purbakala. Nah buat Sobat guru yang suka dengan jalan-jalan dan mempelajari hal baru, jurusan ini mungkin cocok buat kamu pilih.

Selain dengan mengunjungi lokasi bersejarah, soba guru akan belajar dari data-data berupa artefak, sosiofak, dan ekofak yang bisa dijadikan untuk membuat prediksi tentang kehidupan manusia hingga 1000 tahun silam.

Peluang Kerja Arkeologi

Beberapa peluang kerja bagi lulusan arkeologi :
– situs arkeologis
– Tour guide
– Pustakawan
– Kurator
– Journalist
– dosen sekaligus peneliti,
– dan lainnya

Jurusan Arkeologi di Indonesia

Di Indonesia, jurusan arkeologi ini belum banyak ditemukan. Melansir dari laman resmi BAN-PT, tercatat ada 6 perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan arkeologi.

Baca Juga :  Dagelan Banyumasan ( Kecathek Ula )

Berikut daftar jurusan arkeologi di Indonesia beserta akreditasinya :

Perguruan tinggi

jurusan Jenjang

Akreditasi

Universitas Hasanuddin Arkeologi S1 A
Universitas Halu Oleo Arkeologi S1 A
Universitas Udayana Arkeologi S1 A
Universitas Jambi Arkeologi S1 B
Universitas Indonesia Arkeologi S1 A
Universitas Gadjah Mada Arkeologi S1 A

Penutup

Demikian informasi yang bisa gurune bagikan mengenai jurusan arkeologi. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.