Jurusan Kehutanan Terbaik di Indonesia

gurune.net – Jurusan Kehutanan Terbaik di Indonesia. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas jurusan kuliah kehutanan terbaik yang ada di Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki hutan sangat luas. Sehingga ilmu kehutanan sangatlah diperlukan di Indonesia. Sebenarnya apa yang akan kita pelajari pada jurusan ini?

Jurusan Kehutanan

Ilmu Kehutanan adalah ilmu yang secara komprehensif mempelajari fungsi dan penggunaan dari ekosistem hutan. Selain itu, kuliah di jurusan kehutanan juga akan mengajakmu belajar bagaimana memanfaatkan hasil hutan dengan baik tanpa mengakibatkan kerusakan pada ekosistem hutan.

Mata Kuliah Jurusan Kehutanan

Di jurusan ini, sobat guru akan belajar bagaimana cara mengelola ekosistem hutan yang baik, meningkatkan produktivitas hutan, memanfaatkan hasil hutan, mengelola dan mengolah hasil hutan secara efisien.

Ilmu yang mahasiswa kehutanan dapatkan sangat beragam mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengolahan dan manajemen hasil hutan itu .

Namun tidak hanya bagaimana menghasilkan dan memeroleh hasil hutan saja, ilmu Kehutanan juga termasuk tentang pelestarian hutan tersebut melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan yang erat kaitannya dengan berbagai permasalahan lingkungan.

Beberapa mata kuliah yang akan sobat guru temui juga adalah Pengukuran Sumberdaya Hutan, Inventarisasi Sumberdaya, Dasar-dasar Konservasi Sumber Daya Hutan, Perlindungan Hutan, Hukum dan perUU Kehutanan, Teknologi Hasil Hutan, Manejemen Hutan, Ekonomi Sumberdaya Hutan, Administrasi dan Kebijakan Kehutanan, Pengeringan dan Pengawetan Kayu, dan lainnya

Selain teori di kelas, kuliah di kehutanan juga mengajak sobat guru untuk melakukan kegiatan praktikum di laboratorium dan praktikum lapangan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Dari Bacaan " Manfaat Bakau" Kelas IV ( Empat ) SD/MI

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Kehutanan

Lulusan Kehutanan sangat dibutuhkan untuk mengelola kawasan hutan agar terjaga ekosistemnya dan tetap lestari. Selain itu, ada banyak peluang kerja lain misalnya wiraswasta bidang mebel. Ilmu tentang kayu dan pemanfaatan hasil hutan tentu akan sangat membantu untuk bidang ini.

Bagi alumni kehutanan yang ingin bekerja di instansi pemerintahan atau BUMN, peluang itu tentu juga terbuka lebar. Ahli kehutanan bisa bekerja di instansi pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sobat guru juga bisa bekerja di BUMN, misalnya Perhutani, Inhutani, dan Perkebunan Nusantara.

Beberapa peluang lain bagi lulusan kehutanan adalah di NGO atau Lembaga Swadaya Masyarakat, Lembaga penelitian seperti LIPI, BPPT, ICRAF, AGFOR, CIFOR, PROFAUNA, dan sebagainya.

Yang lebih menantang lagi, sobat guru juga mempunyai kesempatan untuk menjadi manajemen satwa liar, fotografer bidang hutan dan alam , dan lainnya.

Jurusan Kehutanan Terbaik di Indonesia

Di Indonesia, jurusan kehutanan cukup banyak tersedia di kampus-kampus. Namun kali ini gurune hanya akan bagikan jurusan kehutanan yang sudah mendapat akreditasi A atau Unggul dari BAN-PT.

Perguruan Tinggi

Jurusan Jenjang

Akreditasi

Universitas Lampung Kehutanan S1 A
Universitas Gadjah Mada Kehutanan S1 A
Universitas Hasanuddin Kehutanan S1 Unggul
Institut Teknologi Bandung Rekayasa Kehutanan S1 Unggul
Institut Pertanian Bogor Manajemen Hutan S1 A
Institut Pertanian Bogor Teknologi Hasil Hutan S1 A
Institut Pertanian Bogor Konservasi Sumberdaya Hutan Dan Ekowisata S1 A

Untuk informasi jurusan kehutanan lainnya, silahkan sobat guru cek di laman resmi BAN-PT.

Penutup

Demikian informasi Jurusan Kehutanan Terbaik di Indonesia yang bisa gurune bagikan. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.