Jurusan Instrumentasi Terbaik di Indonesia

gurune.net – Jurusan Instrumentasi Terbaik di Indonesia. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan bagikan informasi perkuliahan dan peluang kerja lulusan instrumentasi.

Jurusan Instrumentasi

Istilah instrumentasi berasal dari kata instrument atau peralatan. Sehingga bisa kita maknai bahwa instrumentasi merupakan suatu bidang keahlian yang berkaitan dengan pengembangan peralatan, khususnya peralatan untuk pengukuran dan pengendalian yang biasanya akan kita gunakan pada industry atau keperluan lainnya.

Pengetahuan dan teknologi yang mendukung dalam pembuatan sistem-sistem peralatan ukur dan kendali dari yang sederhana dan kompleks adalah sistem elektronik, optik dan pneumatik (mekanik). Sehingga pengajaran pada jurusan instrumentasi akan difokuskan pada tiga hal tersebut. Selain itu , jurusan Instrumentasi pastinya akan berhubungan dengan ilmu teknologi, instrumentasi, fisika, dan juga informatika.

Mata Kuliah Jurusan Instrumentasi

Dilansir dari laman resmi instrumentasi universitas brawijaya, mahasiswa instrumentasi akan mempelajari dasar-dasar ilmu Fisika, khususnya yang berkaitan dengan mekanika, gelombang, optika dan elektromagnetika baik secara teori maupun praktek.

Selanjutnya mahasiswa instrumentasi juga akan mempelajari bagaimana instrumen bekerja melalui pengetahuan dalam bidang bahan (sensor dan aktuator), elektronika analog dan digital, perangkat mikrokontroler dan komputer (hardware dan software), sistem optik (lensa, serat optic, perangkat-perangkat optika modern), sistem mekanik dan penumatik), serta bagaimana sinyal/informasi harus diolah dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak.

Beberapa mata kuliah yang akan sobat guru dapatkan jika mengambil kuliah instrumentasi diantaranya adalah Teknologi Informasi, Kalkulus, Elektronika Analog, Sains Manajemen, Sistem Kontrol, klimatologi, kualitas udara dan geofisika; jaringan komunikasi; optika, sensor, pemrograman terstruktur, mikrokontroler, fisika komputasi dan lainnya

Baca Juga :  Macam – Macam Sumber Belajar

Mahasiswa instrumentasi juga akan mendapatkan kesempatan praktikum di laboratorium untuk berkreasi dengan percobaan-percobaan baru. Bisa jadi sobat guru akan bisa menghasilkan berbagai produk yang dapat dipamerkan dalam ajang internasional dan dapat diperjualbelikan. Biasanya , Jurusan Instrumentasi akan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar berskala internasional untuk mengirim mahasiswa mereka terjun dalam program pembelajaran lapangan.

Peluang kerja lulusan Instrumentasi

Lulusan Jurusan Instrumentasi memiliki peluang kerja yang cukup luas. Banyak industry besar yang membutuhkan lulusan jurusan ini.
Misalnya telekomunikasi dan elektronika. Bidang telekomunikasi dan elektronika adalah bidang yang selalu berhubungan dengan pengaplikasian ilmu instrumentasi.

Selain itu, industri yang bergerak dibidang perminyakan dan tambang juga memerlukan lulusan Jurusan Instrumentasi sebagai tenaga teknis. Sebab ilmu instrumentasi berhubungan dengan perancangan dan perawatan alat-alat/instrumen yang digunakan pada industri tersebut.

Sobat guru yang menginginkan menjadi tenaga pendidik juga mempunyai peluang untuk menjadi dosen di perguruan tinggi yang membuka jurusan ini. Atau dengan berbekal ilmu dari perkuliahan , lulusan instrumentasi juga mempunyai peluang untuk menjadi wiraswasta pada bidang terkait.

Daftar Jurusan Instrumentasi Terbaik di Indonesia

Di Indonesia, jurusan insrumentasi mempunyai nama yang cukup beragam. Kali ini gurune hanya akan bagikan daftar jurusan instrumentasi yang terakreditasi A atau unggul dari BAN-PT.

Perguruan Tinggi

Jurusan Jenjang

Akreditasi

Universitas Airlangga Otomasi Sistem Instrumentasi D-III A
Universitas Gadjah Mada Elektronika Dan Instrumentasi S1 Unggul

Beberapa perguruan tinggi lain yang memiliki jurusan instrumentasi adalah Politeknik Energi Dan Mineral Akamigas, Sekolah Tinggi Teknologi Minyak Dan Gas Bumi Balikpapan, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan lainnya.

Untuk mengetahui perguruan tinggi lain yang menyelenggarakan jurusan instrumentasi ini beserta akreditasinya , sobat guru bisa cek di laman resmi BAN-PT.

Baca Juga :  Tata Nama Turunan Benzena

Penutup

Demikian informasi tentang Jurusan Instrumentasi Terbaik di Indonesia yang bisa gurune bagikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.