Jurusan Astronomi di Indonesia

gurune.net – Jurusan astronomi di Indonesia. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas jurusan yang hanya ada satu di Indonesia. Yap. Jurusan astronomi. Meski biasanya banyak anak-anak yang memimpikan untuk menjadi astronot, tetapi di Indonesia hanya ada satu jurusan astronomi yakni di Institut Negeri Bandung (ITB).

Jurusan Astronomi berada di dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). ITB menyediakan jurusan Astronomi untuk jenjang S1, S2, dan S3 yang masing-masing sudah terakreditasi A dan unggul oleh BAN-PT. Selain menjadi satu-satunya jurusan astronomi di Indonesia, Astronomi ITB ternyata juga menjadi satu-satunya di Asia Tenggara.

Jurusan astronomi belajar apa?

Melansir dari laman resmi ITB, Astronomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit. Astronomi memang mempelajari benda langit tapi bukan untuk meramal keuangan apalagi cinta. Astronomi berasal dari pemikiran orang-orang yang memikirkan bagaimana alam semesta ini terbentuk.

Menjadi mahasiswa astronomi tentunya mempunyai keuntungan untuk bisa mempelajari apa yang tidak dipelajari oleh kebanyakan orang yaitu angkasa luar. Bidang yang masih banyak menyimpan misteri dan ilmu baru untuk terus diteliti.

Secara garis besar, Astronomi memakai ilmu matematika dan fisika agar segala peristiwa yang terjadi di ruang angkasa dapat dimengerti.
Selain ilmu MIPA, Sobat guru juga akan belajar mengenai sejarah astronomi, tata surya, astrofisika, pengantar kosmologi, fisika dasar, fisika termal, fisika bintang, fisika galaksi, mekanika benda langit, dan lain sebagainya

Program studi Astronomi terbagi kedalam tiga bidang keahlian yaitu Tata Surya, Fisika Bintang, serta Galaksi dan Kosmologi.

Pada proses perkuliahannya, sobat guru akan mendapatkan banyak ilmu yang menarik seperti Astronautika, kemajuan teknologi instrumentasi dalam Astronomi, dan Sistem Kalender yang biasanya akan kita gunakan untuk penentuan hilal saat awal bulan ramadhan dan penentuan idul fitri bagi umat muslim.

Baca Juga :  Cara Menuliskan Persamaan Reaksi – Materi Kimia Kelas 10 Semester 2

Peluang kerja lulusan astronomi

Menjadi lulusan astronomi tentunya memperbesar peluang bagi sobat guru yang bercita-cita menjadi astronot. Tetapi perlu sobat guru ketahui bahwa lulusan astronomi tidak hanya terbatas bekerja sebagai astronot. Sobat guru juga bisa bekerja di lembaga seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hingga Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

Beberapa bidang lain yang mungkin bisa menjadi alternatif peluang kerja bagi lulusan astronomi adalah :
– Menjadi tenaga pendidik di perguruan tinggi,
– lembaga penelitian,
– lembaga antariksa,
– observatorium,
– planetarium,
– pusat sains,
– media massa

Penutup

Demikian informasi yang bisa gurune bagikan . Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.