Jurusan Fotografi di Indonesia

gurune.net – Jurusan Fotografi di Indonesia. Halo sobat guru! Di era sekarang, fotografi menjadi hal yang sudah tidak asing lagi. Bahkan fotografi menjadi hal yang tidak boleh terlupakan disetiap moment.

Semakin mudahnya akses fotografi, sekarang mungkin semua orang bisa melakukannya. Namun tentu tidak semuanya bisa melakukan fotografi dengan teknik dan hasil yang sempurna.

Fotografi tetap memerlukan kemampuan khusus agar foto yang dihasilkan bisa lebih sempurna.

Fotografi membutuhkan kemampuan dalam pengambilan gambar dengan komposisi, momen, dan pencahayaan yang tepat, hingga kamu bisa menghasilkan foto yang bagus dan bernilai seni tinggi.

Apakah menjadi fotografer perlu kuliah?

Mungkin banyak dari sobat guru yang beranggapan bahwa untuk mempelajari fotografi bisa dilakukan secara otodidak dan tidak perlu kuliah.

Tapi di jurusan fotografi ini, Sobat guru dapat mengasah dan memperdalam skill fotografi secara komprehensif. Sobat guru akan belajar komposisi warna, komposisi, form, fundamental design, hingga mempelajari setting aperture, shutter speed, fokus, dan berbagai hal operasional lain.

Sobat guru juga akan belajar menggunakan kamera analog serta bermacam teknik fotografi. Adakah sobat guru yang menyukai dunia fotografi? Jurusan ini mungkin cocok untuk Sobat guru!

Peluang kerja untuk fotografer

Selain menjadi pekerja lepas, fotografi dibutuhkan di banyak instansi pemerintah maupun perusahaan. Hampir semua instansi sekarang membutuhkan tenaga dokumentasi untuk promosi, produk, atau sebagai pertanggungjawaban kinerja untuk publik.

Beberapa peluang kerja untuk fotografer diantaranya adalah wedding photographer, Commercial Photographer, content creator, fashion photographer, Photojournalist, dan masih banyak lainnya.

Di Indonesia tidak banyak kampus yang membuka jurusan fotografi. Gurune mendata ada 7 kampus yang memiliki jurusan fotografi dan sudah terakreditasi oleh BAN-PT.

Baca Juga :  Buatlah Pertanyaan Menggunakan Kata Tanya Dari Bacaan " Sistem Pernapasan Pada Manusia "

Jurusan Fotografi di Indonesia

Perguruan Tinggi

Jurusan Strata

Akreditasi

Universitas Trisakti Fotografi

S1

A

Institut Seni Indonesia Yogyakarta Fotografi

S1

Baik Sekali

Institut Seni Indonesia Surakarta Fotografi

S1

B

Universitas Pasundan Fotografi

S1

B

Politeknik Negeri Media Kreatif Fotografi

D-III

B

Institut Seni Indonesia Padang Panjang Fotografi

S1

B

Institut Seni Indonesia Denpasar Fotografi

S1

A

Penutup

Jadi, fotografi bukan hanya sekadar mengahasilkan foto. Fotografi membantu menyampaikan pesan, mengabadikan momen dan sarana untuk menyimpan cerita.

Demikian informasi yang biasa gurune bagikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.